Wajib Tahu! 5 Tahapan Terpenting Pada Budidaya Pisang, Untuk Para Pemula

Please log in or register to like posts.
News
Budidaya Pisang

Pisang ialah nama yang sering dikenal pada tanaman terna raksasa yang daunnya besar memanjang berasal dari suku Musaceae. Berbagai macam jenisnya menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi. Pisang tersusun dalam tandan serta kelompok yang tersusun menjari, sering pula disebut dengan sisir.

Tahap ke-1  Pembibitan
Pemilihan bibit, pada pembibitan pisang termasuk hal penting pada cara menanam pisang supaya hasil panen sesuai pada harapan dan kriteria pasar terpenuhi guna memudahkan Anda ketika menjualkan hasil budidaya pisang.

Pembibitan pada pisang biasanya dikerjakan secara vegetatif yakni seperti memakai tunas. Lebih baik Anda memperoleh tunas pisang yang berasal dari petani pisang yang telah terbukti varietas hasil panennya supaya Anda pula nantinya akan memperoleh hasil yang bagus juga.

Tahap ke– 2  Pentiapan Lahan Tanam
Lahan tanam perlu disiapkan sebagai tahapan kedua cara budidaya pisang. Sesudah tunas Anda peroleh dengan ciri-ciri diatas, langkah berikutnya ialah mempersiapkan area lahan untuk media tanam pada tunas tanaman pisang.

Tahap ke–3  Penanaman
Pindahkan tunas pisang yang telah Anda sediakan guna penanaman di lubang tanam. Menanam pisang lebih baik diawali pada musim hujan yakni pada bulan september/oktober supaya tunas yang baru saja ditanaman memperoleh ketersediaan air dengan cukup.

 

BACA JUGA
Menjaga Kualitas Hasil Panen Dengan Karung Waring
Manfaat Selang Plastik Untuk Pengairan Lahan Pertanian
Memanfaatkan Limbah Karung Beras
Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Budidaya Jahe Merah

 

Masuk dan letakkan tunas pisang ke dalam lubang tanam, lalu timbun kembali memakai tanah, namun sebelumnya telah dicampuri dengan pupuk kandang untuk nutrisi tunas yang baru saja ditanam. Pastikan menanam pisang pada posisi tegak, supaya tidak gampang rubuh saat terkena hujan atau angin kencang.

Tahap ke–4  Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman pisang termasuk faktor terpenting ketika membudidayakan tanaman atau pohon pisang.

Lebih baik pada 1 rumpun pohon pisang, maksimal cuma ada 3-4 pohon saja, hal ini dimaksudkan supaya unsur hara yang terkandung dalam tanah, cukup guna menutrisi keperluan pohon pisang sendiri. Pisang yang cukup banyak pada 1 rumpun maka akan mengakibatkan kebutuhan nutrisi pohon pisang jadi sedikit berkurang dari jumlah pohon pisang yang ditanaman dalam 1 rumpun saja.

Tahap ke–5  Pemanenan
Pisang telah bisa dipanen saat buah pisang mulai menampakkan perubahan seperti berubahnya warna dari hijau jadi hijau tua, ataupun cukup kekuning-kuningan. Pangkas buah pisang dari bagian tandannya menggunakan pisau tajam, lalu letakkan terjungkir supaya getahnya tak mengenai buah itu sendiri.

Sesudah dipanen, potong pohon pisang sampai ke umbinya, serta lebih baik budidaya pohon pisang digantikan dengan pertunasan serta mengerjakan penanaman pisang dari langkah awal lagi yakni sesudah umur lahan berumur 5 tahun guna menjaga akan produktivitas pohon dan mengembalikan tingkat kesuburan tanah pada lahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *