Memanfaatkan Limbah Karung Beras

Please log in or register to like posts.
News
Karung Beras Bekas

Dengan melihat tingkat konsumsi penduduk Indonesia yang sebagian besar adalah mengkonsumsi beras, secara otomatis pembungkus atau istilahnya karung beras bekas menjadi suatu problem sendiri. Karakteristik dari karung beras yang terbuat dari bahan semacam plastik adalah bahan yang tidak terurai oleh bakteri yang terkandung di tanah. Akan menjadi masalah bila tidak dimanfaatkan secara benar. Lalu bagaimanakah kita mengatasi limbah Karung Beras dengan berbagai ukuran dan berbagai jenis ini?

Tentang Karung Beras (Karung Plastik)
Sebelumnya mari kita uraikan sedikit tentang karung beras yang dibuat oleh pabrik karung ini. Karung untuk beras ini sendiri ada ukuran karung tersendiri. Ada ukuran karung utuk beras 5 kg, ukuran karung untuk 15 kg dan ukuran karung 50 kg, Jenisnya juga berbagai macam ada jenis karung krem, Karung gabah, karung beras polos, karung laminating sampai dengan karung deisgn dengan printing maupun sablon. Dengan segala jenis ini ukuran dan macam karung yang diproduksi pabrik karung ini bisa dibayangkan berapa banyak setiap harinya ada karung beras yang terbuang akibat pemakaian dari para konsumen Indonesia mengingat tingkat konsumsi Indonesia yang tinggi terhadap beras. Dan memang satu satunya kemasan yang banyak dipakai oleh produsen beras adalah karung beras dengan berbagai ukuran jenis ini.

Manfaat Karung Plastik Bekas
Kalau kita berpikiran negatif tentu keberadaan karung bekas beras ini akan menjadi masalah, akan tetapi mari kita coba sedikit memberi gambaran bagaimana kita bisa menjadikan keberadaan karung beras ini menjadi bermanfaat. Dengan memanfaatkan karung bekas beras ini sebagai berikut :

1. Cara termudah memanfaatkan Karung bekas beras dengan berbagai ukuran bisa menghasilkan uang kembali dengan cara kita jual kembali kepada pengepul karung bekas. Karung bekas beras dengan ukuran 50 kg baik itu karung beras polos maupun karung beras dengan laminating biasanya dihargai 700 rupiah. Biasanya ini dilakukan oleh warung warung yang menjual beras secara eceran, warung warung makan seperti warung tegal, bila dengan kondisi konsumsi beras 50 kg habis dalam waktu 1 hari berarti sebulan berarti dalam sebulan warung itu akan mendapat tambahan penghasilan dari penjualan karung bekas beras sebanyak 21 ribu. Jumlah yang tidak terlalu besar tapi lumayan mengingat caranya mudah hanya mengumpulkan saja.

2. Cara Kedua memanfaatkan Karung Beras adalah dengan membuat suatu kerajinan khas dari karung bekas beras ini. Sudah banyak yang berhasil menambah nilai karung bekas beras ini menjadi sesuatu yang berharga secara material dan mempunyai nilai seni yang unik sehingga mampu dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga karung bekas beras itu sendiri. Contohnya Karung bekas beras ini dibuat suatu kerajinan Tas. Dompet, rompi baju atau bahan dasar jas hujan yang unik. Ini banyak dilakukan oleh para perajin seni di daerah wisata seperti Bali, Yogya, Solo. Dan tidak ada salahnya kita mencoba melirik ini sebagai suatu peluang bisnis yang murah mudah bahan bakunya menjadi suatu prospek bisnis yang menjanjikan.

 

BACA JUGA
Menjaga Kualitas Hasil Panen Dengan Karung Waring
Manfaat Selang Plastik Untuk Pengairan Lahan Pertanian
Penggunaan Greenhouse Untuk Budidaya Tanaman Hortikultura
Manfaat Plastik UV Untuk Budidaya Tanaman Hias

 

3. Manfaat ketiga dari karung bekas beras dengan berbagai ukuran dan jenis seperti karung polos maupun karung laminating adalah bisa digunakan sebagai pembungkus pasir untuk digunakan sebagai penahan banjir atau istilah sebagai tanggul tanggul sementara untuk menahan banjir jika ada tanggul yang jebol. Hal ini sudah dilakukan oleh orang orang pendahulu kita dari jaman dahulu. Mengingat karakteritis dari karung beras ini yang terbuat dari bahan yang bisa menahan air dan memiliki kerapatan yang padat maka karung bekas ini memang cocok untuk digunakan sebagai penahan tanggul yang jebol dengan cara diisi dengan pasir. Ini sangat dibutuhkan oleh kota kota yang menjadi langganan banjir seperti Jakarta.

4. Manfaat sederhana dari Karung bekas beras juga bisa digunakan oleh ekspedisi ekpedisi pengiriman barang, Biasanya karung bekas beras ini digunakan untuk melapisi bagian luar dari barang yang sudah dibungkus dengan kardus ataupun pembungkus lain. Tujuan pelapisan dengan karung bekas beras ini adalah untuk menghindari paket dari kena air mengingat sifat dari karung bekas ini yang tahan terhadap air.

5. Manfaat sederhana lainnya adalah ini biasanya dilakukan di lingkungan rumah yaitu untuk melindungi barang barang yang kita simpan di gudang agar terhindar dari debu. Caranya dengan melapisi barang tersebut dengan membungkusnya dengan karung bekas. Cara ini cukup murah tapi sangat bermanfaat.

6. Manfaat lain dari karung bekas beras adalah sebagai lapisan bawah jika menjemur suatu produksi yang memerlukan dijemur di bawah sinar matahari seperti krupuk atau produk lainya.
Demikian sedikit uraian memanfaatkan karung beras untuk meminimalisasikan dampak dari limbah karung bekas. Masih banyak cara cara kreatif yang bisa dilakukan jika mau mengeksplorasi dan melakukan percobaan terhadap manfaat dari karung bekas ini. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *