Manfaat Plastik UV Untuk Budidaya Tanaman Hias

Please log in or register to like posts.
News

Pecinta tanaman hias pasti merasa puas bila mereka dapat menikmati pemandangan tanaman hias pada sebuah sudut di halaman rumah secara eksklusif. Mereka dapat menempatkan bermacam-macam varietas tanaman yang dikoleksi dalam sebuah green house sehingga memberikan kesan eksklusif. Dengan melakukan budidaya tanaman hias di green house yang bersih, mereka akan merasa bangga dan puas melihat hasil kerja keras dalam merawat tanaman tumbuh subur dan mampu berkembang dengan baik. Salah satu tantangan dalam budidaya tanaman hias adalah adanya serangan hama. Organisme yang mengganggu perkembangan tanaman ini bisa menyebabkan kerugian yang cukup besar bila pembudidaya tanaman hias tidak dapat mengatasinya.

Hama dapat menyerang dalam kurun waktu tiba-tiba serta langsung membuat tanaman hias mati. Organisme ini bisa berupa semua hewan yang merugikan seperti ulat, burung, kutu tanaman, dan lain sebagainya. Bukan tidak mungkin lagi hama dapat membuat pembudidaya tanaman hias tidak dapat membalikkan modal yang telah dihabiskan karena gagal panen. Oleh karena itu, budidaya tanaman hias sebaiknya dilakukan dalam sebuah ruangan tersendiri yang tertutup, aman dan ramah terhadap tanaman hias, yang kemudian dikenal dengan bangunan green house (rumah kaca).

Greenhouse Menggunakan Plastik UV
Ketika kita membuat bangunan green house, pastilah kita menggunakan bangunan yang atapnya berupa bahan yang tembus cahaya, seperti kaca, akrilik, plastik dan sebagainya. Pemilihan bahan atap bangunan green house yang baik menjadi hal yang sangat penting karena atap bangunan green house akan berfungsi untuk meneruskan cahaya secara optimum dalam kegiatan produksi tanaman dan melindungi tanaman dari kondisi iklim yang merugikan bagi pertumbuhan tanaman. Salah satu bahan atap bangunan yang digunakan dalam konstruksi bangunan green house adalah Plastik Ultraviolet atau disebut juga Plastik UV.

 

BACA JUGA
Menjaga Kualitas Hasil Panen Dengan Karung Waring
Manfaat Selang Plastik Untuk Pengairan Lahan Pertanian
Memanfaatkan Limbah Karung Beras
Penggunaan Greenhouse Untuk Budidaya Tanaman Hortikultura

 

Apa Itu Plastik UV?
Plastik ultraviolet atau plastik UV (Ultra Violet) adalah plastik yang dilapisi bahan kimia tertentu. Plastik UV dapat melindungi tanaman dari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, dengan kata lain plastik ini digunakan untuk mencegah tanaman dari kerusakan tanaman akibat paparan sinar UV yang berlebihan dari matahari. Selain itu plastik UV juga memiliki peranan besar dalam sebuah green house, karena plastik UV ini banyak digunakan sebagai atap yang dapat berfungsi sebagai pelindung utama tanaman dari sengatan matahari yang berlebihan, perubahan iklim dan cuaca seperti hujan badai, angin kencang dan sebagainya, sehingga atap bangunan green house dengan plastik UV ini memberikan perlindungan utama tanaman dari bahaya dari luar. Plastik UV memiliki berbagai ukuran yang bervariasi tergantung stok dan permintaan pelanggan. Harga plastik UV green house biasanya berbeda tergantung ukuran, ketebalan, dan persentase kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya untuk melindungi tanaman dari sinar UV.

Manfaat Plastik UV Greenhouse Untuk Tanaman Hias
Dengan digunakannya plastik UV sebagai atap pada bangunan green house dalam melindungi tanaman hias, akan membuat tanaman hias terlindung dari serangan hama dan gangguan lainnya, sehingga dapat meningkatkan kualitas perkembangan tanaman hias. Dalam suatu riset yang dikerjakan oleh Prabhat Kumar serta H-M Poehling pada tahun 2006 yang dipublikasikan oleh Entomological Society of America, membuktikan bahwa dengan menggunakan plastik UV sebagai atap green house, dapat mengurangi kemungkinan tanaman tomat diserang virus. Saat belum menggunakan blocking dengan plastik UV, tanaman yang diserang sekitar 96-100%, namun ketika sesudah memakai plastik UV tingkat serangan berkurang drastis menjadi sekitar 6-10% saja tomat yang diserang.

Penggunaan plastik UV sebagai atap green house ternyata sangat bermanfaat dalam budidaya tanaman hias, namun hal tersebut tentunya juga harus diiringi dengan memberikan nutrisi yang memenuhi dan diperlukan oleh tanaman hias. Semoga artikel ini dapat meningkatkan pengetahuan pembaca mengenai manfaat plastik UV green house dalam budidaya tanaman hias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *