Cara Budidaya Kelengkeng di Pot Agar Rajin Berbuah

Please log in or register to like posts.
News

Inilah Cara Yang Benar Budidaya Tanaman Kelengkeng Dalam Pot Agar Rajin Berbuah – Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat agar tanaman kelengkeng pot berbuah lebat,selain menggunakan stres air pada tanaman,ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kelebatan buah kelengkeng yang kita tanam dalam pot.

Agar kelengkeng berbuah dengan lebat itu hal yang tidak mudah, harus banyak hal-hal yang mesti dilalui. Hal-hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: Agar supaya Tanaman Kelengkeng Dalam Pot Berbuah Lebih Lebat

1. Pemangkasan (Pemotongan/Perempelan)
Memangkas tanaman yang tekena penyakit, hama atau yang lainnya itu sangat di haruskan. Sebab, apabila tidak dilakukan pemangkasan, penyakit yang berada pada tanaman tersebut dapat menular pada tanaman lainnya.Tujuan dilakukannya pemangkasan, agar tanaman menjadi rindang & gampang mengambil buahnya.

2. Penyiraman
Penyiraman sangat penting dilakukan, karena air merupakan sumber dari kehidupan. Apabila kekurangan air, tanaman akan mengalami kekeringan dan apabila penyiraman dilakukan secara berlebihan itu juga tidak bagus. Karena air yang menggenangi tanaman, akan membuat tanaman menjadi layu.

Penyiraman yang biik dilakukan biasanya dua kali dalam satu hari, yaitu pada pagi dan sore hari. Disaat kita menyiram, kita harus memperhatikan kondisi air yang keluar dari bawah pot. Jika tidak kita perhatikan air tersebut biasanya tidak keluar dan akan menggenang di dalam pot tersebut. Sehingga tanaman akan lembab dan mudah terserang hama dan penyakit.

BACA JUGA

3. Pemupukan
Penggunaan pupuk pada tanaman harus sesuai dengan dosis anjuran. Pupuk yang bagus digunakan untuk kesuburan tanaman kelengkeng, biasanya menggunakan pupuk kandang. Karena pupuk kandang merupakan pupuk yang alami, karena berasal dari kotoran hewan.

Biasanya pupuk kandang diberikan sekitar dua minggu sekali, supaya mendapatkan hasil yang bagus & berkualitas unggul.

Disarankan untuk tidak memakai pupuk yang berbahan kimia apapun, karena bisa membuat tanaman menjadi rusak.

4. Penggantian Media Tanam
Sesudah melalui masa tanam yang panjang, media tanam pada tanaman kelengkeng harus diganti, tujuannya supaya media tanah tidak keras. Untuk penggantian ini biasanya dilakukan sekitar enam bulan sekali. Apabila tidak ingin melakukan ganti media, kita juga bisa melakukannya dengan cara memberikan pupuk pada tanah tersebut.

5. Pemanenan
harap diperhatikan cara memanen buah kelengkeng agar tanaman kelengkeng tetap rajin berbuah. Sebab jika salah dalam memanen bisa berakibat tanaman kelengkeng malas berbuah lagi. Cara memanen buah kelengkeng yang benar dapat dilakukan dengan memotong tangkainya, jangan hanya memetik buahnya. Karena cara ini dipercaya dapat mempertahankan kelengkeng agar tetap berbuah banyak di musim selanjutnya.

Demikian pembahasan kita tentang Begini Cara Yang Benar Budidaya Tanaman Kelengkeng Dalam Pot Agar Rajin Berbuah, silahkan mencoba, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *