Anda Punya Lahan Kosong? Manfaatkan Saja Untuk Budidaya Jahe Merah!

Please log in or register to like posts.
News
Budidaya Jahe Merah

Jahe merah tergolong ke dalam tumbuhan berumbi serta tergolong ke dalam tumbuhan jenis jahe-jahean yang termasuk tanaman herbal yang telah lama populer dan dikenal oleh orang Indonesia.

Bagian jahe ini yang cukup banyak untuk dipergunakan ialah rimpang jahe sebab di bagian rimpang jahe memiliki simpanan banyak kandungan senyawa yang alami serta mempunyai khasiat atau manfaat yang sangat bagus.

Langkah-Langkah Budidaya Jahe Merah
Untuk cara budidaya jahe sendiri, silahkan Anda simak langkah-langkah berikut dengan seksama :
1. Menyiapkan Bibit
Bibit sendiri dapat diperoleh dari kebun. Tentukan dan pilih bibit yang telah tua, berumur sekitar 10 bulan ke atas serta yang berukuran besar, cerah, sehat serta mulus. Lalu jemur rimpang jahe merah namun jangan tunggu hingga kering, kemudian simpan dengan suhu ruangan sekitar 1-1,5 bulan.

2. Pembibitan Benih
Potong bibit memakai tangan jadi 3-5 tunas, lalu jemur selama 1 hari penuh. Letakkan dan masukkan potongan dalam tempat yang memiliki lubang lalu celup tampat/wadah ke dalam larutan fungisida dan zat pengatur sekitar 1-2 menit, kemudian dikeringkan.

3. Bedeng Semai & Menyemaikan Bibit.
Lahan bedengan dibersihkan dari hama gulma serta berikan taburan serbuk gergaji/sekam sekitar 5-10 cm. Tabur/sebar kembali memakai pasir halus sekitar 5 cm lalu letakkan bibit-bibit berjejeran di atasnya. Tutup kembali memakai ladu diatasnya serta di pasang bambu dengan tinggi sekitar 40 cm di plengkung berikutnya tutup memakai plastik. Tahap penyemaian bisa dikerjakan hingga berusia 3-5 minggu.

4. Media Tanam
Sediakan pasir yang halus, pupuk kandang, dan sekam bakar/abu, dolomit, tanah, serta pula stater mikroba, lalu campur aduk dengan merata. Tutup kembali dengan plastik, ulang kembali dengan diaduk tiap pagi sekitar 7-15 hari serta tutupi kembali memakai plastik.

 

BACA JUGA
Menjaga Kualitas Hasil Panen Dengan Karung Waring
Manfaat Selang Plastik Untuk Pengairan Lahan Pertanian
Memanfaatkan Limbah Karung Beras
Penggunaan Greenhouse Untuk Budidaya Tanaman Hortikultura
Manfaat Plastik UV Untuk Budidaya Tanaman Hias

 

5. Penanaman
Segera sediakan plastik polybag hitam maupun karung yang ukurannya 60 x 60 cm, tekuk dengan melebar serta letakkan media tanam yang telah disediakan. Tentukan lalu pilih serta cungkil bibit benih untuk semai yang memilikin kondisi sehat serta besar lelu tanam pada media tanam. Jangan lupa untuk memasang paranet pada bagian atas bedengan dengan tinggi sekitar 1,5 m guna merindangkan tanaman dari panas matahari serta hujan.

6. Perawatan
Langkah budidaya jahe merah di dalam polybag memanglah tidak perlu perawatan yang sulit. Langkah penyiraman cuma butuh dikerjakan tiap 2-3 minggu serta sirami pula air yang dicampur adukkan dengan pupuk organik. Kalau ada penyakit maupun hama cepatlah berikan semprotan cairan isektisida maupun fungisida organik. Tiap 25 hari sekali berikan tambahan media tanam dengan tebal sekitar 10 cm. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan hama gulma yang ada disekitar tanaman jahe merah.

Demikian artikel tentang cara budidaya jahe merah di pekarangan rumah, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *