Penggunaan Green House Untuk Budidaya Tanaman Hortikultura

Please log in or register to like posts.
News
Budidaya Tanaman Dengan Greenhouse

Penggunaan Green House di dunia Pertanian saat ini menjadi pilihan yang mulai dipertimbangkan oleh dunia pertanian. Kalau dulu Green House hanya digunakan oleh Universitas, Universitas atau lembaga lembaga penelitian dikarenakan tehnologi ini tidak murah saat ini kondisi iklim yang ekstrim akibat pemanasan Global menyebabkan para petani mulai tertarik menggunakan Greenhouse.

Apa Itu Greenhouse?
Green House itu sendiri adalah semacam bangunan yang dibuat dari kaca atau plastic yang tebal menutup seluruh bangunan dari atap maupun dinding yang berguna memanipulasi kondisi lingkungan , bisa mengatur kelembaban udara dan mendistribusikan suhu secara merata untuk keadaan yang maksimal. Dilengkapi dengan pengatur temperature.

Manfaat Menggunakan Greenhouse
Tujuan Pemakaian Green House untuk budidaya Holtikultura adalah untuk mengurangi radiasi sinar matahari, mengatur suhu udara agar tidak terlalu lembab ataupun terlalu kering. Pada musim penghujan pemakaian Green House bisa mengurangi dampak kelebihan curah hujan untuk tanaman tertentu seperti strawberry ini sangat membantu karena curah hujan yang tinggi bisa mengakibat serangan hama pada daun Strawbery yang bisa menyebabkan tanaman itu tidak berbuah. Untuk Buah buahan juga kelebihan air akan menyebabkan hasil buahnya menjadi menurun kadar manisnya.

 

BACA JUGA
Menjaga Kualitas Hasil Panen Dengan Karung Waring
Manfaat Selang Plastik Untuk Pengairan Lahan Pertanian
Memanfaatkan Limbah Karung Beras

 

Selain itu Penggunaan Greenhouse untuk budidaya tanaman holtikultura membantu mengatasi serangan hama dan penyakit karena sifatnya yang tertutup dan terisolasi. Selain itu itu juga mengurangi kontaminasi penyerbukan akibat arah angin. Bila kondisi diatas bisa dihasilkan dari Green House maka akan diperoleh banyak Keuntungan.

Akan tetapi tidak bisa dipungkiri pembuatan Green House bukanlah sesuatu yang murah. Diperlukan biaya yang tinggi. Bila tujuan pembuatan Greenhouse untuk lembaga pendidikan atau lembaga penelitian Green House dengan rangka baja dan atap kaca cocok digunakan. Untuk Budidaya tanaman Holtikultura (sayuran Buah Buahan dan tanaman Hias) membuat Green House harus mempertimbangkan kebutuhan lahan dan budget yang dimiliki. Untuk efisiensi Penggunaan Atap Green house dan dindingnya bisa menggunakan Plastik UV. Plastik yang dilengkapi dengan UV protector. Dan biasanya digunakan Plastik UV yang kandungan UV protektornya 14 %.

Ciri Fisik Plastik UV ini adalah dia lebih buram penampilan fisiknya. Semakin tinggi kandungan UV protektornya pada Plastik UV semakin buram tampilan Fisiknya. Plastik UV berbeda dengan plastik bening lainnya dengan tambahan zat zat kimia di desain mampu membuat cahaya matahari menyebar dan mengurangi kelebihan cahaya. Sifat plastik UV juga memantulkan cahaya dari daun atas ke daun bawah ini menyebabkan proses fotosintesa berjalan maksimal. Selain itu Plastik UV dengan kandungan protector 14 persen lebih lentur tidak mudah sobek dan tidak mudah pecah. Ukuran Palstik UV 14 persen lebih lebar dan tebal sehingga bisa mnyesuaikan kebutuhan. Tahan terhadap perubahan cuaca panas dan hujan. Plastik UV ini juga tahan terhadap tiupan angin yang kencang. Plastik UV mampu bertahan sekitar 3 tahun. Walaupun kondisi fisiknya masih bagus disarankan tetap menggantinya karena kandungan UV protektornya sudah mengalami penurunan. Plastik UV jauh lebih murah dibandingkan dengan kaca sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pembuatan Green House untuk Budidaya tanaman holtikultura.

Keuntungan Menggunakan Greenhouse Menggunakan Plastik UV
Keuntungan menggunakan Green House dengan Plastik UV untuk Budidaya Tanaman Holtikultura adalah yang pertama bisa mengatur jadwal Produksi. Masa tanam tumbuhan tidak bergantung pada cuaca. Dalam kondisi pertanian normal misalnya untuk tanaman tertentu tidak bisa ditanam pada musim hujan di bulan yang curah hujannya tinggi. Atau sebaliknya ada tanaman yang tidak bisa ditanam pada saat sinar matahari bersinar penuh. Dengan pemakaian greenhouse dengan Plastik UV kondisi cuaca tidak berpengaruh.

Keuntungan menggunakan Green House Plastik UV yang kedua adalah produktivitas meningkat. Dengan penggunaan green House Plastik UV resiko gagal panen akibat serangan hama pada budidaya holtikultura jauh menurun selain itu jadwal produksi yang teratur secara otomatis meningkatkan produktivitas budidaya tanaman Holtikultura.

Keuntungan yang ke tiga meningkatkan kualitas hasil panen. Hasil yang di dapat dari penggunaan Green House Plastik UV akan jauh meningkat dibandingkan dengan hasil panen di ruangan terbuka ini dikarenakan tidak ada serangan hama. Temperatur yang pas juga menyebabkan kualitas hasil panen menjadi bagus. Misalnya rasa yang pas atau kondisi sayuran yang hijau maksimal.

Keuntungan lainnya pemakain Greenhouse Plastik UV mengurangi pemakaian pestisida. Dikarenakan tidak adanya serangan hama menyebabkan pemakaian pestisida juga menurun. Selain itu adanya pengaturan suhu menyebabkan proses fotosintesa di tumbuhan menyebabkan maksimal ini mengurangi penggunaan pupuk.

Dari uraian di atas jelas pemakain Green House dengan Plastik UV untuk budidaya tanaman holtikultura sangat menguntungkan. Walaupun memerlukan biaya tambahan dibandingkan dengan pertanian konvensional di lahan terbuka akan tetapi hasil yang didapat jauh lebih menguntungkan. Selain itu kualitas hasil panen yang bagus juga meningkatkan nilai jual hasil panen. Biaya pembuatan Green House Plastik UV bisa diminimalkan dengan pemilihan bahan yang efisien tapi juga bisa tahan lama. Pemakaian Plastik UV dengan kandungan protector 14 adalah salah satu terobosan yang lebih murah dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *