Manfaat Selang Plastik Untuk Pengairan Lahan Pertanian

Please log in or register to like posts.
News
Selang Plastik Untuk Irigasi

Manfaat Selang Plastik untuk Pengairan lahan pertanian – Negara Indonesia merupakan salah satu penghasil kekayaan alam terbesar di dunia. Salah satu kekayaan alam yang disukai oleh semua Masyarakat dunia, khususnya Masyarakat Indonesia adalah Kekayaan alam di sektor pertanian. Hasil kekayaan alam dari sektor pertanian ini merupakan sumber pangan Indonesia dan juga kebutuhan sehari-hari yang tak tergantikan. Di tambah lagi dengan pola makan tiap orang adalah tiga kali sehari dengan hasil panen seperti sayur-sayuran, beras, buah-buahan, umbi-umbian dan lain sebagainya.

Pengelolaan hasil pertanian perlu diperhatikan oleh para petani dan juga tak terkecuali peran pemerintah. Perlu adanya campur tangan pemerintah untuk pengelolaan hasil pertanian ini, baik dari segi keuangan ataupun pengetahuan. Apalagi hasil pertanian ini merupakan kebutuhan pokok bangsa Indonesia. Tentunya perlu pengetahuan dan biaya yang cukup untuk memenuhi permintaan pasar yang besar.

Untuk pengelolaan di sektor pertanian ini tidaklah mudah, kita membutuhkan pengetahuan mulai dari pemilihan bibit, proses pemeliharaan tanaman, sampai tahap pengelolaan pasca panen. Dari pemilihan bibit saja kita perlu jeli terhadap bibit yang akan digunakan, karena nanti akan mempengaruhi kualitas tanaman. Lalu masalah pemeliharaan tanaman pun juga sama, kita perlu mengetahui pupuk yang cocok dengan tanaman kita, pupuk yang memiliki manfaat baik untuk tanaman.

Macam-Macam Jenis Pemberian Air Pada Tanaman
Kemudian pemberian air untuk tanaman pun tidak sembarangan, kita perlu mengetahui kadar airnya, seberapa banyak kebutuhan air di tiap tanaman, kapan kita harus mendistribusikan air ke tanaman dan lain sebagainya. Untuk membahas tentang penyediaan kebutuhan air yang cukup untuk tanaman, ada beberapa alternatif penyediaan air supaya tanaman selalu mendapatkan kebutuhan air yang cukup, tidak berlebihan, menurut Schwab et. Al. (1981), hal ini terbagi 4 jenis, yaitu :

1. Pemberian air di permukaan tanah (Surface irrigation)
Teknik yang pertama adalah melakukan Surface irrigation. Cara melakukannya cukup mudah, kita akan mendistribusikan air di permukaan tanah sampai terjadi penggenangan (flooding), biasanya para petani melakukan hal ini di persawahan. Lalu untuk pendistribusian air ini melalui saluran-saluran (Furrow Irrigation) dan dalam barisan tanaman (Corrugation Irrigation).

2. Pemberian air di bawah permukaan tanah (subsurface irrigation)
Teknik selanjutnya adalah Subsurface irrigation atau pemberian air lewat bawah permukaan tanah. Untuk melakukan Teknik kedua ini kita bisa menggunakan pipa (tiles) yang nantinya akan dibenamkan di dalam tanah. Pemberian air di permukaan tanah dan di bawah permukaan tanah disebut juga pengairan gravitasi, karena air dialirkan berdasarkan gaya berat air.

 

BACA JUGA
Menjaga Kualitas Hasil Panen Dengan Karung Waring
Memanfaatkan Limbah Karung Beras
Penggunaan Greenhouse Untuk Budidaya Tanaman Hortikultura
Manfaat Plastik UV Untuk Budidaya Tanaman Hias

 

3. Penyiraman (Sprinkle Irrigation)
Teknik yang ketiga ini adalah Sprinkle irrigation atau pemberian air dengan cara penyiraman. Teknik ini mencakup oscillating Sprinkler dan rotary sprinkler, dan keseluruhannya disebut juga overhead irrigation, hal ini dikarenakan jumlah air yang diberikan atau disiramkan dari atas seperti air hujan. Pendistribusian air dengan menggunakan Teknik penyiraman ini sangatlah efisien. Terutama untuk tanah yang bertekstur kasar, efisiensi pemakaian air dengan penyiraman dua kali lebih tinggi dari pemberian air permukaan.

4. Irigasi tetes (Drip or trickle irrigation)
Teknik yang keempat ini sering orang menyebutnya irigasi tetes. Untuk melakukan Teknik ini kita perlu menggunakan Selang plastik dan juga pompa air. Hal ini dilakukan supaya pemberian air dapat merata ke semua tanaman. Caranya cukup mudah, air di distribusikan melalui selang plastik yang telah di beri lubang.

Manfaat Selang Plastik
Memanfaatkan Selang Plastik ini juga cocok untuk irigasi sawah, perkebunan, kolam dan lain sebagainya. Manfaat dari selang plastik ini adalah supaya tanaman mendapatkan pasokan air yang cukup dan merata, sehingga pertumbuhan tanaman dapat terkontrol dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *