Cara Maksimalkan Produksi Cabai Dengan Mulsa Plastik dan Greenhouse

Please log in or register to like posts.
News

Cara Maksimalkan Produksi Cabai Dengan Mulsa Plastik dan Greenhouse – Seperti kita ketahui harga cabai di pasaran berubah-ubah sesuai musim, pada musim kemarau (Mei-Oktober) harga cabai lebih murah dibanding harga cabai di musim hujan. Harga jual yang lebih murah didukung oleh perawatan tanaman cabai pada musim ini yang relatif lebih mudah. Maka untuk mendapatkan keuntungan tinggi, petani cabe harus memaksimalkan jumlah produksi cabe.

Bagaimana Solusinya?
1). Penggunaan Mulsa Plastik Hitam Perak
Penggunaan mulsa plastik hitam perak terbukti sangat efektif untuk menjaga kelembaban tanah di musim kemarau. Mulsa plastik dapat menahan laju evaporasi (penguapan) air yang membantu menjaga kadar air dalam tanah. Tanaman cabai memperoleh kelembaban tanah yang cukup untuk proses pertumbuhan pada musim kemarau. Di samping itu, mulsa plastik hitam perak juga akan meningkatkan suhu tanah. Peningkatan suhu berpengaruh pada meningkatnya aktivitas organisme dalam tanah dalam proses penguraian bahan organik. Tanah pun semakin kaya dengan unsur hara (semakin subur).

Bukan hanya itu, tanah yang lembab dipadu dengan kenaikan suhu tanah di bawah mulsa plastik akan mematikan gulma. Hal tersebut disebebakan karena gulma tidak dapat berfotosintesis dalam kondisi itu. Dengan tak adanya gulma berarti seluruh unsur hara yang ada dalam tanah (lahan tanam) akan diserap optimal oleh tanaman cabai. Tanaman cabai menjadi lebih tinggi dan memiliki buah yang lebih banyak.

BACA JUGA

Peningkatan produksi cabai juga disebabkan oleh peningkatan proses fotosintesis yang dibantu bagian mulsa plastik yang berwarna perak. Warna perak akan memantulkan cahaya matahari, sehingga seluruh bagian daun tanaman cabai mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Dengan adanya pantulan cahaya tersebut juga terbukti bisa mengurangi jumlah hama seperti apids, trips, serta berbagai serangga merugikan lainnya.

Mulsa plastik hitam perak (MPHP) adalah mulsa sintetik yang diproduksi secara massal oleh pabrik mulsa plastik. Hal ini menunjang kemudahan pengadaan mulsa di segala musim. Dibandingkan dengan mulsa organik yang tergantung dengan hasil samping panen tanaman lain, maka mulsa plastik tidak demikian. Untuk meemperoleh mulsa plastik hitam perak ini, kami CV. Lim Corporation siap melayani kebutuhan mulsa plastik untuk pertanian Anda. Kami menjual mulsa plastik berbagai merk yang berkualitas. Silakan menghubungi kami untuk mendapatkan daftar harga mulsa plastik terbaru dan informasi mengenai ukuran mulsa plastik.

Dalam upaya memaksimalkan produksi cabai selain dengan mulsa plastik ada cara lain yakni dengan pemupukan menggunakan pupuk PK. Penggunaan Pupuk P (Fosfat) akan memacu pertumbuhan akar tanaman cabai, menambah daya tahan tanaman terhdap hama dan penyakit, serta merangsang pertumbuhan jaringan tanaman. Menggunakan Pupuk K ( Kalium) juga banyak manfaatnya, pupuk ini berperan dalam metabolisme air dalam tanaman, mempertahankan turgor, menguatkan batang, dan meningkatkan produksi cabai.

Sementara itu, budidaya cabai di musim hujan memerlukan penanganan khusus. Budidaya cabai di musim hujan beresiko tinggi mengalami gagal panen. Tanaman cabai sangat sensitif terhadap kelembaban dan curah hujan, bunga cabai yang terkena hujan rawan rontok dan buah cabai lebih mudah busuk jika terus menerus tersiram air hujan. Di musim hujan pula serangan penyakit terhadap tanaman cabai meningkat pesat.

Mulsa plastik hitam perak dapat membantu proses fotosintesis di musim hujan dimana intensitas matahari berkurang. Selain itu mulsa plastik hitam perak juga akan membantu mengurangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabai. Khusus di musim hujan, sebaiknya petani membuat penutup tanaman cabai untuk melindunginya dari air hujan. Penutup ini dapat dibuat menggunakan bambu yang dilapisi plastik bening. Ya, budidaya cabai di musim ini membutuhkan usaha yang lebih, namun jangan lupa di musim ini harga cabai melambung tinggi. Dan permintaan terhadap cabai selalu tinggi tanpa mengenal musim. Selamat bertani!

2). Penggunaan Greenhouse
Kini greenhouse semakin banyak digunakan para petani untuk menjaga stabilitas produksi, agar masa tanam bisa diatur tidak bergantung musim hujan atau kemarau. Greenhouse yang banyak digunakan saat ini berbahan plastik UV untuk atapnya, sementara dinding greenhouse bisa menggunakan insect net (screen net) atau jaring kasa untuk mencegah serangga pengganggu masuk area tanaman. Kualitas hasil panen dengan menggunakan greenhouse akan lebih bagus jika dibanding dengan penanaman cabai di lahan biasa (lahan terbuka). Hal ini disebabkan dalam greenhouse penggunaan pupuk lebih efektif, pemakaian pestisida sangat minim, pemakaina air sangat efisien, temperatur lebih terjaga.

Demikian Sobat petani pembahasan kami tentang Cara Maksimalkan Produksi Cabai Dengan Mulsa Plastik dan Greenhouse, semoga bermanfaat. Jangan lupa sering-sering mampir disini ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *