Cara Budidaya Tanaman Nilam

Nilam ialah tanaman semak tropis penghasil sejenis minyak atsiri yang dinamakan minyak nilam. Minyak nilam dalam perdagangan internasional dikenal dengan minyak patchouli karena minyak ini berasal dari sulingan daun. Minyak nilam banyak digunakan parfum atau wangi-wangian dan juga sebagai bahan dupa atau setanggi di tradisi timur.

Tanaman nilam merupakan tanaman semak yang bisa tumbuh sampai ketinggian kurang lebih sekitar 1 meter. Tanaman nilam menyukai tempat yang memiliki suasana teduh, hangat dan juga lembab. Karena harga minyak nilam lebih tinggi dibandingkan minyak atsiri, kini banyak orang yang mencoba peruntungan dengan melakukan budidaya tanaman nilam ini. Berikut adalah cara budidaya tanaman nilam :

1. Syarat Tumbuh
Tanaman nilam bisa tumbuh baik jika ditanam di daerah yang mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 10 – 700 mdpl tetapi jika lebih tanaman ini masih toleran tidak tumbuh optimal. Daerah yang akan digunakan untuk membudidayaan tanaman ini harus memiliki suhu sekitar 22°C – 28°C dengan curah hujan sekitar 2500-3500 mm/tahun, kelembaban sekitar 75%. Tanaman nilam bisa ditanam diberbagai jenis tanah, tetapi di anjurkan untuk ditanam di tanah yang gembur, subur, dan kaya akan humus dengan derajat keasaman atau pH sekitar 5,5-6,5.

2. Persiapan Bibit Tanaman Nilam
Bibit tanaman nilam bisa di dapat dengan cara vegetatif, ada 2 cara persemaian bibit yaitu:
Bibit stek dipotong kurang lebih sekitar 15 – 18 cm. Setelah bibit stek diperoleh, setelah itu tanam bibit stek tersebut dalam polybag semai yang telah diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, seism, pasir dan juga pupuk kandang. Media tanam disiapkan sekitar 1 – 2 hari sebelum melakukan persemaian bibit tanaman nilam. Bibit yang disemaikan dalam polybag semai ini dipelihara hingga tanaman berumur kurang lebih sekitar 2 bulan dan setelah itu dapat dipindah tanamkan.

Bibit stek dipotong kurang lebih sekitar 12 – 15 cm setelah itu bibit stek direndam dalam pupuk cair organik perangsang akar selama 15 menit. ikat bibit stek tersebut dalam satuan 50-100 batang dan simpan pada tempat teduh dan sejuk selama sekitar 15 hari. Jika bibit telah tumbuh akar serabut setelah itu bibit dipindahkan pada polybag yang diberi lubang tanam kurang lebih sekitar 2 – 3 lubang agar tidak ada gesekan pada akar.

Baca Juga :
Manfaat Plastik UV Untuk Greenhouse dan Pengeringan (Penjemuran)
Inilah Tipe Manfaat Yang Terdapat Pada Daun Kucai
Ternyata Inilah Jenis-Jenis Pestisida
Menggunaan Pestisida Secara Bijaksana Dengan Residu Minimum

3. Penanaman Tanaman Nilam
Menanam tanaman nilam, bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan penanaman secara tidak langsung dan penanaman secara langsung. Penanaman Langsung yaitu menanam bibit setek yang baru dipetik langsung ditanam pada lahan tanam, dengan setiap lubang tanam diisi sekitar 2-3 batang setek. Penanaman tidak langsung ialah bibit stek di semaikan terlebih dahulu hingga berumur sekitar 6 – 8 minggu barulah di pindah tanamkan pada lahan tanam.

4. Pemeliharaan Tanaman Nilam

1. Penyulaman
Lakukan penyulaman pada tanaman yang mati atau tumbuh tidak optimal dengan tanaman yang baru.
2. Pemupukan
Pemupukan tanaman ini dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk Sp-36, KCl dan juga NPK. Selain pupuk tersebut dapat juga dilakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik cair. Pada saat tanaman brumur sekitar 1 bulan, beri pupuk KCl atau SP-36 dan juga NPK dengan dosis sekitar 1/4 bagian dan 1/3 bagian. Lakukan pula pemupukan tersebut setelah pemanenan pertama, dan sisanya dilakukan setelah pemanenan kedua dan ketika agar pertumbuhan tanaman lebih optimal.
3. Penyiangan
Penyiangan dapat dilakukan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya agar tanaman bisa tumbuh dengan baik tanpa berebut nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh. Penyiangan gulma atau tanaman pengganggu tersebut dapat dilakukan secara mekanis maupun kimiawi. Penyiangan ini dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali.
4. Pemangkasan
Setelah tanaman berumur 3 bulan lakukan pemangkasan. Pemangkasan dapat dilakukan pada cabang 3 keatas. Pemangkasan atau penjarangan ini dilakukan agar tanaman terhindar dari hama dan penyakit.

Sekian Dari Artikel Saya, Semoga Bermanfaat…

One Comment on “Cara Budidaya Tanaman Nilam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *