Manfaat Plastik UV Untuk Greenhouse dan Pengeringan (Penjemuran)

Arti dari greenhouse adalah sebuah bangunan yang memiliki kerangka ataupun bentuk yang menggelembung, dan diselubungi bahan bening ataupun tembus cahaya yang bisa meneruskan cahaya dengan optimum guna produksi serta melindungi tumbuhan atau tanaman dari keadaan iklim yang merugikan untuk perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Budidaya tanaman sendiri jika dilakukan dalam greenhouse akan mempunyai keunggulan seperti lingkungan mikro yang lebih terkontrol lagi, serta keseragaman hasil produksi pada setiap tumbuhan dan tanaman.

Berbeda dengan kegunaan dari greenhouse di daerah iklim subtropis yang dipakai guna mengendalikan lingkungan mikro, adanya rumah hijau atau greenhouse di daerah tropis lebih memungkinkan untuk perlindungan pada tanaman. Greenhouse di wilayah tropis dipakai guna melindungi tumbuhan atau tanaman dari serangan hama serta menahan air hujan yang jatuhlangsung ke tumbuhan atau tanaman maka bisa merusak tanaman. Oleh sebab itu, rancangan dari greenhouse di daerah tropis bakal lebih sederhana daripada di daerah subtropis.

Manfaat Plastik UV Untuk Greenhouse
Banyaknya orang yang menyebut greenhouse itu dengan nama rumah kaca, karena umumnya greenhouse ini dibuat dari kaca Achrilic. Tetapi, kalau memakai kaca yang terbuat dari bahan Achrilic ini terbilang lumayan menguras dompet atau mahal. Oleh sebab itu banyak kini para pembudidaya tanaman dan tumbuhan dengan atap memakai Plastik UV atau Ultraviolet.

Nah, plastik uv atau ulvtraviolet sendiri memiliki 2 jenis jika dilihat dari tempat pembuatannya, yakni Plastik UV Lokal dan Plastik UV Import. Kalau dibandingkan plastik uv lokal, keunggulan dan kelebihan plastik UV import ialah pada mutu atau kualitas bahan serta banyaknya kandungan pada zat additives. Pada plastik uv import mempunyai kandungan zat additif yang lebih lengkap lagi jika dibandingkan denagn yang lokal.

BACA JUGA

Oleh sebab itu, untuk harga plastik UV import sedikit lebih mahal. Namun semua itu tergantung juga dengan ongkos masing-masing, dan dilihat dari tujuan pemakaiannya juga. Jika yang mementingkan kualitas bakal lebih tepat memilih plastik UV import, namun jika ingin memperoleh harga yang murah dapat membeli dan memakai plastik uv lokal.

Lalu, apakah saja keuntungan pada pemakaian Plastik Ultraviolet untuk GreenHouse jika dibandingkan dengan memakai material lainnya? Berikut akan kami berikan penjelasannya lebih rinci, beberapanya fungsi plastik uv antara lain :

1. Plastik ultraviolet greenhouse dapat langsung melindungi tumbuhan dari ancaman hama yang merusak tanaman.
2. Plastik ultraviolet ini bisa membantu dan lebih memaksimalkan proses fotosintesis tanaman.
3. Plastik ultraviolet greenhouse ini memang berharga lebih murah ketimbang bahan lainnya. Plastik UV tak hanya dapat melindungi dari radiasi matahari berbahaya, Plastik UV pula dapat melindungi tumbuhan dari terpaan hujan. Anda pula tak harus risau kalau seandainya terjadi hujan lebat, sebab plastik ultraviolet ini bakal mencegah air untuk masuk ke dalam greenhouse ini.
4. Plastik uv ini pun dapat meminimalisir pemakaian cairan pestisida serta bahan kimia yang lainnya. Sebab bisa saja menyebabkan tanaman mati atau layu jika terlalu memakai pestisida atau cairan lain. Dengan plastik uv tanaman akan aman.

Manfaat Plastik UV Untuk Pengeringan (Penjemuran)
Kabar terkini, beberapa besar di Pulau Jawa kerap diguyur hujan walau tengah terjadi musim kemarau. Fenomena alam yang kini susah diprediksikan ini memaksa untuk berpikir bagaimana cara produksi serta sistem pengeringan tetap berjalan meskipun tengah diguyur hujan. Sebab banyak pelaku UKM yang tak memiliki modal besar, guna sistem penjemuran serta pengeringan yang masih tetap memakai sinar matahari. Banyak mereka yang belum bisa membeli peralatan mesin pengering yang harganya cukup mahal.

Pengeringan pada artiannya sendiri adalah suatu cara atau langkah untuk mengeluarkan ataupun menyingkirkan beberapa air yang terkandung dari satu bahan melalui cara menguapkan dengan menggunakan suatu daya panas. Penurunan kandungan air biasanya dilakukan sampai meraih kandungan air yang diinginkan dan sampai enzim dan juga mikroba penyebabnya rusaknya bahan pangan menjadi tak dapat aktif lagi dan lalu mati.

Sistem pengeringan seringkali dipergunakan untuk memproses komoditas pertanian sebab sifatnya yang mudah untuk rusak. Diluar hal itu, pengeringan komoditas pertanian bisa pula meningkatkan nilai ekonomis produk. Meski demikian, sering saat sistem pengeringan sedang berlangsung ada permasalahan, lebih lagi pada pengeringan dengan sistem konvensional ataupun penjemuran dibawah sinar dan cahaya matahari secara langsung. Hal ini disebabkan sistem pengeringan tersebut sangat tergantung pada cuaca, luasan alas penjemuran serta lain sebagainya.

Oleh sebeb itu, amat diperlukan perkembangan satu prototipe yang praktis dan simpel, ekonomis dan juga dapat menangani permasalahan pada sistem pengeringan komoditas pertanian tersebut. Jawaban atau jalan keluar yang dirasa paling cocok guna sistem pengeringan pada waktu cuaca tidak begitu menentu yakni dengan menggunakan plastik ultraviolet. Mengapa harus dengan plastik UV, bukannya plastik bening seperti biasanya? Perbedaan plastik uv dengan plastik biasa, memang sangat mencolok.

Hal itu karena plastik uv sendiri memanglah sudah di desain penggunaannya untuk atap greenhouse, mempunyai kandungan bahan kimia spesifik yang akan membuat plastik uv selalu tahan lama atau awet, tak mudah rusak oleh iklim atau cuaca tak menentu, suhu panas maupun dingin ketika hujan. Dan juga plastik uv mempunyai ketebalan sekitar 200 mikron (0,20) maka, sedikit lebih tipis namun sangat kuat jika dibandingkan dengan plastik umum. Jika memakai plastik bening biasa dikawartirkan akan mudah untuk robek, pasti akan membutuhkan dana perawatan yang makin besar lagi.

Sebagai contoh saja, pengeringan dengan menggunakan plastik uv ini adalah pengeringan kacang. Kini bakal kami bahas sedikit tentang pengeringan pada kacang tanah ini. Kacang ialah suatu tumbuhan dikotil kecil tahunan yang dapat tumbuh sampai satu kaki di atas permukaan tanah. Kacang sendiri dianggap berasal dari wilayah Amerika Tengah dan menyebar di berbagai penjuru dunia lewat penjelajah asal Spanyol.

Kacang tanah memerlukan waktu kira-kira 120 hingga 150 hari guna menghasilkan kacang yang bagus dan siap untuk dipanen sesudah menabur bibitnya. Proses perkembangan kacang cukuplah menarik. Bunga yang berwarna kuning, sesudah penyerbukan sendiri, akan berkembang dan menjadi ovarium yang biasa dikenal pedicels, yang meluas dengan pesat guna menolak mengubur beberapa inci di bagian bawah tanah, yang mana buah-buahan tersebut tumbuh jadi kacang yang sekarang sering dikenal masyarakat.

Jika musim panen tiba, seluruh bagian tanaman termasuk juga akar digali dari dalam tanah. Tiap tanaman dapat menghasilkan sekitar 10-150 buah. Bar mempunyai bingkai luar yang sedikit tebal serta keriput dengan 2-3 bans semisal contohnya pada kacang polong. Tiap kernel kacang dilapisi dengan lapisan yang tipis, coklat serta dapat terbagi menjadi 2 bagian semisal kacang polong yang lainnya.

Kembali ke topik, menurut hasil eksperimen prototipe menunjukkan bahwa hasil pengeringan dengan memakai plastik UV bisa menurunkan kandungan air yang ada pada kacang tanah menjadi lebih cepat daripada penjemuran tradisional. Laju pada pengeringan kacang tanah dengan memakai pengering adalah KApg : 79, 106e-0. 056t, sedangkan dengan penjemuran adalah KApj : 73, 241e-0. 035t. Kelembapan yang relatif untuk ruangan pengering senantiasa lebih rendah yakni sekitar 42,8% daripada kelembapan relatif hawa luar sekitar 70,8%.

Hal tersebut menunjukkan jika pengering bisa membuahkan hawa panas dan juga tingkat kering yang cukup signifikan sampai dapat mempercepat sistem pengeringan sendiri. Dari segi luasan yang diperlukan, pengering hanya membutuhkan luasan 1 : 2, 4 daripada dengan luasan yang dibutuhkan oleh penjemuran secara tradisional. Plastik UV atau ultraviolet bukanlah sekedar bisa digunakan untuk atap dalam proses pengeringan pada kacang tanah saja, tetapi bisa pula dipakai guna hasil panen yang lainnya seperti contoh : teh, kakao, padi, kedelai, jagung, kopi, dan juga ada plastik uv untuk kolam ikan, plastik uv untuk hidroponik, serta yang lain sebagainya.

Plastik UV pun bisa dipergunakan untuk pengeringan pada industri batu bata, genteng, batako, paving, serta juga yang lainnya. Kami sebagai pabrik dan distributor plastik uvltraviolet, menjual plastik ultraviolet dengan kandungan UV protektor yakni 6% dan juga 14%. Biasanya, kalau dipakai untuk greenhouse menggunakan kandungan UV yang 14% saja. Sedang guna sistem penjemuran dan juga pengeringan baiknya memakai kandungan UV yang 6% untuk tepatnya. Semakin besar kandungan UV protektor maka plastik akan menjadi makin buram atau gelap.

Untuk ukuran plastik ultraviolet : lebar sekitar 300cm, panjang sekitar 100m, tebal 200 mikron atau 0,20, dan berat kira-kira 55-56 kg tiap roll. Warnanya bening supaya buram seperti contoh putih susu tetapi lebih jelas. Dengan juga dipayungi atap dari plastik ultraviolet maka tak ribet lagi kalau mendadak hujan turun, tak seberapa repot kalau membereskan jemuran. Jika Anda membutuhkan plastik UV silahkan hubungi kami 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *