Inilah Manfaat Tersembunyi Dari Kecipir

Please log in or register to like posts.
News

Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) yakni tanaman merambat yang awam dimanfaatkan sebagai sayuran. Kecuali merambat, tumbuhan ini juga membelit dan menyusun semak menahun. Dalam budidaya kecipir, lazimnya tumbuhan ini diberikan penyangga. Batangnya silidris, beruas-ruas, jarang mengayu, panjangnya hingga 4 meter, berakar banyak dengan akar samping yang panjang, menjalar datar dekat permukaan tanah dan beberapa diantaranya menebal menyusun umbi.

Di Indonesia, kecipir pada umumnya ditanam untuk diambil buahnya yang muda,yang kemudian pucuk dan daun mudanya direbus untuk dibuat bahan masakan. Para pakar berbeda anggapan mengenai asal masukan kecipir khususnya sebab tak didapati tipe liarnya, segala yakni tipe yang telah dibudidayakan.

Keanekaragaman tertinggi kecipir didapati di Papua, kawasan perbukitan di timur laut India, serta kawasan Burma yang bertetangga, sehingga diduga kawasan-kawasan itu yakni sentra-sentra domestikasinya. Kecipir banyak didapati di Asia Tenggara dan tanaman ini suka tanah yang bagus serta mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Pada tahun 60-an kecipir mulai dipromosikan secara internasional sebagai tanaman yang memiliki banyak kegunaan. Setelah itu di tahun 80-an para peneliti telah mulai dikembangkan fungsi kecipir khususnya pada negara-negara berkembang. Berikut ini beberapa manfaat kecipir bagi kesehatan.

Berikut manfaat kecipir untuk kesehatan :

1. Mencegah Penuaan Dini

Kecipir kaya akan vitamin C dan Vitamin A. Kedua vitamin ini berprofesi sebagai antioksidan yang dapat mencegah pedoman-pedoman penuaan dini seperti munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit.

2. Kesehatan Kulit

Tingginya antioksidan dalam kecipir bagus untuk mempertahankan pertumbuhan dan kesehatan kulit, sebab antioksidan akan melindungi kulit dari radikal bebas yang betul-betul berbahaya bagi kulit.

3. Sebagai Sumber Daya

Kecipir mengandung jumlah kalori yang cukup besar, dimana kalori betul-betul diperlukan untuk menggerakkan metode organ tubuh. Setiap 100 gram kecipir setara dengan 49 kalori, dan seandainya bibit telah matang maka dalam tiap 100 gram setara dengan 409 kalori.

4. Memperkuat Metode Kekebalan Tubuh

Seperti diceritakan sebelumnya, kecipir kaya akan vitamin C. Vitamin C ini akan menolong memperkuat metode kekebalan tubuh dan akan melindungi tubuh dari pelbagai infeksi.

  • Baca Juga : 

Tips Dan Trik Dalam Budidaya Bawang Bombay
Inilah Tipe Manfaat Yang Terdapat Pada Daun Kucai
Berikut Manfaat Ubi Cilembu Yang Jarang Diketahui
Cara Mudah Budidaya Tanaman Sente Pakan Natural Ikan
Metode Sederhana Dalam Budidaya Timun Jepang

5. Mencegah Kerusakan DNA

Mineral-mineral penting banyak terkandung dalam kecipir, seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium serta vitamin A, yang dapat mencegah kerusakan DNA.

6. Pertumbuhan Sel dan Jaringan Syaraf

Kecipir juga yakni sumber folat yang yakni bagian penting untuk pengembangan DNA. Folat betul-betul berperan dalam progres pengembangan sel, pertumbuhan dan penyusunan jaingan saraf.

7. Menambah Stamina

Kecipir mengandung berbagai tipe lemak jenuh, lemak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda, yang semuanya berprofesi sama untuk memberikan stamina tubuh sehingga berguna bagi kesehatan.

8. Kesehatan Tulang

Kecipir kaya akan kalsium dan fosfor yang dapat memelihara kesehatan tulang serta juga menolong menghasilkan daya pada mereka yang mengalami dilema tulang.

9. Membantu Pencernaan

Kecipir mengandung tipe gula fruktosa, glukosa, laktosa, sukrosa, galaktosa, dan maltosa. Sebagian tipe gula ini betul-betul penting untuk pertumbuhan bakteri probiotik dalam usus yang dapat menolong pencernaan makanan.

Efek Samping Mengkonsumsi Kecipir

Kecipir betul-betul rentan terhadap penyakit jamur, virus, bakteri dan nematoda (cacing) sehingga sepatutnya berhati-hati seandainya mengonsumsi kecipir.

Mengonsumsi kecipir akan menyebabkan alergi bagi mereka yang sensitif terhadap tanaman ini, khususnya bagi wanita sedang hamil, maka dari itu sebaiknya berkonsultasilah dahulu kepada dokter seandainya mau mengonsumsi kecipir.


Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update Harga Paranet silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *