Metode Budidaya Buah Zaitun Yang Kaya Akan Manfaat

Please log in or register to like posts.
News

Zaitun adalah salah satu tanaman yang di Jelaskan dalam Al-Quran dan telah pasti mempunyai makna bagi kehidupan kita. Segala komponen pohon dari akar, batang, daun hingga buahnya mempunyai manfaat besar untuk kehidupan. Minyak zaitun yang diwujudkan dari buahnya sungguh-sungguh berkhasiat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Dari jaman Nabi, minyak zaitun ini dapat mengobati sekitar 70 tipe penyakit.

Sebagian khasiat dari minyak zaitun ini yakni bisa memberikan kelembaban natural kulit, mencegah penuaan dini, menghilangkan noda jerawat, anti inflamasi, mengatur tekanan darah, kolesterol bagus, pencegahan kanker, pencegahan stroke, lotion rambut natural, melebatkan pertumbuhan rambut. Walaupun tanaman ini orisinil tumbuh di tempat timur tengah, tetapi sungguh-sungguh prospek bagus ditumbuhkan di Indonesia. Harga benihnya bahkan lumayan cukup tinggi mulai Rp 300.000-Rp 700.000, tetapi terbayar dengan kesudahannya yang dapat meraih puluhan juta. Kalau teman berminat membudidayakannya, silahkan teman dapat ikuti langkah-langkah menanamnya di bawah ini.

 

1. Pemilihan Benih Zaitun

Untuk menerima benih zaitun dapat kita membibitkannya dengan cara micro cutting yakni dengan memotong sebagian ruas ranting muda dari tanaman induk. Tetapi seandainya tanaman induk sulit dicari, teman dapat cari benih zaitun yang siap tanam di toko benih setempat. Pemilihan benih yang berkwalitas perlu kita lakukan seperti memilih benih yang sehat dan bebas dari serangan hama penyakit, berbatang cukup kokoh tak kering, berdaun hijau sehat, dan percabangan yang cukup rindang.

2. Lokasi Penanaman

Tanaman zaitun dapat tumbuh dengan bagus di tanah kita sebab keperluan temperatur hidup dan tumbuhnya berkisar 7 – 35 derajat Celcius, hampir seluruh tempat kita berada antara temperatur hal yang demikian. Kalau masa pembenihan telah selesai dapat dipindah tanamkan pada lahan yang mempunyai zona tak terlalu sempit, bersih dari rumput disekitar bakal tanam, tanah kaya dengan faktor hara, lokasi tanam tak ternaungi, wajib menerima cahaya sang surya lantas.

3. Membikin Lubang Penanaman

Lokasi yang telah layak untuk penanaman, tinggal kita membikin lubang penanaman. Lubang penanaman dapat kita buat dengan menggali memakai alat seperti pacul dengan ukuran lubang 50 x 50 x 50 cm. Siapkan juga media tanah yang dicampur dengan kompos/pupuk sangkar yang telah lama + sekam untuk bahan penutup lubang penanaman nanti.

4. Mengistirahatkan Lubang Tanam

Jikalau tahap pembuatan lubang tanam telah selesai, diinginkan benih zaitun jangan lantas kita tanam. Lubang tanam perlu diistirahatkan selama 2-3 hari dan biarkan tersinari Matahari agar kuman jahat pada tanah mati.

5. Pelaksanaan Penanaman

Kalau akar-akar dari pembenihan zaitun telah mempunyai panjang rata-rata antara 3 – 5 cm dan mulai sedikit kecoklatan, kita dapat lantas memindahkannya ke lubang penanaman di lahan yang menerima cahaya sang surya penuh. Tinggal kita letakkan komponen akar bersama media tanam dalam polybag nya, tetapi secara khusus dulu plastik polybag di sobek dan jangan hingga perakarannya putus. Posisi benih wajib tegak lurus, jangan hingga miring.

6. Menutup Lubang Tanam

Benih zaitun yang telah diletakkan pada lubang tanam, seketika tutup dengan media campuran tanah + kompos + sekam yang sudah kita persiapkan, tutup hingga rata. Supaya tanaman kokoh, penutup lubang tanam dipadatkan sedikit dapat kita diinjak-injak, tetapi jangan terlalu padat karena akan menghalangi perkembangan akar tanaman zaitun.

7. Melaksanakan Penyiraman

Penyiraman dapat lantas dijalankan sesudah penanaman selesai. Siramlah tanaman dan media tanam secukupnya dan jangan hingga becek. Gunakanlah spray untuk mengendalikan penyiraman.

8. Memasang Ajir

Sebab zaitun ini adalah tumbuhan beranting panjang perlu kita pasang ajir sebagai penaopangnya, agar tumbuhnya dapat total dan tak gampang patah. Ajir dapat kita buat dari bambu yang diiris-iris menjadi sebagian komponen dengan ukuran panjang 1,5 meteran.

9. Pemupukan Rutin

Pertumbuhan zaitun sungguh-sungguh membutuhkan gizi yang terjadwal . Pemberian gizi secara rutin akan mewujudkan tanaman kita menjadi kencang tumbuh, sehat dan berkwalitas bagus. Berikut 2 komposisi pemupukan yang kami sarankan untuk menjalankan pemupukan susulan.

Metode Kombinasi Kimia : 20 butir NPK buah + 1 kg kompos/pupuk sangkar + 1 sdt POC BMW
Metode Organik : 1 sdm KOCOR BMW+ 1 sdt POC BMW
Pemupukan ini secara rutin dijalankan 1 bulan sekali.

10. Mengasah Pembuahan Tanaman Zaitun

Dalam pertumbuhannya, tanaman zaitun perlu dibarengi dengan menggunakan hormon perangsang buah. Hormon perangsang buah akan mengasah dan mempercepat pembuahan tanaman zaitun. Hormon perangsang buah yang kerap kali kita pakai yaitu POC BMW. POC BMW mengandung banyak gizi makro dan mikro yang bagus untuk pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur, tidak cuma itu POC BMW mengandung ZPT supaya tanaman tumbuh konsisten maksimal. Metode aplikasi POC BMW dengan disemprotkan kebagian tanaman dengan dosis 2-3 tutup POC BMW + 1 tangki 15 liter air. Lakukan dengan interval 1 bulan sekali.

11. Perawatan Lain

Perawatan lain yang perlu kita lakukan juga yakni penyiraman cukup 1 kali sehari tetapi tergantung kelembaban tanah karena tanaman zaitun sungguh-sungguh layak tumbuh tempat panas, bersihkan zona tanam dari tumbuhnya gulma pengganggu tanaman zaitun.

12. Penanggulangan Hama dan Penyakit Zaitun

Seperti tumbuhan lainnya zaitun juga kerap kali ditemukan persoalan dari serangan penyakit seperti bercak daun cercospora, bercak burung merak, akar membusuk, batang / daun bersisik. Untuk memecahkannya kita semprotkan fungisida hayati NOPATEK 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air. Sekiranya untuk dosis menuntaskan busuk akar yakni 1 tutup botol NOPATEK + 2 liter air lalu siramkan ke tanaman yang terserang 1 gelas perpohon. Kalau terdapat gangguan dari binatang kecil atau hama dapat semprotkan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air.

Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update harga polybag silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *