Teknik Sederhana Dalam Budidaya Sagu

Please log in or register to like posts.
News

Sagu merupakan tanaman yang berasal serta tumbuh subur di daerah Maluku dan Irian. Tanaman yang satu ini dapat dibudidayakan untuk diwujudkan sebagai komoditi bisnis. Berikut ini ada isu mengenai metode budidaya tanaman sagu yang gampang.

Dalam membudidayakan tanaman sagu ini teknik yang harus anda kuasai salah satunya yaitu dengan mengerjakan pemilihan lahan, waktu tumbuh yang ideal, pemilihan benih, penanaman, perawatan dan pemanenen. Dengan mengenal teknik budidaya diatas, anda akan dapat mendapatkah hasil tanaman sagu yang baik.

Untuk dapat membudidayakan sagu dengan baik, anda seharusnya menanam tanaman ini pada ketinggian 700 mdpl. Kemudian jumlah curah hujan pada ketika menanam tanaman ini haruslah maksimal, adalah antara 2000 sampai 4000 mm untuk tiap-tiap tahunnya. Melihat temperatur juga perlu, temperatur yang bagus untuk daerah tumbuh tanaman ini yaitu 24 sampai 29 derajat celcius.

Teknik Budidaya Tanaman Sagu

Pertama, metode tanam sagu yang seharusnya anda lakukan yaitu dengan penentuan pola tanam. Ini dapat dilaksanakan dengan metode menggali lubang satu pekan sebelum penanaman, ukuran lubang seharusnya anda buat yaitu 30 x 30 x 30 cm. Sesudah mengerjakan hal hal yang demikian, anda dapat lantas membenamkan dengkel ke dalam lubang tanaman. Komponen pangkal dari dengkel yang sudah anda siapkan tadi ditutup dengan tanah yang bercampur dengan gambut. Tanah macam ini betul-betul baik untuk pertumbuhan sagu.

 

Selanjutnya metode untuk menanam tanaman sagu yaitu dengan menutup tanah hasil penanaman sagu tadi. Satu hal penting yang seharusnya diingat yaitu tanah penutup sebaiknya jangan ditekan dan dengkel jangan hingga bergerak. Tanah lapisan pada komponen atas seharusnya dimasukan hingga dengan setengah lubang, dan kalau memungkinkan anda dapat mencampurkan puing-puing akar didalamnya.

Kiat dalam Memilih Benih yang Baik untuk Tanaman Sagu

Sebelum mengerjakan penanaman pada tanaman ini, betapa bagusnya kalau anda memilih benih yang umurnya kurang dari 1 tahun. Benih hal yang demikian juga dianjurkan mempunyai diameter 10 hingga dengan 13 cm. Berat benih yang disarankan yaitu 2 hingga dengan 3 kg.

Pemilihan benih tanaman sagu juga tak boleh sembarangan. Anda seharusnya memilih benih sagu yang unggul supaya dapat menerima tanaman sagu yang tak bermasalah pada ketika penanaman atau pemanenan. Tanaman sagu sangat membutuhkan air yang cukup, maka dari itu lakukanlah penyiraman kepada tanaman ini secara rutin setiap hari.

Sistem Generatif untuk Perbanyakan Tanaman Sagu

Sebagai isu tambahan, tanaman sagu ini juga dapat diperbanyak dengan mengerjakan perbanyakan, bagus itu memakai cara vegetatif ataupun cara generatif. Sistem generatif paling banyak dipilih sebab metode ini dilaksanakan dengan memakai biji yang berasal dari buah yang sudah tua dan rontok dari pohonnya. Biji yang dipilih seharusnya biji yang berasal dari induk pohon yang bagus sehingga akan menciptakan anakan yang bagus pula.

Pemeliharaan Tanaman Sagu

Sekiranya anda dapat memelihara tanaman ini dengan ideal, karenanya sagu akan dapat menjadi komoditi bisnis yang dapat dimanfaatkan untuk mencari banyak profit. Sistem merawat sagu dari hama, misalnya kumbang juga seharusnya dilaksanakan. Pohon yang terkena serangan dari kumbang ini dapat ditebang atau dibakar, sementara anda juga dapat mengerjakan pencegahan dengan metode memakai musuh natural dari kumbang hal yang demikian.

Sesudah tumbuh besar, tanaman sagu ini akan menjadi pohon sagu yang besar dan anda dapat memberikan anda hasil panen yang memuaskan. Pastikan tanaman sagu anda miliki tidak terserang oleh kumbang sagu dengan melakukan pengecekan rutin karena hama inilah yang akan menyebabkan kematian mendadak bagi pohon sagu yang terjangkiti. gunakan insektisida untuk membasmi kumbang hal yang demikian.

Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update harga polybag silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *