Inilah Manfaat Dari Buah Blueberry

Please log in or register to like posts.
News

1. Penyakit Jantung

Blueberry bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol di dalam darah sehingga dapat meredakan penyakit jantung. Hal ini mungkin terjadi karena blueberry mengandung asam folat dan vitamin B6 sebagai nutrisi pencegah penumpukan senyawa homosistein. Homosistein yang menumpuk inilah yang berdampak kepada kerusakan pembuluh darah dan berujung kepada masalah kesehatan jantung.

Selain itu, anthosianin sebagai salah satu zat yang terkandung pada blueberry, mampu meredakan serangan jantung pada wanita sebesar 32 %, apabila dikonsumsi secara teratur.

 

2. Kesehatan mental

Mengkonsumsi blueberry secara rutin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit Parkinson, yaitu gangguan pada sistem saraf karena kematian sel pada otak. Selain itu juga dapat mengurangi risiko kerusakan kognitif dan kehilangan daya ingat jangka pendek.

 

3. Kanker

Kandungan-kandungan nutrisi di dalam blueberry, terutama vitamin A dan vitamin C adalah zat antioksidan yang kuat. Zat inilah yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Zat tersebut juga membantu memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, mulut, pankreas, faring, endometrium, kolon, prostat, esofageal, menghambat pertumbuhan tumor, serta mengurangi peradangan di dalam tubuh.

 

4. Antipenuaan (Anti-Aging):

Selain faktor genetik, penuaan sebenarnya tidak ada solusi yang jelas, namun karena pertimbangan efek radikal bebas sebagai penyebab utama berbagai gejala penuaan, maka blueberry akan membawa harapan untuk tetap muda. Hal ini karena buah blueberry adalah buah yang mengandung antioksidan nomor 1 di dunia. Blueberry mengandung zat antosianin, adalah pigmen yang membuat warna biru pada blueberry. Tingginya kandungan vitamin C juga merupakan faktor yang besar untuk klaim ini. Anda dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput , bintik-bintik hitam, katarak, osteoporosis, rambut rontok, demensia, dan penyakit Alzheimer dengan makan blueberry.

 

Baca Juga :
Teknik Simpel Dalam Membudidayakan Cabe Jawa
Budidaya Labu Siam Yang Kaya Akan Manfaat
Metode Mudah Dalam Budidaya Buah Khas Dieng
Mengetahui Lebih Dekat Macam – Macam Rotan Di Indonesia

 

5. Infeksi Saluran Kemih.

Pembentukan koloni bakteri tertentu seperti b-coli pada lapisan dinding bagian dalam saluran kemih merupakan penyebab infeksi ini. Ini menyebabkan radang, rasa panas saat mengeluarkan urin dan komplikasi lain. Untuk membantu kondisi ini, blueberry bisa sangat bermanfaat. Blueberry mengandung senyawa yang sebagian besar polimer, yaitu seperti molekul yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tersebut. Juga memiliki sifat antibiotik tertentu yang akan menambah efek ini. Molekul dalam blueberry ini akan menggesek bakteri dari dinding di saluran kemih, sehingga dapat mencegah infeksi. Sejauh ini, senyawa ini hanya ditemukan dalam buah cranberry dan blueberry.

 

6. Kesehatan mata & Degenerasi makula.

Blueberry adalah salah satu cara alternatif terbaik untuk menggeser peran kacamata , lensa kontak, tetes mata, obat-obatan dan operasi mata. Ini karena sifat antioksidan bluberi dapat mencegah atau menunda semua masalah pada mata yang terkait usia, seperti degenerasi makula, katarak, miopia, hipermetropia, kekeringan, dan infeksi, terutama yang berkaitan dengan retina. Degenerasi makula adalah masalah yang serius, dimana retina mata akan berdegenerasi secara bertahap, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan total. Blueberry mengandung kelompok antioksidan khusus yang disebut karotenoid ( lutein , zeaxanthin dll ), flavonoid (seperti rutin, resveritrol, quercetin dll ), dan senyawa antioksidan lainnya seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, selenium, seng dan fosfor, dimana semua sangat bermanfaat dan penting untuk kesehatan mata .

 

7. Fungsi Otak, ingatan & Penyakit Alzheimer(pikun).

Sekali lagi, sifat antioksidan blueberry ikut berperan disini. Antosianin, selenium, vitamin A, B kompleks, C dan E, natrium, kalium, tembaga, magnesium, fosfor, semua dapat mencegah dan menyembuhkan gangguan neurotik dengan jalan mencegah degenerasi dan kematian neuron. Nutrisi penting tersebut juga bermanfaat melindungi sel-sel otak, serta membantu mengembalikan kesehatan sistem saraf pusat. Sulit untuk percaya bahwa buah ini juga bisa menyembuhkan masalah serius seperti penyakit Alzheimer. Karena memiliki efek yang menyembuhkan kerusakan sel-sel otak dan jaringan neuron, maka blueberry juga bermanfaat untuk menjaga ingatan agar tajam untuk waktu yang lama.

 

8. Sembelit & Pencernaan.

Serat ( fiber ) dalam blueberry akan mencegah sembelit. Vitamin, natrium, tembaga, fruktosa dan asam akan meningkatkan kinerja sistem pencernaan, dengan merangsang kerja lambung dan cairan pencernaan yang benar untuk melancarkan perjalanan makanan.

 

9. Meningkatkan Kekebalan tubuh.

Blueberry yang sangat kaya akan antioksidan seperti antosianin, vitamin C, B kompleks, vitamin E, vitamin A, tembaga ( pembangun sistem kekebalan tubuh yang sangat efektif dan zat antibakteri), selenium, besi (mempromosikan kekebalan dengan meningkatkan hemoglobin dan konsentrasi oksigen dalam darah) , maka serius dikatakan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi. Setelah sistem kekebalan tubuh anda kuat, maka anda tidak akan mudah pilek, demam, cacar dan banyak penyakit menular lainnya yang disebarkan oleh bakteri dan virus .

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda “Inilah Manfaat Dari Buah Blueberry”. Jangan lupa baca juga web kami yang lainnya.

Sekian Dari Saya Terima Kasih.

See U Later.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *