Mengetahui Lebih Dekat Macam – Macam Rotan Di Indonesia

Please log in or register to like posts.
News

Macam rotan di Indonesia rupanya betul-betul banyak. Sempurna tipe rotan yang tumbuh di Indonesia menempuh sekitar 312 spesies. Kekayaan tipe rotan Indonesia bisa dipandang juga dari tipe genus (marga) yang dimiliki Indonesia. Dari sempurna 13 genus tumbuhan rotan di semua dunia, 8 genus diantaranya tumbuh di Indonesia.

Rotan yakni tumbuhan dari famili Arecaceae (palem). Rotan pada umumnya tumbuh merambat, batangnya langsing serta berdiameter antara 0,3-10 cm, beruas namun tak berongga, dan berduri. Duri ini berfungsi sebagai pertahanan diri dan alat merambat. Dan rotan sendiri rupanya bukan cuma satu tipe, namun menempuh ratusan spesies dengan 13 marga.

Berikut ini yaitu daftar tipe rotan yang tumbuh di Indonesia. Dari 312 tipe hal yang demikian beberapa sudah dimanfaatkan batangnya bagus untuk diperjualbelikan bagi industri kerajinan, ataupun cuma dipakai secara lokal. Inilah sebagian tipe rotan di Indonesia yang dilengkapi dengan nama lazim, nama latin tumbuhan, nama-nama dalam penyebutan lokal, ataupun tempat sebarannya di Indonesia.

~ Rotan Balubuk (Calamus burckianus Beccari); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Howe balubuk (Sunda), rotan sepet, penjalin bakul (Jawa). Terdapat di Jawa.

~ Rotan Taman (Calamus caesius Blume); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Sego (Aceh), Segeu (Gayo), Sego (Sumatera). Tersebar di Kalimantan dan Sumatera.

~ Rotan Korod (Calamus heteroideus Blume); atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan sebutan Rotan Lilin. Tumbuh di Jawa.

~ Rotan Tohiti (Calamus inops Beccari); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Sambutan (Sulawesi, Maluku). Tersebar di Sulawesi dan Maluku.

~ Rotan Lilin (Calamus javensis Blume); Banyak tumbuh disekitar daerah Kalimantan dan Sumatera.

~ Rotan Manau (Calamus manan Miquel); Banyak tumbuh disekitar kawasan Sumatera dan Kalimantan.

~ Rotan Buyung (Calamus optimus Becc.); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Buyung, Selutup, Sega Bulu (Kalimantan).Tempat sebarannya mencakup Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera.

~ Rotan Seuti (Calamus ornatus Blume); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Howe seuti, rotan kasur (Jawa Barat), rotan kesup (Bengkulu), rotan lambang (Sulawesi Tengah), rotan buku dalam (Sulawesi Utara), minong atau munau (Kalimantan). Tempat sebarannya antara lain Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

~ Rotan Sigisi (Calamus orthostachyus Warburg ex Beccari); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Popini, Tersebar di Sulawesi.

~ Rotan Sanjat (Calamus paspalanthus Beccari); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Rotan Marau Tunggal. Tempat sebaran Kalimantan, Semenanjung Malaysia, dan Palawan.

~ Rotan Inun (Calamus scabridulus Becc); Tersebar serta tumbuh subur disekitar kawasan Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

~ Rotan Dandan (Calamus schistoacanthus Blume); Tersebar di Sumatera dan Kalimantan.

~ Rotan Semambu (Calamus scipionum Loureiro); Tempat sebarannya antara lain Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

~ Rotan Irit (Calamus trachycoleus Becc); Tumbuhan endemik Kalimantan.

~ Rotan Manau tikus (Calamus tumidus Furtado); Tersebar serta tumbuh subur di kawasan Sumatera.

~ Rotan Batang (Calamus zollingeri Beccari); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Batang putih, umul (Sulawesi), rotan air, halawaku malibat (Maluku). Tumbuh di Sulawesi dan Maluku.

~ Rotan Jernang Besar (Daemonorops draco Blume); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Jernang, Beruang (Sumatera Selatan), Getik Badag (Jawa Barat), Getik Warak (Jawa Tengah). Tersebar di Sumatera dan Semenanjung Malaysia.

~ Rotan Seel (Daemonorops melanochaetes Blume); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Penjalin manis, dendek, rotan getah. Tersebar di Sumatera, Jawa, Malaysia, dan Thailand.

~ Rotan Batang Susu (Daemonorops robusta Warburg); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Batang susu (Sulawesi Utara), batang merah (Sulawesi Tengah), rotan bulu rusa (Menyeramkan Ambon), noko (Sulawesi Tenggara). Tumbuh di Sulawesi dan Maluku

~ Rotan Getah (Daemonorops rubra (Reinw. ex Blume) Mart.). atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Rotan leules, rotan pelah, rotan selang, rotan teretes (Sunda), rotan penjalin sepet, rotan penjalin ayam (Jawa), rotan getah (Sumatera). Tersebar di Jawa dan Sumatera.

~ Rotan Udang (Korthalsia echinometra Beccari); Rotan ini memiliki sebutan lain di kalangan masyrakat seperti Rotan semut, rotan dahan, rotan meiya, uwi hurang. Tersebar di Jawa, Sumatera, Bengkulu, Kalimantan, dan Semenanjung Malaysia.

~ Rotan Kapuas (Korthalsia ferox Beccari); Rotan endemik Kalimantan.

~ Rotan Dahanan (Korthalsia flagellaris Miq); Tersebar serta banyak tumbuh di sekitar kawasan Sumatera, Kalimantan, dan Semenanjung Malaysia.

~ Rotan Sampang (Korthalsia junghuhnii Blume); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Howe sampang, owe menceng. Tersebar di Jawa dan Sumatera.

~ Rotan Cabang (Korthalsia rigida Blume); tumbuhan ini juga memiliki sebutan lain di masing-masing kawasan yaitu Rotan dane (Aceh), rotan cabang dan rotan simpang (Berau, Kalimantan Timur), rotan marau (Sanggau, Kalimantan Barat). Tersebar dan banyak tumbuh disekitar kawasan Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Palawan, dan Thailand.

~ Rotan Bubuai (Plectocomia elongata Martius ex Blume); Hoe bubuai (Sunda), menjalin warak (Jawa). Tempat sebarannya mencakup Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

~ Rotan Langgane (Plectocomia mulleri Blume); atau masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan sebutan Rotan langgane (Kalimantan Tengah); Rotan sadak, Sanggau (Kalimantan Barat), Berau (Kalimantan Timur). Tersebar di Kalimantan dan Semenanjung Malaysia.

~ Rotan Maldo Jormal (Plectocomiopsis geminiora (Griff.) Beccari);atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Wi matar, rotan batu (Kalimantan), rotan gilang (Malaya), bungkulang, rotan buluh (Sumatera). Tersebar di Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaysia, dan Thailand Selatan.

~ Rotan Samare (Plectocomiopsis mira J.Dransf.); atau masyarakat sekitar sering menyebut tanaman ini Rotan marak, Wi matar, Samare (Kalimantan). Tersebar di Sumatera, Kalimantan, dan Semenanjung Malaysia.

Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update harga polybag silahkan klik DISINI.
Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

# Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *