Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh

Please log in or register to like posts.
News

Salah satu varian jeruk ini banyak dikenal bukan hanya karena ukurannya yang lebih kecil dari jeruk normal, tapi juga karena rasanya yang masam. Eits, tapi jangan salah! Meskipun masam, namun ternyata jeruk nipis ternyata mengandung berbagai khasiat kesehatan.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung
Manfaat jeruk nipis untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Karena, kandungan serat larut dalam jeruk nipis terbukti bisa menurunkan kadar LDL/kolesterol ‘jahat’, mencegah peradangan pada pembuluh darah, hingga turut menyetablikan tekanan darah.

2. Melancarkan pencernaan
Tahukah Anda, bahwa kandungan flavonoid dalam jeruk nipis ternyata dapat merangsang produksi enzim pencernaan? Hasilnya, enzim ini akan lebih mudah dalam memecah setiap makanan yang Anda konsumsi lebih baik. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi rutin jeruk nipis dapat turut mengobati sembelit. Wah, luar biasa ya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan Anda ini!

3. Mengobati demam
Kadar vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis ternyata bisa digunakan untuk menurunkan suhu tubuh Anda saat terkena demam. Jika tertarik mencoba, Anda dapat memberikan penderita demam segelas air hangat yang telah ditambahkan perasan 1-2 buah jeruk nipis. Lakukan hal ini secara rutin hingga demam kemudian menurun.

4. Menurunkan kadar gula darah
Selain banyak mengandung vitamin C, jeruk nipis ternyata mempunyai indeks glikemik yang rendah. Hal inilah yang kemudian membuat jeruk nipis baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes karena dipandang ampuh untuk menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga : 
Inilah Langkah Jitu Menanam Okra Menggunakan Polybag
Cara Menanam Durian Tabulampot
Rahasia Bercocok Tanam Selada Menggunakan Teknik Hidroponik
Ternyata Buah Bit Ini Memiliki Manfaat Bagi Tubuh Loh!!

5. Mencegah kanker
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan lainnya ialah untuk mencegah kanker. meskipun berukuran kecil, jeruk nipis banyak mengandung antioksidan. Senyawa inilah yang dipercaya para ahli berperan aktif dalam memerangi paparan radikal bebas serta mencegah pertumbuhan abnormal sel-sel tubuh.

6. Membantu menurunkan berat badan
Jika anda ingin menurunkan berat badan tidak ada salahnya untuk mencoba minum segelas air hangat dengan tambahan 2 butir jeruk nipis setiap hari. Kenapa? Sebab, asam sitrat dalam jeruk nipis mampu merangsang laju metabolisme, mempercepat proses pembakaran lemak, hingga mencegah penyimpanan lemak darah. Hebat, bukan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ini?

7. Mencegah flu
Di musim hujan seperti sekarang ini, tubuh Anda akan lebih rentan terkena infeksi virus yang membawa penyakit, salah satunya adalah virus influenza. Nah, demi mencegah hal tersebut, Anda disarankan untuk rajin mengonsumsi jeruk nipis sebab kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya akan bekerja aktif melawan virus sekaligus meningkatkan sistem imunitas.

8. Meredakan bau badan
Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa senyawa anti-bakteri yang ada di dalam jeruk nipis ternyata bisa dimanfaatkan untuk meredakan bau badan. Caranya, Anda cukup mengoleskan perasan jeruk nipis ke ketiak setiap harinya.

9. Mengobati asam urat
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengobati asam urat. Ini tidak terlepas dari fakta bahwa kandungan asam sitrat di dalamnya terbukti ampuh dalam melarutkan senyawa asam urat berlebih dalam tubuh.

10. Mengurangi rambut rontok
Terakhir manfaat jeruk nipis untuk kesehatan adalah mengurangi rambut rontok, jaga kesehatan rambut Anda dengan rajin mengoleskan air perasan jeruk nipis ke kulit kepala, minimal 2 kali sehari. Kenapa? Karena asam pada jeruk nipis dapat menyehatkan folikel rambut, sambil menguatkan akar dan batang rambut.

sekian dari artikel saya semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *