Cara Menanam Durian Tabulampot

Please log in or register to like posts.
News

Seperti yang kita tahu Durian adalah buah yang dijuluki king of fruit atau raja dari semua buah. Buah tropis ini disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis serta baunya yang enak tetapi banyak juga orang yang tidak suka pada buah ini.
Buah ini mempunyai harga yang beragam dari mulai yang murah sampai harga yang mahal untuk jenis buah durian tertentu umpamanya durian montong. Hingga, seringkali orang yang pilih untuk menanam buah ini sendiri.

Tempat yang makin sempit membuat orang menanam durian di dalam pot. Tanaman buah dalam pot atau biasa di kenal dengan nama tabulampot semakin jadi pilihan. Tidak sama dengan menanam durian di tanah luas, menanam didalam pot mempunyai langkah sendiri. Lantaran ruang tanam yang tidak selapang umumnya, buah yang dibuat susah untuk tumbuh dengan cara optimal hingga dibutuhkan perawatan spesial dan istimewa supaya bisa tumbuh dengan baik. Hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam yaitu mempersiapkan media tanam yang memiliki kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh pohon durian.
Baca Juga :
Rahasia Bercocok Tanam Selada Menggunakan Teknik Hidroponik
Ternyata Buah Bit Ini Memiliki Manfaat Bagi Tubuh Loh!!
Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan
Ternyata Budidaya Tanaman Organik dengan Polybag Itu Mudah

Media tanam yang dibutuhkan yaitu dengan mencampurkan pupuk kandang dengan tanah liat serta memakai perbandingan 1 : 1. Tanaman durian yang masih ada dalam karung lalu dibenamkan di tanah yang sudah dilubangi terlebih dulu sebesar ukuran karung atau tempat tanaman tersebut.
Di bagian dasar dari tanah tersebut, selanjutnya di beri pupuk fosfor, TSP, dengan dosis 2 sdm atau 20 gr yang ditujukan agar bisa memaksimalkan perkembangan akar. Jangan lupa untuk di beri furadan dengan jumlah yang sama yakni 2 sdm yang ditujukan untuk menghindari adanya bakteri patogen.

Saat durian sudah ditanam didalam tanah, berikanlah juga TSP serta furadan dengan jumlah yang sama dengan yang didapatkan pada dasar tanah yang dipakai untuk menanam yakni masing-masing 2 sendok makan atau sekitar 20gr. Perpindahan ini dilakukan dengan maksud untuk mendorong perkembangan vegetatif dari pohon durian. Pohon tersebut lalu dirawat selama 8-12 bulan dengan di beri pupuk sejumlah 2-3 kali.
Ingin tahu info Pertanian & Perkebunan terlengkap, klik DISINI.

Saat sudah masuk usia kurang lebih 1 tahun atau 12 bulan, pohon durian bersama bola akarnya dipindahkan kedalam drum atau pot. Di bagian pada karung yang membungkus pohon durian itu dengan drum atau pot, berikan media paling utama yang sudah disediakan terlebih dulu yakni kombinasi pupuk kandang dan tanah liat, dan masukan juga jerami. Maksud dari pemakaian media itu yaitu untuk memudahkan system drainase serta untuk memiliki pori-pori yang cukup.

Akar dari pohon durian akan keluar sesudah diberi perangsang akar dengan dosis 25 ml per 10 liter air. Perangsang sebaiknya diberikan sehari-hari selama 1 minggu serta sesudahnya harus dikerjakan perawatan teratur umpamanya pengairan yang baik supaya buah durian bisa keluar di tahun berikutnya.

Terima kasih sudah meluangkan waktunya & Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *