Cara Budidaya Dan Merawat Tanaman Hias Gantung

Please log in or register to like posts.
News

Tanaman gantung tidak memakan banyak lahan, tanaman hias gantung mampu membuat rumah menjadi indah dan terlihat asri. Kalian yang berminat menggunakan tanaman hias gantung sebagai dekorasi ruangan, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1.Ketahui jenis tanaman

Pada dasarnya, tanaman apapun dapat ditanam dalam pot gantung. Misalnya bunga ivy, ririh gading, sirih putih, tapak dara putih atau merah, bunga lipstik, anggrek, kaktus dan pakis. Tapi tanaman yang merambat seperti geranium dan petunia merupakan jenis yang paling cocok untuk dijadikan tanaman hias gantung karena daunnya akan tumbuh menutupi pot sehingga tampak lebih indah.

2. Sesuaikan sinar matahari
Kaktus dan bunga lipstik merupakan tanaman yang membutuhkan sinar matahari langsung dan tidak akan tumbuh maksimal jika diletakkan pada tempat yang teduh. Tapi tidak semua tanaman hias gantung membutuhkan sinar matahari. Jika tanaman hias tampak kering dan layu, segera pindahkan ke tempat yang lebih teduh dan terlindungi.

Baca Juga :
Ini dia Buah Langkah Asal Papua Memiliki Khasiat Bagi Kesehatan Tubuh!
Berikut Ini 6 Cara Bercocok Tanam Hidroponik Bagi Pemula!
Berikut Macam-Macam Tanaman Hidroponik
Ini dia Khasiat Lempuyang!!

3. Pilih pot harus sesuai
Pot berbahan dasar plastik adalah jenis yang paling banyak dipilih karena ringan dan praktis. Selain itu, pot tanah liat juga dapat digunakan. Karena pot tanah liat lebih baik dalam menjaga kelembapan tanah tempat tanaman hias tumbuh. Hanya saja, pot yang terbuat dari tanah liat lebih mudah pecah dan berlumut.

4. Pemilihan tali untuk menggantung tanaman
Untuk merawat keindahan tanaman hias gantung anda bisa membeli tali yang banyak tersedia di toko bungan maupun di pasar.

Tali yang anda pilih harus bisa menahan berat tanaman dengan potnya dan yang tahan lama. Sebaiknya anda tidak menggunakan kawat atau tali yang dibuat sendiri karena kurang kuat untuk menahan berat tanaman hias dan potnya serta kurang enak dipandang.

Jangan menggantungkan tanaman dilokasi yang sering dilewati untuk menghindari tanaman jatuh dan membahayakan akibat tersenggol atau terkena angin. Anda juga harus memastikan paku tanaman hias anda kuat dan tidak menjatuhkan pot tanaman anda.

5. Pemupukan rutin
Sama seperti manusia yang membutuhkan nutrisi dari makanan, tanaman hias gantung juga membutuhkan zat hara dari pupuk untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jika anda melihat tanaman hias anda mengering dan layu anda bisa merawat keindahan tanaman hias gantung dengan memangkasnya jika bentuknya sudah tidak seimbang dan terlalu besar.

6. Penyiraman yang tepat
Pada masyarakat umum biasanya tanaman hias gantung dipandang merepotkan karena setelah disiram akan meneteskan air. Supaya hal tersebut terhindari anda bisa memilih pot dengan bagian bawah terdapat piring penadah kemudian menyiram tanaman hias gantung anda dengan semprotan atau selang panjang secara perlahan.

Menggunakan cara yang tepat dalam hal merawat keindahan tanaman hias gantung maka tanaman hias anda akan terlihat sehat, elok dan aman dari bahaya jatuh.

Semoga artikel ini dapat bermanfaaat untuk anda “Cara Budidaya Dan Merawat Tanaman Hias Gantung”.

Jangan Lupa baca web kami yang lain

See U Again……………….

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *