Macam-macam Hama Pada Sayuran Bayam

Please log in or register to like posts.
News

  Hama dan Penyakit adalah organisme pengganggu tanaman yang menjadi salah satu faktor penyebab rusaknya pertumbuhan dan produksi tanaman. Bahkan dapat menyebabkan kematian bagi tanaman sehingga menimbulkan kerugian yang besar bagi petani. Tetap saja setiap tumbuhan pasti ada yang mengganggu salah satunya hama atau penyakit.
Berikut hama dan penyakit pada bayam dan cara menanganinya :

  • Ulat daun (spodoptera plusia hymenia)
    Jenis Hama ini menyerang pada bagian daun bayam. Ulat daun merupakan hama yang paling sering menyerang tanaman bayam,gejala pada serangan ulat daun adalah membuat daun bayam berlubang yang dapat menyebar ke daun/pohon lainnya,cara pengendaliannya adalah bisa dilakukanya dengan cara manual/menggunakan tangan tetapi cara ini sangat membutuhkan tenaga yang ekstra,dengan melakukan penyemprotan fungsida dengan zat aktif pestisida tetapi  cara ini dapat membahayakan konsumen,tetapi bisa juga dengan cara menggoyangkan pohonnya.
  • Siput
    Siput cukup terkenal dikalangan petani bayam, karena siput ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian daun bayam. Cara pengendaliannya dapat dilakukan dengan menghilangkan/memusnahkan siput dengan cara mengambilnya dengan tangan.
  • Jamur downy mildewnya
     Jenis penyakit ini sering datang ketika kelembaban meningkat/musim hujan Gejalanya daun menguning dan busuk. Cara pengendaliannya adalah melakukan penyemprotan  dithane dan menanam bayam juga jangan terlalu dekat. 

       Baca juga :
    Aromanya Kerap Menusuk!Tapi Buah Ini Banyak Manfaatnya Bagi Tubuh Loh!!
    Ternyata Buah Langkah Ini Memiliki Manfaat Lohh!!!
    Rahasia Dalam Budidaya Petai Agar Cepat Berbuah
    Buah Juwet Ini Sangat Kaya Akan Manfaat,Namun Banyak Dilupakan Masyarakat!

  • Karat putih
     Jenis penyakit ini ditandai dengan gejala infeksi pada batang dan daun yang disebabkan oleh bakteri cendawan choanephora. Cara pengandaliannya lakukan penyemprotan fungisida dengan dethine.
  • Serangga lalat (liriomyza sp)
     Lalat merupakan jenis hama yang sering menyerang tanaman bayam,gejalanya dapat dilihat pada daunnya seperti daun bayam yang berlubang,layu,busuk bahkan mati. Cara pengendaliannya adalah melakukan penyemprotan fungisida dengan pestisida dan menggoyakan tanaman. Cara ini kurang efektif karena lalat hanya pergi sesaat dan akan kembali lagi.
  • Noda daun
     Jenis penyakit ini ditandai dengan gejala pada daun yang terdapat bercak coklat dan dapat menyebabkan hancurnya daun. Cara pengendaliannya adalah lakukan penyemprotan fungisida dengan dithane,pestisida atau lakukan pemetikan daun yang terkena penyakit.
  • Busuk basah
     Jenis penyakit ini ditandai dengan gejala pada daun bayam terdapat bercak putih yang disebabkan oleh bakteri cendawan rhizoctonia sp. Cara pengendaliannya adalah lakukan penyemprotan fungisida dengan zak aktif pestisida dan dethine.Demikian artikel saya tentang ” Macam-macam Hama Pada Sayuran Bayam”  semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *