Berikut Macam-Macam Tanaman Hidroponik

Please log in or register to like posts.
News

   Tanaman Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman (buah, sayur dan bunga) dengan memanfaatkan air dan tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Jenis tanaman hidroponik akan menghasilkan jenis tanaman yang bebas dari hama dan penyakit.
Secara etimologi hidroponik berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata. Yakni hydro dan ponos. Hydro yang artinya air dan ponos yang artinya kerja.
Maka bisa disimpulkan, pengertian tanaman hidroponik adalah suatu teknik budidaya tanaman dengan memanfaat air sebagai media tanam yang kaya dengan berbagai nutrisi.
Sehingga dengan teknik ini maka dapat mempermudah dalam pengendalian hama, penyakit dan efek pencahayaan yang sering dialami oleh tanaman.

 Menanam tanaman dengan sistem hidroponik merupakan suatu metode yang ramah lingkungan. Karena dalam pembudidayaannya tidak perlu menggunakan pestisida atau bahkan herbisida yang beracun.
Meskipun sistem hidroponik menggunakan air sebagai media tanamnya akan tetapi dalam prakteknya air yang diperlukan dalam bercocok tanam tidaklah sebanyak seperti budidaya dengan cara konvensional.
Di era sekarang ini, menanam dengan sistem hidroponik adalah alternatif yang tepat untuk mendapatkan sayuran dan buah-buahan di lahan yang sempit atau terbatas.
Ditambah lagi dengan kondisi Indonesia yang beriklim tropis adalah tempat yang cocok untuk menerapkan metode ini. Bercocok tanam dengan hidroponik akan mendapatkan hasil yang bagus jika diiringi dengan hobi. Karena jika dimulai dari hobi maka akan sangat berpotensi untuk dijadikan bisnis.

  Jenis Tanaman Hidroponik
Pada dasarnya banyak sekali jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Namun, dalam hal ini Anda harus tahu jenis dan sifat alami dari masing-masing jenis tumbuhan atau tanaman agar memperoleh hasil yang berkualitas dan maksimal. Berikut adalah macam-macam tanaman hidroponik :

  • Jenis Tanaman Hidroponik: Selada
    Sayuran yang berwarna hijau muda berasa sedikit manis ini adalah jenis sayuran yang sangat tepat ditanam dengan sistem hidroponik. Sebab dengan sistem ini Selada dapat tumbuh subur. Ditambah lagi menanam selada tidak membutuhkan perawatan yang ekstra dan juga tidak menyita waktu yang lama.
    Apabila bibit selada telah disemai di media tanam hidroponik maka dalam waktu kurang lebih 1-2 minggu akan tumbuh 2 lembar daun selada baru.
    Pertumbuhan dan perkembangan selada akan terlihat semakin baik dan bagus jika dipindahkan ke media utama dan diberi nutrisi pendukung. Karena pertumbuhan yang cepat ini maka selada banyak dipasok ke pedagang burger dan restoran yang menggunakan selada sebagai lalapan.
    Sebagai tambahan untuk merangsang pertumbuhan selada agar tumbuh lebih cepat yakni dengan memotong daun bagian luar.
    Dengan begitu daun bagian dalam akan segera tumbuh dan menggantikan daun sebelumnya. Dan sering-seringlah untuk membersihkan hama yang biasa menempel di daun tersebut.
  • Jenis Tanaman Hidroponik: Timun
    Timun adalah jenis buah-buahan yang biasa dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut. Khususnya untuk menurunkan darah tinggi. Timun apabila ditanam dengan sistem hidropnik maka dibutuhkan perhatian yang ekstra agar bisa tumbuh dengan cepat dan subur. Karena timun membutuhkan cukup pencahayaan agar proses perkembangannya berjalan baik. Saat Anda menanam timun di rumah kaca maka pastikan timun tersebut memperoleh paparan sinar matahari yang cukup.
    Dan jika tanaman timun ini ingin Anda kembangkan lebih luas maka pastikan untuk menyediakan tempat yang lebar. Agar timun tetap dalam bentuk yang sempurna dan tidak rusak.
  • Jenis Tanaman Hidroponik: Sayuran Berdaun Hijau
    Sama seperti daun selada, sayuran berdaun hijau juga bisa ditanam dengan sistem hidroponik. Karena pada umumnya sayuran berdaun hijau ini dapat tumbuh dengam baik melalui cara hidropnik.
    Jenis sayuran berdaun hijau yang dapat ditanam dengan sistem hidropnik diatanranya kangkung akar, sawi hijau (indomie), bayam hijau dan merah dan selada air.
    Namun, dalam prakteknya ketika Anda memutuskan untuk menanam sayuran tersebut maka pastikan bahwa Anda terus memantau pertumbuhan sayur-sayuran tersebut.
    Jangan sampai sayuran tersebut tumbuh terlalu besar sehingga mengurangi sirkulasi udara yang masuk. Karena jika kurang sirkulasi udara maka bisa menyebabkan tumbuhan menjadi layu dan akhirnya mati.
    Lalu pastikan juga agar Anda memanen sayuran tersebut di waktu yang tepat. Waktu yang tepat memanen sayuran tersebut adalah hari ke 26 atau 29 dimulai dari bibit disemai. Dan ingat jika lebih dari 29 hari maka sayur akan pahit.
  • Jenis Tanaman Hidroponik: Buah-Buahan
    Selain sayuran, ada beberapa jensi buah-buahan yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik. Jenis buah tersbeut diantaranya melon, cabe, tomat dan timun.
    Keempat jenis buah tersebut sangat cepat menghasilkan dan berbuah ketika ditanam dengan metode hidroponik.
  • Jenis Tanaman Hidroponik: Bayam
    Bayam adalah jenis sayuran yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena kandungan yang dimiliki bayam adalah zat besi yang berfungsi dapat meningkatkan stamina dan memulihkan kondisi tubuh.
    Bayam merupakan tanaman yang tepat ditanam dengan sistem hidroponik. Dengan menggunakan sistem maka tidak begitu melakukan perawatan ekstra. Akan tetapi cukup diberi nutrisi secara berkala.
    Sebagaiman diketahui bersama bayam merupakan sayuran yang dapat diolah menjadi berbagai jensi makanan. Seperti isuo, keripik yang sangat lezat dimakan disaar hangat.Baca juga :Aromanya Kerap Menusuk!Tapi Buah Ini Banyak Manfaatnya Bagi Tubuh Loh!!
    Ternyata Buah Langkah Ini Memiliki Manfaat Lohh!!!
    Rahasia Dalam Budidaya Petai Agar Cepat Berbuah
    Buah Juwet Ini Sangat Kaya Akan Manfaat,Namun Banyak Dilupakan Masyarakat!
    Beginilah Bagaimana Cara Membudidayakan Mahkota Dewa Dalam Pot Atau Polybag
  • Jenis Tanaman Hidroponik: Kaktus
    Jenis tanaman yang juga dapat dibudidaya dengan sistem hidroponik adalah kaktus. Kaktus adalah jenis tanaman hias yang banyak digemari oleh masyarakat.
    Kaktus memiliki bentuk yang unik. Inilah kenapa masyarakat menjadikan kaktus sebagai pernak-pernik pesta pernikahan. Ditambah lagi kaktus juga memiliki banyak varian dan juga warna.
    Budidaya kaktus dengan sistem hidropnik terbilang rumit. Karena tanaman ini perlu sentuhan dan perawatan khusus agar menghasilkan keindahan yang sempurna.
  • Jenis Tanaman Hidroponik: Spider Plant
    Jenis tanaman hias lainnya yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik adalah spider plant. Spider plant adalah jenis tanaman yang memiliki bentuk dan warna yang unik.
    Bagi penggemar tanaman hias tentu spider plant adalah jenis tanaman yang tidak asing lagi didengar. Dengan meletakkan spider plant di ruang tamu maka akan menjadikan ruamh Anda kelihatan hidup dan segar.
  • Jenis Tanaman Hidroponik: Lidah Buaya
    Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menyuburkan dan menjaga kesehatan rambut.
    Menanam lidah buaya dengan sistem hidroponik adalah pilihan yang tepat bagi yang tidak memiliki pekarangan yang luas. Namun dalam perawatannya dibutuhkan perhatian yang serius.
  • Jenis Tanaman Hidroponik: Bunga
    Selain jenis sayuran dan buah-buahan, teknik hidroponik juga bisa diterapin untuk jenis bunga.
    Menanam bunga dengan sistem hidroponik akan mempercantik rumah Anda. Jadi Anda bisa menanam beberapa jenis bunga dengan beberapa warna yang berbeda.
    Akan tetapi bunga yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik adalah mawar dan anggrek. Karena kedua jenis bunga tersebut dapat tumbuh dan mekar secara sempurna saat ditanam.
  • Jenis Tanaman Hidroponik: Kentang
    Kentamg merupakan sumber protein dan karbohidrat baik bagi pertumbuhan manusia. Sebagimana diketahui banyak ditemukan jajanan dan makanan olahan yang bersumber dari kentang.
    Jenis umbi-umbian ini pada umumnya ditanam di media tanah. Namun ternyata kentang juga bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik.
    Jenis kentang yang bisa ditanam yaitu kentang berukuran kecil. Jika metode ini diterpkan untuk kentang berukuran besar maka hasil yang diperoleh akan hampir sama dengan kentang berukuran kecil.
  • Jenis Tanaman Hidroponik: Berbagai Jenis Tanaman Herbal
    Dengan menggunakan sistem hidroponik maka akan mewujudkan impian Anda untuk dapat memiliki rumah yang dipenuhi dengan tanaman obat keluarga.
    Jenis obat herbal yang bisa ditanam dengan sistem hiroponik adalah tumbuhan basil, ketumbar dan daun mint.
    ketiga jenis tumbuhan diatas akan sangat membantu Anda untuk memiliki apatek hidup di laman rumah. Kita tentu sudah mengetahui bahwa tanaman herbal merupakan jenis tanaman yang dapat membantu dalam mencegah dan mengobari berbagai macam penyakit.
    Karena dengan mengkonsumsi tanaman herbal tidak memiliki efek samping dan menghemat uang saku Anda.Sekian Artikel Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Selamat Mencoba…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *