11 Fakta Unik Cherry Serta Manfaatnya

Please log in or register to like posts.
News

Fakta Unik Cherry

1. Perlu diketahui bahwa kata ‘cherry’ berasal dari kota Turki Cerasus.

2. Cherry termasuk dalam keluarga mawar.

3. Traverse City, di Michigan, AS, merayakan Festival Cherry Nasional tahunan sejak tahun 1925.

4. Untuk mengeluarkan rasa ceri, gunakan ¼ sendok teh ekstrak almond murni.

5. Glace cherry diproses selama dua minggu sehingga membuatnya terlihat seperti permen. Glace cherry ideal digunakan dalam kue tradisional, sebagai hiasan kue, dan bahkan sebagai bahan dalam kue, roti, dan makanan panggang lainnya.

6. Reaksi kimia antara ceri dan alkali seperti baking powder menyebabkan perubahan warna biru pada produk panggang.

7. Cherry merah mengandung melatonin yang membantu melawan racun berbahaya. Buah ini juga mengandung tingkat tinggi antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

8. Cherry memiliki kandungan rendah kolesterol, lemak, dan natrium. Sebaliknya, buah ini merupakan sumber serat dan vitamin C.

9. Diketahui bahwa kue tart cherry mengandung bahan kimia tertentu yang efektif mengurangi rasa sakit dan diketahui lebih baik daripada aspirin dan ibuprofen.Tart dan jus cherry juga yang dikenal mampu mengurangi kadar asam urat sekaligus mengurangi sakit otot dan sakit punggung.

10. Kandungan cyanidin dalam buah ini memiliki sifat anti-inflamasi sehingga membantu dalam pengobatan asam urat dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

11. Cherry memiliki musim berbuah yang sangat singkat. Di daerah Amerika Utara, cherry dikenal pertama kali matang dibandingkan buah lainnya.

Baca Juga :
Aromanya Kerap Menusuk!Tapi Buah Ini Banyak Manfaatnya Bagi Tubuh Loh!!
Ternyata Buah Langkah Ini Memiliki Manfaat Lohh!!!
Rahasia Dalam Budidaya Petai Agar Cepat Berbuah
Buah Juwet Ini Sangat Kaya Akan Manfaat,Namun Banyak Dilupakan Masyarakat!

 

Manfaat ceri

1. Menurunkan tekanan darah

Buah ceri bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah, hal ini sebab adanya kandungan kalium di dalamnya. Kalium berperan dalam menetralisir efek yang ditimbulkan sodium, sehingga dapat mencegah hipertensi. Kalium juga berperan dalam menjaga detak jantung dan tekanan darah agar tetap normal.

2. Menyembuhkan migrain

Pada buah ceri terdapat antosianin dan bioflavonoid yang dapat membantu meringankan sakit kepala dan migrain, dengan cara mengurangi peradangan pada tubuh. Efek dari kedua senyawa ini sama dengan efek yang ditimbulkan oleh aspirin dan ibuprofen.

3. Membantu proses penyembuhan/recovery otot
Biasanya setelah berlatih secara keras ataupun setelah mengangkat beban yang berat, otot akan mengalami cedera atau kelelahan. Mengonsumsi jus buah ceri ternyata dapat membantu menyembuhkan cedera pada otot.Hasil penelitian yang dilakukan oleh Oregon Health and Science University of America menunjukkan bahwa atlit yang telah mengonsumsi jus buah ceri sebelum berlatih, merasakan lebih sedikit nyeri pada otot mereka.Sedangkan jika jus buah ceri dikonsumsi setelah berlatih, hampir 90% kekuatan otot akan kembali dalam waktu 24 jam.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah ceri mengandung anti oksidan dan anti viral yang dapat membantu menangkal penyakit dan infeksi. Selain itu, pada ceri juga terdapat flavonoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengatasi athritis dan asam urat
Mengonsumsi buah ceri yang mempunyai sifat anti inflamasi, membantu mengatasi arthritis dan asam urat.

6. Membuat tidur menjadi lebih rileks dan nyaman
Pada buah ceri terdapat sifat anti iflamasi dan kandungan melatonin, kombinasi keduanya akan membuat tubuh anda lebih rileks dan bisa tidur dengan lebih nyaman. Hal ini juga akan membantu mengatasi berbagai gangguan tidur yang timbul.

7. Menyehatkan jantung
Hasil penelitian yang dilakukan di University of Michigan menunjukkan bahwa buah ceri dapat memberi manfaat yang baik untuk kardiovaskular dan dapat mengurangi resiko terkena stroke.
Mengonsumsi buah ceri dapat mengaktifkan PPAR (Peroxisome Proliferator Activating Receptors) di banyak jaringan tubuh. PPAR mengatur metabolisme lemak dan glukosa, sehingga membantu mengurangi penyakit pada kardiovaskular.i

8. Membantu mengurangi berat badan
Salah satu manfaat dari buah ceri adalah membantu mengurangi berat badan. Ini cocok bagi mereka yang sedang melakukan diet. Mengonsumsi buah ceri ternyata dapat menurunkan kadar lemak pada darah, massa lemak pada tubuh dan lemak pada perut.

9. Membantu mengatasi anemia
Buah ceri ternyata juga dapat berperan dalam mengatasi anemia. Anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh kurang dari normal, sel darah merah berperan dalam membawa suplai oksigen ke berbagai organ tubuh.
Pada buah ceri terdapat kandungan zat besi yang dapat berperan dalam membantu produksi sel darah merah. Hasilnya, anemia menjadi bisa teratasi.

10. Anti aging / memperlambat penuaan
Ceri mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya yang dapat berperan dalam menangkal radikal bebas. Hal ini sekaligus mampu mencegah timbulnya tanda – tanda penuaan, garis – garis halus, keriput dan bintik – bintik. Ini juga diperkuat dengan adanya antosianidin yang dapat menghancurkan enzim yang menyebabkan keriput pada kulit.

11. Membantu membersihkan kulit
Pasta dari tumbukan buah ceri, dapat bermanfaat dalam membantu membersihkan kulit terutama dari sel – sel kulit yang mati. Caranya cukup olehkan pasta tersebut pada bagian kulit yang di inginkan.

Semoga Bermanfaat Artikel Ini “11 Fakta Unik Ceri Serta Manfaatnya”. Jangan Lupa Baca Web Kami Yang Lain

See U Again

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *