Cara Budidaya Mentimun Di Dalam Pot Atau Polybag

Please log in or register to like posts.
News

Cara Menanam Budidaya Mentimun Di Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah – Mentimun, Timun atau Ketimun adalah tumbuhan yang berasal dari suku Cucurbitaceae atau labu-labuan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Mentimun adalah tanaman yang tumbuhnya merambat dan memtimun ialah tanaman semusim. Buah mentimun memiliki bentuk buah memanjang dengan warna hijau dengan garis putih kekuning-kuningan ketika masih muda dan akan berwarna lebih hijau hingga putih ketika semakin tua umur buahnya.
Selain dibudidayakan ataupun di tanam pada lahan yang luas, mentimun banyak di budidayakan di pot atau Polybag. Berikut ialah cara budidayakan mentimun dalam pot atau polybag.

1. Pemilihan dan Persemaian Bibit
Bibit mentimun yang akan dibudidayakan dipilih bibit yuang sehat bebas dari hama dan penyakit, memiliki pertumbuhan yang cepat dan pastikan berasal dari tanaman indukan yang berkualitas.
Biji benih mentimun yang sudah kita disiapkan, selanjutnya semaikan dulu. Inilah cara persemaiannya: Pertama, biji benih direndam dalam larutan fungisida selama sekitar 15 menit. Selanjutnya lakukan perendaman kembali selama 24 jam.

Biji benih kemudian ditiskan dan dimasukkan dalam lipatan handuk yang sudah dibasahi lalu simpan selama sekitar 12-15 jam hingga benih berkecambah. Setelah itu, pindahkan bibit ke dalam polybag yang ukuranya kecil yang sudah diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 Letakan tanaman pada tempat yang terkena sinam matahari yang cukup dan juga lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari. Apabila benih berumur sekitar 10 – 12 hari ataupun sudah mempunyai 2 helai daun, bibit sudah dapat dipindahkan ke pot atau polybag yang berukuran lebih besar.

2. Penanaman Bibit Mentimun Dalam Pot (Polybag)
Setelah pot atau polybag yang berukuran lebih besar diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang atau kompos dan telah disiamakan beberapa hari sebelum penanam, segera lakukan penanaman. Bikinlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 2 – 3 cm lalu masukan bibit mentimun dalam lubang yang telah kita buat, lalu lakukan penyiraman secukupnya.

3. Pemeliharaan Tanaman Mentimun Dalam Pot (Polybag)
Penyiraman
Lakukan penyiraman secara teratur yaitu sebanyak dua kali sehari, secukupnya saja jangan berlebihan.
Penyulaman
Lakukan penyulaman pada tanaman mentimun yang tumbuh tidak normal atau mati dan diganti dengan tanaman yang baru.
Pemupukan
berikan pupuk pada tanaman mentimun yang sudah 15 – 20 hari setelah ditanam menggunakan pupuk urea, Tsp dan lainnya.
Penyiangan
Lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman di pot/polybag.
Pemasangan Ajir
Pemasangan ajir dilakukan saat tanaman berukuran sekitar 2-3 cm di atas permukaan tanah. Ajir tersebut dapat dibuat dari bambu atau kayu kecil dengan panjang sekitar 1,5-2 meter.

4. Pemanenan Mentimun
Pemanenan mentimun dilakukan setelah tanaman berumur 2 – 3 bulan selesainya masa tanam. Pemanenan dapat dilakukan dengan cara memetik buah beserta tangkai buah secara langsung. Pemanenan ini sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari agar kualitasnya tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *