Budidaya Buah Cherry

Please log in or register to like posts.
News

  Tanaman Cherry  adalah tanaman perdu yang menghasilkan buah kecil-kecil seukuran buah kersen. Berwarna hijau saat buah masih muda, akan berubah menjadi kuning dan kemudian merah tua setelah benar-benar matang. Rasanya manis segar, berdaging relatif tipis, terdapat biji di dalamnya. Mirip seperti buah kopi.
Konon tanaman ini didatangkan pertama kali ke Indonesia oleh Dr.Muhammad Reza Tirtawinata pada tahun 1996 dari Australia. Tanaman ini cukup populer karena sosoknya yang perdu tidak membutuhkan lahan luas, sehingga ideal ditanam di dalam pot (tabulampot). Cantik sebagai penghias rumah-rumah di perkotaan yang umumnya berhalaman sempit. Daunnya selalu terlihat hijau (evergreen) di selingi buah-buah mungil yang enak dimakan. Jadi, beach cherry adalah penghias halaman sekaligus sumber nutrisi sehat bagi keluarga.

Cara menanam buah cherry dapat dilakukan secara vegetatif (cangkok, stek) dan juga generatif (biji). Jika anda menginginkan pohon cherry yang cepat berbuah maka yang dilakukan ialah dengan cara vegetatif (mencangkok) ataupun stek batang. Berikut beberapa langkah cara menanam buah cerry yang benar :

Baca juga :
Aromanya Kerap Menusuk!Tapi Buah Ini Banyak Manfaatnya Bagi Tubuh Loh!!
Ternyata Buah Langkah Ini Memiliki Manfaat Lohh!!!

Rahasia Dalam Budidaya Petai Agar Cepat Berbuah
Buah Juwet Ini Sangat Kaya Akan Manfaat,Namun Banyak Dilupakan Masyarakat!
Beginilah Bagaimana Cara Membudidayakan Mahkota Dewa Dalam Pot Atau Polybag

  • Untuk menyiapkan bibit buah cherry dari biji dapat dilakukan dengan mengambil biji dari buah cherry yang benar-benar tua, bahkan ambil dari buah yang sangat matang di pohon atau yang jatuh. Bersihkan daging buahnya dan pisahkan bijinya,lalu jemur biji diterik matahari selama 1 hari untuk mengurangi kelembaban bijinya setelah itu angkat dan letakkan di tempat teduh.
  Sebelum melakukan penyemian buah cherry harus didinginkan di lemari pendingin, Letakkan buah cherry di lipatan kertas tissue agar tertutup setelah itu masukkan di lemari pendingin (jangan di frezzer). Biarkan sampai 1 minggu cara ini untuk mempercepat biji cherry bertunas.
Siapkan media semai dengan menggunakan pot atau polybag yang diisi campuran tanah dan pupuk kandang,setelah biji dikeluarkan dari lemari pendingin, biarkan selama 1 jam sebelum ditanam. Letakkan semaian cherry di area yang teduh. Lakukan penyiraman untuk tetap menjaga kelembaban media semai.
 Jika anda tidak ingin menunggu lama maka anda bisa mendapatkan bibit buah cherry di kios-kios yang menjual bibit tanaman. Biasanya bibit tanaman ini hasil cangkok atau okulasi. Untuk memastikan hal tersebut periksa batang bibit yang akan anda beli, jika hasil okulasi maka ada bekas sayatan di pohonnya.
Namun hal yang paling penting adalah memilih bibit tanaman yang memiliki bentuk yang bagus dan kesuburan bibit yang terlihat dari daun dan batangnya.
  • Menyiapkan Lahan Tanam
    Untuk menanam buah ceri (cherry) dapat dilakukan di tanah secara langsung dan juga bisa ditanam di dalam pot untuk menghasilkan pohon cherry yang mampu berbuah banyak tanamlah bibit cherry langsung ke tanah. Buatlah lubang tanam dengan menggunakan cangkul dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman sekitar 50cm isi lubang dengan menggunakan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang tanam selama 3 minggu sebelum ditanami.
Jika anda ingin membudidayakan pohon buah cherry di dalam pot ukuran pot harus besar atau bisa memanfaatkan potongan drum bekas,isi pot dengan campuran tanah dan pupuk kandang dan biarkan terlebih dahulu sebelum ditanami agar pupuk benar-benar menyatu dengan tanah.
  • Menanam Bibit Cherry
    Setelah bibit hasil semaian atau hasil cangkokan telah siap ditanam maka lakukan penanaman pada media tanam yang telah disiapkan. Buka atau lepaskan bibit dari wadah semaian lakukan secara perlahan agar tanah semaian tidak pecah,masukkan ke lubang tanam dan lakukan penutupan lakukan penyiraman setelah bibit buah cherry selesai ditanam.
  • Melakukan Perawatan Tanaman
    Perawatan yang dilakukan pada tanaman buah cherry terbilang cukup mudah dengan membersihkan tumbuhan atau rumput yang ada disekitar tanaman. Lakukan pemupukan secara berkala dengan menggunakan pupuk kandang/ jika anda lebih kreatif pupuk kandang dapat dirubah ke pupuk cair dengan merendam pupuk kandang ke air selama beberapa hari kemudian air rendaman dapat disiramkan ke bagian akar tanaman.
  • Masa Panen Buah cherry
    Pohon cherry terbilang pohon yang unik. Pohon ini tidak bisa dipastikan dapat berbuah setiap setahun sekali. Pohon cherry dapat menghasilkan buah pada umur tanaman sekitar 3-4 tahun, namun ada juga yang dapat berbuah pada umur 1,5 tahun jika perawatannya baik dan ditanam dari bibit hasil cangkok atau okulasi.

Sekian Artikel Yang Saya Buat,Semoga Bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *