Ternyata Buah Langkah Ini Memiliki Manfaat Lohh!!!

Please log in or register to like posts.
News

Manfaat buah kawista bagi kesehatan belum banyak didengar oleh masyarakat, bahkan belum banyak yang mendengarnya. Ketika mendengar nama buah ini, mungkin terasa asing. Ada juga yang menyebutnya kwisto, kawis, ganista, kimco dan beberapa nama lain menurut kultur lokal. Buah ini juga tidak dapat Anda temui di seluruh toko buah karena baru sedikit orang Indonesia yang membudidayakannya, meskipun sebenarnya buah ini sangat potensial untuk menjadi komoditi ekspor. Sayangnya perkembangan tumbuhan ini sangat lambat dan membutuhkan waktu sekitar 15 tahun dari penanaman untuk bisa berbuah.

Pohon buah ini juga banyak ditanam dalam bonsai sehingga ketika berbuah bonsai akan tampak sangat indah karena tak hanya berbuah dan berdaun, pohon buah kawista juga berbunga dan berduri. Untuk mendapat rasa yang lebih enak pohon buah ini tak jarang dikembangkan dengan cara sambung pucuk pada pohon jeruk seperti yang banyak ditemui di daerah Bangkalan, Madura tepatnya di Kecamatan Galis.

Uniknya ketika masih muda buah ini rasanya sangat pekat dan asam segar sehingga banyak yang menjadikannya bahan rujak. Sementara itu ketika sudah matang buahnya akan terasa manis legit dan nikmat serta mengandung sensasi cola meski zat sodanya tidak tinggi. Jika matangnya di pohon  kawista akan mengeluarkan bau yang sangat harum dan tak jarang buahnya jatuh sendiri ke tanah. Jika ini terjadi daging buah kawista tetap aman karena kulitnya yang tebal cukup mampu melindungi buah di dalamnya.

Tak hanya rasa yang nikmat dan tampilan yang elegan buah ini juga tahan hama penyakit dan bisa ditumbuh dalam kondisi cuaca ekstrim, semisal kemarau yang berkepanjangan atau di wilayah tandus yang jarang air bahkan dari daerah pesisir pantai hingga di dataran tinggi dengan ketinggian 400-450 meter dari permukaan laut. Selain itu, buah yang beraroma khas dan begitu menusuk hidung ini juga banyak mengandung manfaat baik untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  Baca Juga: 
Buah Juwet Ini Sangat Kaya Akan Manfaat,Namun Banyak Dilupakan Masyarakat!
Rahasia Dalam Budidaya Petai Agar Cepat Berbuah
Beginilah Bagaimana Cara Membudidayakan Mahkota Dewa Dalam Pot Atau Polybag
Langkah Jitu Budidaya Buah Asam

  • Obat Herbal untuk Batuk
    Untuk keperluan ini, Anda tinggal mengonsumsi sirup kawista atau buahnya yang telah matang. Kandungan cola di dalam buah ini dapat sangat efektif untuk menyembuhkan batuk dengan cara alami dan sehat.
  •  Penambah Energi
    Kandungan glukosa yang melimpah di buah kawista menjadikan buah ini sebagai andalan untuk menambah energi. Kawista juga banyak dikonsumsi dan diolah untuk menjadi bahan tonikum yakni mengembalikan energi yang banyak keluar setelah melakukan kerja berat, lembur, olahraga atau pekerjaan lainnya.
  •  Memperkuat Daya Tahan Tubuh
    Kawista juga kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga dapat menangkal radikal bebas dan memperkuat daya tahan tubuh. Karena itu, Anda bisa menikmati rasa manis legit dan nikmatnya buah sembari mengambil manfaat untuk kesehatan Anda.
  •  Mengobati Diare dan Disentri
    Buah kawista bagi tubuh manusia selanjutnya adalah untuk diare. Konsumsi buah kawista yang masih muda atau mentah dengan rasa yang pekat dipercaya dapat mengobati gangguan diare bahkan disentri.
  • Menyembuhkan Haidl Berlebih dan Kurang Teratur
    Keluhan haid yang berlebihan atau kurang teratur juga banyak diobati dengan buah kawista meskipun praktik tersebut berjalan turun-temurun dan bukan berdasarkan penelitian medis. Untuk keperluan ini, Anda bisa memanfaatkan kulit batang pohonnya yang dicampur dalam ramuan jamu.
  •  Menurunkan Demam
    Meski belum ada penelitian yang menunjukkan hal tersebut, kebiasan masyarakat Asia yang mengonsumsi kawista ketika terserang demam cukup menguatkan bahwa salah satu khasiat ini adalah menurunkan demam.
  • Menyembuhkan Sakit Perut, Mengatasi Mual, Menyehatkan Hati dan Mengobati Luka Gigitan Serangga.

Sekian Artikel Saya Semoga Bermanfaat,Terimakasih Sudah Membaca..
Jangan Lupa Baca Artikel Lainnya Yaaa!!:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *