Beginilah Cara Mudah Untuk Budidaya Tanaman Mengkudu

Please log in or register to like posts.
News

Buah mengkudu ialah buah majemuk Jika muda akan memiliki warna hijau yang mengkilap dan mempunyai bintik-bintik atau totol-totol, ketika tua mengkudu akan berwarna putih dan berbintik bintik hitam.
Buah mengkudu dikenal sebagai tanaman obat yang baik untuk kesehatan dan juga banyak mengandung vitamin mineral dan vitamin protein, Selain banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan, buah satu ini mempunyai bau yang tidak sedap.

​Buah Makasar Obat Darah Tinggi
Buah mengkudu banyak dibuat ekstrak karena baik untuk mengatasi dan mencegah penyakit. Sari buah mengkudu Memiliki banyak kandungan vitamin C dan nutrisi lengkap.

Nah berikut ini cara membudidayakan tanaman mengkudu :

1. Pemilihan bibit mengkudu
Untuk pemiihan bibit unggul harus dilakukan karena bibit unggul sangatlah cepat dalam proses pertumbuhannya, selain tahan penyakit, ini juga dapat menghasilkan buah yang sangat berkualitas. Mengkudu mempunyai beberapa jenis bibit yaitu, bibit generative yaitu bibit yang diperoleh dengan cara penyemaian bibit mengkudu dari induk yang berkualitas, lalu bibit vegetative yaitu bibit yang didapat dari cara stek batang, dan diambil dari batang indukkan yang unggul, dan yang terakhir adalah bibit siap tanam yang diperoleh degan cara membeli dari tempat yang menjual bibit tanaman.

2. Persiapan lahan
Lakukan pembersihan lahan dari tanaman Pengganggu, seperti rumput liar. Lalu tanah digemburkan dengan cara pembajakan dan proses pencangkulan. Setelah itu lakukan pengapuran dengan cara menaburkan kapur Dolomite di atas tanah selama 7 – 14 hari sebelum melakukan penanaman serta proses pengapuran bertujuan untuk menggemburkan tanah, menambah unsur hara dan menghilangkan banyak zat yang berbahaya di dalam tanah. Buat lubang tanam dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm dan jarak antar tanaman 3 x 4 m.

3. Penanaman bibit mengkudu
Setelah bibit berumur tiga bulan bibit bisa dipindahkan ke lahan pertanian. Buka plastik polybag secara teliti jangan sampai melukai akar tanaman. Kurangi daun pada bibit sebanyak 1/3 agar penguapan terkurangi. Bibit ditanam tegak lurus dan ditimbun dengan tanah. Padatkan tanah disekitar bibit dan lakukan penyiraman.

4. Perawatan Tanaman
Untuk pemeliharaan tanaman mengkudu haruslah dilakukan secara bertahap. Lakukan untuk tahap pertaman dengan memastikan tanaman tidak terserang hama dan penyakit. Kemudian lakukan proses Penyiangan yang dilaksanakan secara rutin untuk menghilangkan gulma yang mengganggu tanaman.Dan Lakukan penyulaman pada bibit yang mati setelah tanaman berumur dua minggu. Kemudian lakukan proses Pemupukan dengan memberikan pupuk organik sebanyak 50 kg/batang, dilakukan pada saat tanaman berumur 2 bulan, 6 bulan dan satu tahun.

5. Panen
Pemanenan sebaiknya lebih dipertimbangkan untuk kualitas buah mengkudu yang akan diolah pabrik. Ciri-ciri buah mengkudu yang dapat diproduksi untuk pengobatan dan laku dipasaran yakni, buah mengkudu harus memiliki warna putih merata dan berbentuk sempurna (kondisi buah utuh dan tidak berlubang serta tidak pecah) dan buah masih keras sekali dengan ukuran panjang minimal 6 cm.

Pemanenan buah mengkudu dapat dilakukan setelah tanaman berumur satu atau dua tahun dengan catatan pertumbuhan tanaman tersebut lancar tanpa gangguan hama atau penyakit lain.

Untuk Info selengkapnya silahkan klik saja DISINI. Update harga polybag silahkan klik DISINI.

Sedangkan Cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami:
SMS/Call/WA: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
Phone/fax: 031-8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

#Dapatkan update info pertanian & perkebunan disini http://bit.ly/2eF5TlK.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com

@ULM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *