Langkah Jitu Budidaya Buah Asam

Please log in or register to like posts.
News

Buah asam merupakan jenis tanaman buah yang memiliki rasa asam, biasa digunakan untuk bumbu dalam beberapa masakan Indonesia sebagai penyedap atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Daging buah asam sangat populer, dan digunakan dalam berbagai bahan makanan atau bumbu di berbagai belahan dunia.

Asam juga biasa digunakan untuk campuran jamu tradisional yaitu jamu gendong. Asam jawa dihasilkan oleh pohon Tamarindus indica dan termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Selain itu buah asam ini memiliki aneka manfaat antara lain seperti :

• Mengobati asma
Untuk mengobati asma, caranya cukup mudah. Siapkan 2 potong kulit pohon asam jawa dan adas pulowaras secukupnya. Rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

• Mengobati rematik
Rematik atau pegal linu biasanya menyerang daerah pinngang. Sering dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut atau para pekerja keras. Untuk mengatasi penyakit ini, sediakan 1 genggam daun dan 2-3 biji asam jawa. Kedua bahan tersebut dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian pinggang yang sakit sambil diijit-pijit.

• Obat sakit perut
Sakit disebabkan oleh beberapa hal. Bisa disentri, makan makanan terlalu pedas atau asam dan lain sebagainya. Untuk mengatasi penyakit ini anda dapat membuat ramuan sendiri dari buah asam dengan cara ambil 3 buah polong asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Asam jawa dan kapur sirih ditumbuk hingga halus, lalu ditambahkan minyak kayu putih dan aduk hingga rata. Ramuan tersebut dibalurkan pada perut yang sakit.

• Mencerahkan kulit
Asam jawa juga dapat digunakan untuk perawatan kulit agar terlihat lebih cerah. Dengan cara halusandaging buah asam jawa bersama air hangat. Tambahkan sedikit bubuk kunyit lalu aduk hingga membentuk adonan seperti lulur. Gunakan ramuan tersebut sebagai lulur, diamkan selama 15 menit agar nutrisi meresap. Kemudian bilas dengan air bersih.

• Mengobati sakit panas
Anak-anak biasanya sangat rawan terkena sakit panas. Untuk itu anda tak perlu khawatir lagi jika hal itu terjadi, karena anda dapat mengatasinya dengan ramuan buah asam, dengan menyiapkan 2 polong asam jawa dan garam secukupnya kemudian seduh kedua bahan tersebut dengan segelas air panas, lalu saring. Airnya seduhan ini dapat diminum selagi masih hangat. Namun untuk wanita yang sedang hamil dilarang minum ramuan ini!.

Apabila anda ingin menikmati manfaat buah asam kapanpun, anda dapat budidaya tanaman asam sendiri dengan mengikut langkah dibawah ini :

  • Syarat Tumbuh

Asam tumbuh baik pada variasi kondisi tanah dan iklim yang luas. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah berpasir atau tanah liat, dari dataran rendah sampai dataran tinggi menengah sampai 1000 m dpl, sekali-kali 1500 m di atas permukaan laut, Di mana hujan tersebar merata atau panjang musim kering dan sangat kentara.

Sebuah sistem akar yang sangat luas memainkan peran positif terhadap kekebalan, kekeringan dan angin kencang. Pada daerah tropis, apabila basah curah hujan lebih dari 4000 mm maka akan membuat pohon asam tidak akan berbunga, karna kondisi basah hanya dibutuhkan dalam tahap akhir perkembangannya. Pohon yang masih muda akan mad oleh embun beku yang ringan saja, tapi ketika dewasa ternyata lebih tahan terhadap dingin daripada pohon mangga, alpukat, dan jeruk nipis.

  • Pedoman Budidaya

Asam dapat diperbanyak melalui benih, pencangkokan, penyambungan, dan penempelan. Pada anakkan tanaman buah asam yang sudah berumur satu tahun atau sudah cukup besar untuk dapat ditanam di lapangan, namun aan mungkin sifatnya berbeda dengan induknya. Pohon induk yang baik biasanya diperbanyak secara vegetatif.

Penempelan perisai (shield budding) atau penempelan tambalan (patch budding) serta sambung-celah (cleft grafting) merupakan proses yang cepat dan dipercaya dalam pohon hasil perbanyakan secara penempelan atau penyambungan ditanam di kebun dengan jarak tanam 8-10 m pada awal musim hujan.

  • Pemeliharaan

Perawatan pada pohon asam umumnya sedikit, Namun pada perkebunan buah asam di wilayah Delta Tengah, Thailand, dilakukan pemeliharaan secara intensif. Cara pemeliharaan ini di karena mungkin pohon hasil sambungan sudah dapat berbuah pada umur 3-4 tahun.

  • Hama dan Penyakit

Pohon asam merupakan biang dari berbagai hama, seperti shot-hole borers (penggerek), toy beetles (serangga), ulat pemakan daun, bagworms (cacing), kutu bubuk, dan kutu perisai. Pada beberapa musim, hama penggerek buah akan bergerombol pada poho asam yang akan menyebabkan kerusakan serius pada buah yang sedang dalam proses pematangan, dan hal ini juga akan menyebabkan berkurangnya hasil yang di dapat ketika dipasarkan.

  • Panen

Pohon Asam yang baik dapat menghasilkan buah asam sekitar 170 kg/tahun. Pemanenan buah asam dapat dilakukan dengan cara memotong/menjepit sebagian tangkai asam untuk menghindari kerusakan pada polong asam.

Demikian artikel tentang “ Langkah Jitu Budidaya Buah Asam ” semoga bisa menambah wawasan anda dan selamat mencoba :)…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *