Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis Dan Manfaat Karung Beras

Please log in or register to like posts.
News

Pengertian Karung beras
Apa itu karung beras ?. Karung beras pada dasarnya bisa dikatakan sebagai tempat/wadah untuk menyimpan suatu barang/produk. Di dalam memproduksi suatu produk, kemasan menjadi bagian terpenting dari suatu produk yang akan dipasarkan atau dijual nantinya. Penggunaan kemasan juga mampu menjadi nilai tambah terhadap produk yang akan di pasarkan agar terlihat lebih menarik di mata konsumen.

Fungsi/Kegunaan Karung Beras
Fungsi dari karung beras yaitu wadah/tempat untuk menampung hasil panen para petani, seperti beras, umbi-umbian, bahkan karung beras pun dapat digunakan sebagai wadah sayuran juga. Tetapi sayangnya, karung beras tidak bisa digunakan dalam permainan balap karung, karena karung ini tidak terlalu kuat. Beda halnya bila di banding dengan karung goni. Sebab karung goni mempunyai daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan karung beras.

Jenis -Jenis Karung Beras

1. Karung Beras Polos
Karung polos yaitu jenis karung yang tebal, tidak ada cap atau print pada karung tersebut. dengan ada list di samping kanan dan kiri ada list kuning/orange dan list biru.

2. Karung Plastik (karung plastik cuma untuk beras 5kg)
Karung beras yang satu ini terbuat berbahan plastik yang tahan lama dan mutunya yang sangat bagus.

3. Karung Transparan
Karung beras jenis ini lebih transparan dibandingkan dengan jenis karung yang polos. terdapat list merah, dan hijau.

4. Karung Laminasi
Karung beras ini jenis karung berbahan plastik dan warnanya full colour. Ada merk dari kami seperti Bunga, Pak Tani, Putri Agri, Leopard, Lele Super, Bianglala, Cendrawasih, Kepala singa, Aprikot. Dengan desain sendiri memakai coreldraw, estimasi kurang lebih 2 bulan .

5. Karung Laminating Spesial (Metalizing)

Baca Juga :
Beginilah Proses Pembuatan Plastik UV GreenHouse
Petani Kentang Wajib Menggunakan Mulsa Plastik, Mengapa?
Beginilah Cara Membuat Greenhouse Sederhana dari Insect-net dan Plastik UV
Ingin Sayuran Produksi Anda Tetap Segar & Berkualitas? Inilah Solusinya!!

Ciri – Ciri Yang Harus Dimiliki Oleh Karung ebagai pengemas beras yang dapat berpengaruh terhadap daya beli konsumen:

1. Kualitas bahan yang digunakan haruslah kuat, tidak tipis, tidak mudah sobek maupun tidak mudah bocor dan mampu menahan beban berat beras itu sendiri. Tidak hanya itu, bahan yang dipakai mestilah bersifat netral, dan tidak boleh bereaksi dengan beras juga aman digunakan.

2. Hal yang pertama kali dilihat dari seorang pembeli atau konsumen terhadap suatu produk baru adalah kemasannya. Corak kemasan yang mempesona cenderung menjadi pertimbangan para konsumen dalam memilih produk, sehingga bila anda menginginkan produk anda diminati banyak orang, buatlah desain kemasan yang unik, menarik dan eksklusif, sehingga orang dapat percaya pada brand anda.

3. Setelah melihat desain kemasan, biasanya orang akan cenderung membaca tulisan pada kemasan tersebut. Penulisan yang anda pakai hendaknya yang singkat, jelas dan padat supaya bisa menggambarkan keseluruhan produk dengan singkat.

4. Pilihlah warna yang mudah di ingat orang dan eye catching atau minimal membuat mata orang sejuk dipandang sehingga orang akan ingat kepada produk anda, ketika orang tersebut lupa dengan nama beras produksi anda.

5. Tidak lupa masukkan kode produksi, izin produksi dan kelengkapan administrasi lainnya, agar orang percaya pada legalitas produk anda.

Manfaat Karung Beras
1. Karung biasanya digunakan untuk melindungi produk dari sinar panas, kelembaban udara, benturan, serta kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan kualitas dari produk tersebut.
2. Karung pun sering dipakai untuk tempat/wadah selama proses distribusi dari produsen ke konsumen agar tidak rusak ataupun tercecer.
3. Selain sebagai wadah untuk menyimpan hasil produksi, karung juga dapat menjadi label atau merk dari produk tersebut dengan mencantumkan nama merk sehingga dapat dibedakan dengan produk-produk lainnya.
4. Pemakaian karung untuk kemasan pun bisa menjadi sarana informasi dan iklan. Semakin banyak produk yang dipasarkan, ditambah dengan penampilan kemasan yang unik mampu menarik konsumen untuk mencoba produk tersebut. Tentu saja hal ini juga harus diimbangi dengan kualitas dan kuantitas yang baik pula dari produk yang dipasarkan tersebut.

Adapun manfaat karung sebagai kemasan yang multi fungsi, antara lain:
1. Tidak sering pula karung dipakai melindungi produk dari sinar panas, kelembaban udara, benturan, serta kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan kualitas dari produk tersebut.
2. Karung juga dapat digunakan sebagai tempat atau wadah selama proses distribusi dari produsen ke konsumen agar tidak rusak ataupun tercecer.
3. Tidak hanya berfungsi sebagai wadah penampungan untuk menyimpan hasil produksi, karung pun bisa menjadi label atau merk dari produk tersebut dengan mencantumkan nama merk sehingga dapat dibedakan dengan produk-produk lainnya.
4. Pemakaian karung untuk bungkusan pun bisa menjadi sarana informasi dan iklan. Semakin banyak produk yang dipasarkan, ditambah dengan penampilan kemasan yang unik mampu menarik konsumen untuk mencoba produk tersebut. Pastinya hal inilah yang harus diimbangi dengan kualitas dan kuantitas yang baik juga dari produk yang dipasarkan tersebut.

Info Selngkapnya Tentang Produk Klik DISINI
Bila Anda tertarik, Untuk info harga karung beras silahkan hubungi kami :
• SMS/Call : 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | 0852.3392.5564
• Phone : 031-8830487
• E-mail : limcorporation2009@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *