Inilah Keunggulan dan Fungsi Dari Polybag Untuk Tanaman

Please log in or register to like posts.
News

Polybag digunakan untuk pengganti pot yang berfungsi sebagai wadah media tanaman. Polybag banyak dipilih dibandingkan pot karena harganya yang relatif lebih murah, namun tak mengurangi fungsi atau kegunaan dari pot itu sendiri.

Penggunaan polybag juga dapat menghemat kebutuhan lahan. Tak perlu lahan yang luas, namun pekarangan rumah, teras rumah, pagar, bahkan pinggiran kolam pun dapat kita gunakan untuk tempat polybag. Hal ini karena media tanam berupa tanah ditempatkan di dalam wadah polybag sehingga kita mudah memindah atau menempatkan polybag di manapun tempat yang kita inginkan.

Setiap tanaman hortikultura berumur pendek dapat ditanam menggunakan polybag. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dan mengurangi ongkos perawatan, karna gulma akan lebih terkontrol dan juga. Dengan polybag, pemupukan akan lebih terfokus pada tanaman karena biasanya dalam satu polybag ditanami satu tanaman. Dengan demikian bertanam menggunakan polybag adalah alternatif solutif agribisnis buah atau sayuran.

Inilah beberapa keunggulan dari penggunaan polybag sebagai wadah tanam seperti:
1. Harga lebih murah dibandingkan pot
2. Tahan lama karena terbuat dari plastik polyethilen, tebal dan kuat
3. Bentuk seragam karena kesalahan ukuran dan bentuk hasil cetak sangat minim
4. Tahan karat
5. Ringan
6. Tidak cepat kotor
7. Mudah dibersihkan
8. Variasi ukuran banyak pilihan
9. Mudah dipindahkan
10. Mudah dalam perwatan
11. Mudah diperoleh.

Polybag juga dapat membantu drainase. Pada saat penyiraman atau terkena air hujan pada polybag, air tidak akan menggenang dipermukaan tanah melainkan langsung terserap tanah dan air berlebih akan langsung keluar lewat lubang-lubang kecil di bawah polybag. Aerasi juga baik, sebagaimana kita ketahui akar tanaman sangat membutuhkan oksigen untuk bernafas begitu juga dengan organisme tanah, lubang aerasi dapat mensirkulasikan udara bebas dari lingkungan ke sistem perakaran dan tanah sehingga tanah menjadi subur dan akar mendapat cukup oksigen. Anti erosi berubahnya struktur tanah, karena tanah ditampung di dalam wadah sehingga tidak terjadi erosi, kesuburan dan struktur tanah tetap terjaga, berbeda dengan di lahan terbuka yang kemungkinan erosinya tinggi.

Polybag terdiri dari berbagai macam jenis ukuran serta pilihan warna, putih transparan dan hitam. Untuk ukuran polybag terdapat ukuran kecil (untuk pembibitan) dan ukuran besar yang biasanya digunakan untuk menanam tanaman yang hampir berbuah. Untuk ukuran polybag anda dapat memilih sesuai dengan jenis tanaman dan tahapannya. Untuk suatu tanaman cukup menggukan polybag ukuran sedang sebagai media tanam tetapi jenis tanaman lain membutuhkan polybag ukuran besar sebagai media tanam. Hal tersebut ditentukan dengan jenis tanamannya.
Penentuan ukuran polybag dapat memperhatikan beberapa hal, mulai dari bentuk akar tanaman, perkembangan tanaman (apakah sampai besar atau tidak), atau ketersediaan lahan untuk bercocok tanam. Berikut akan kami sampaikan mengenai ukuran-ukuran polybag dan pemanfaatan dari setiap ukuran tersebut.

1. Polybag ukuran 8 X 9 cm. Ukuran polybag ini biasanya digunakan untuk menyemai biji sayuran. Seperti digunakan untuk menyemai biji cabai, bayam, terong, paprika dan sebagainya. Fungsi utama dari polybag ini ialah untuk menyemai biji sebelum dipindahkan ke lahan permanen. Hal ini bertujuan agar sebelum tanaman dipindah ke lahan permanen sudah dapat beradaptasi dengan baik.

2. Polybag ukuan 10 X 15 cm. Ukuran polybag ini merupakan ukuran yang baik untuk pembibitan tanaman seperti sengon. Seperti yang kita ketahui, sengon adalah salah satu tanaman primadona untuk ditanam di perkebunan milik warga

3. Polybag ukuran 12 X 17 cm. Bibit sawit kecil yang memiliki tiga sampai empat helai sangat cocok menggunakan polybag ukuran ini. Namun setelah 3,5 bulan pindahkan bibit ke polybag dengan ukuran yang lebih besar.

4. Polybag Ukuran 17,5 X 40 cm. Apabila anda memiliki hobi menanam sayuran di halaman rumah maka dapat menggunakan polybag ukuran ini, karena ukuran polybag ini yang paling tepat. Pertumbuhan akar akan maksimals sehingga tanaman akan mendapatkan makanan dengan cukup. Selain tersebut tanaman akan tetap tumbuh dan berbuah sebagaimana sayuran yang ditanam di media tanam berupa tanah.

5. Polybag ukuran 40 X 50 cm. Untuk anda yang berkeinginan untuk melakukan budidaya jahe di lahan yang tidak terlalu luas, disarankan menggunakan ukuran polybag 40 X 50 cm. Menggunakan polybag sebagai tempat wadah budidaya jahe akan memberikan keuntungan yang berlipat. Untuk pemeliharaannya pun tidak terlalu sulit, anda cukup melakukan penyiraman, penyiangan, penggemburan media tanam, pengendalian hama dan penyakit, serta pemupukan secara teratur.

Penentuan kualitas polybag juga perlu diperhatikan. Polybag dikelompokkan menjadi 3 bagian kualitas yakni:
1.Polybag original atau asli yang mampu bertahan sampai 24 bulan pemakaian (bisa lebih lama).
2.Polybag kw super yang mampu bertahan sampai 12 bulan pemakaian (bisa lebih lama).
3.Polybag kw biasa yang mampu bertahan sampai 6 bulan pemakaian (bisa lebih lama).

Pilihlah kualitas di atas disesuaikan dengan masa penanaman. Seperti tanaman sayuran biasanya menggunakan polybag kw biasa, pembibitan tanaman keras tahap awal menggunakan polybag kw biasa, dan pembibitan tanaman keras tahap lanjutan menggunakan polybag kw super dan polybag original.

Apabila anda berkeinginan untuk budidaya tanaman menggunakan polybag sebaiknya gunakan polybag dengan ukuran yang besar, sehingga tanaman dapat memproduksi makanan sesuai dengan kebutuhannya. Namun apabila anda berminat untuk pembibitan, gunakan ploybag dengan ukuran yang lebih kecil. Selain ukuran polybag anda juga harus memperhatikan jenis bahan pembuatan polybag. Penggunaan polybag untuk media tanam akan meberikan anda banyak keuntungan.

Kami melayani pemesanan polybag untuk warna hitam ataupun warna putih, polybag transparan, serta polybag warna lainnya. Hubungi kami :
• SMS/Call: 08123-258-4950 | 0877-0282-1277 | 0852-3392-5564
• Phone/fax: 031-8830487
• Email: admin@limcorporation1.com
• Kantor buka Senin – Sabtu pukul : 08.15 – 16.00 WIB, untuk hari Minggu dan hari besar kantor tutup.

# Kunjungi juga blog kami tentang produk pertanian lainnya, di www.agrobis99.com
# Untuk mengetahui info harga terupdate silahkan klik DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *