Langkah Jitu Budidaya Pohon Kesemek Yang Mempunyai Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Please log in or register to like posts.
News

Kesemek atau yang memiliki nama lain Diospyros kaki merupakan jenis buah dari marga Diospyros yang berasal dari Tiongkok. Pohon buah kesemek memiliki tinggi dengan ukuran sekitar 15 meter dengan banyak cabang. Dau pohon kesemek memiliki bentuk bulat, bulat telur hingga jorong dengan warna hijau kuning mengkilap. Buahnya buni dengan bentuk bulat gepeng atau segi empat, memilki warna buah yang hijau kekuningan hingga merah dengan diameter berukuran sekitar 2-8 cm. Buah kesemek sering disebut buah genit karena pada bagian kulit luar kesemek terdapat bubuk seperti bedak. Sepintas kesemek mirip dengan buah apel, apabila sudah matang warna kulitnya kekuningan. Buah kesemek memiliki rasanya manis dengan tekstur daging renyah seperti papaya mengkal dan akan berangsur lunak seiring dengan matangnya buah. Selain dimakan sebagai buah meja, kesemek cukup potensial sebagai bahan baku manisan atau selai.

Buah kesemek muda mengandung zat tanin yang bernama tanin-kaki yang menimbulkan rasa sepat pada buah kesemek, namun rasa sempat ini akan berkurang mengikuti kematangan buah, Zat tanin-kaki kerap dimanfaatkan untuk mengawetkan kerajinan tangan, untuk membantu produksi arak beras jepang serta dapat digunakan untuk bahan pengobatan penyakit. Biasanya untuk menghilangkan rasa sepat buah kesemek diolesi air kapur kemudian di peram. Selain itu buah kesemek memiliki manfaat lain seperti :
– Mampu membatu menurunkan berat badan & menjaga tubuh agar tetap langsing
– Menghambat proses penuaan dini
– Menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal
– Digunakan sebagai obat Asma dan batuk berdahak
– Menyehatkan paru-paru
– Mencegah kanker
– Digunakan sebagai obat Diare dan disentri
– Memelihara kelenturan pembuluh darah dan menstabilkan tekanan darah
– Digunakan sebagai obat Hipertensi
– Digunakan sebagai obat sakit perut

  • Berikut adalah resep obat herbal dari buah kesemek :

1. Penyakit Hipertensi : Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari.
2. Penyakit Asma dan batuk berdahak : Ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah itu, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.
3. Sakit perut : Kupas satu buah kesemek yang segar, lalu makanlah. Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas di perut.
4. Diare dan disentri : Siapkan dua potong buah kesemek yang sudah dikeringkan. Kemudian rebus buah tersebut dengan mencampuran beras ketan dan irisan jeruk sebanyak dua potong sampai menjadi bubur. Lalu aduk hingga rata, jika sudah angkat dan hidangkan 2-3 kali sehari.

Untuk anda yang ingin merasakan manfaat dari buah kesemek, anda dapat menanam tanaman buah kesemek sendiri dengan langkah sebagai berikut :

  • Menyiapkan bibit Kesemek

Budidaya buah kesemek dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pemisahan akar yang bertunas, menggunakan biji, dan dengan sistem sambung batang/okulasi. Budidaya dengan cara biji dan tunas akar biasanya akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat berbuah, sekitar 7-10 tahun pohon kesemek baru akan berbuah. Disaat pembudidayaan buah kesemek supaya cepat berbuah dapat dilakukan dengan okulasi, yakni dengan cara menempelkan cabang kesemek yang sudah berbuah ke batang bawah hasil dari biji. Selain okulasi cara yang paling banyak digunakan adalah dengan sistem cangkok. Jika anda tidak ingin repot anda dapat membeli bibit di kios-kios penjual bibit tanaman, ciri bibit kesemek hasil okulasi adalah adanya bekas sayatan di pangkal cabangnya atau berbentuk huruf V.
Bibit hasil pembelian sebaiknya jangan ditanam langsung, biarkan bibit 1-2 minggu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

  • Membuat Lubang tanam

Buatlah lubang tanam dengan luas 50 x 50 cm dan juga memiliki kedalaman 50 cm, setelah itu lakukan pengisian lubang dengan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi. Sebelum ditanami, biarkan lubang tanam selama 2-3 minggu. Jika anda ingin menanam dalam julah banyak, buatlah lubang yang sama dengan jarak antar lubang adalah 6m x 6m untuk mendapatkan jarak tanam yang memberikan ruang untuk pohon kesemek tumbuh.

  • Menanam Bibit Kesemek

Bibit yang sudah disiapkan dapat segera ditanam ke lubang, dengan melepaskan polybag yang digunakan untuk pembibitan, lakukan dengan hati hati jangan sampai tanah pembibitan hancur. Tutup lubang menggunakan Tanah sisa galian yang ada disekitar lubang, dan lakukan penyiraman setelah penanaman selesai dilakukan. Penanaman yang baik, sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan agar anda tidak perlu untuk melakukan penyiraman.

  • Merawat Pohon Kesemek

Perawatan harus dilakukan seperti melakukan penyiangan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman, melakukan pemupukan tambahan menggunakan pupuk kandang setelah tanaman berumur 2-3 bulan dari penanaman, dan penyemprotan hama jika ada.
Supaya pohon kesemek cepat menghasilkan buah, maka yang harus anda lakukan ialah proses pemangkasan terhadap cabang-cabang yang tumbuh secara tidak beraturan.

  • Memanen Buah Kesemek

Buah kesemek yang sudah matang akan memiliki ciri kulit berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Proses pemanenan buah kesemek dapat dilakukan dengan cara memotong sebagaian tangkai buah menggunakan pisau atau gunting.
Itulah beberapa langkah budidaya buah kesemek yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain enak untuk dikonsumsi, buah kesemek juga memiliki nilai ekonomis.Harga kesemek di Indonesia terbilang murah, namun di Negara Tiongkok dan Jepang buah kesemek memiliki harga yang tinggi.

Demikian artikel tentang “ Langkah Jitu Budidaya Pohon Kesemek Yang Mempunyai Banyak Manfaat Bagi Tubuh ” semoga bisa menambah wawasan anda dan selamat mencoba :)…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *