Cara Ampuh Membuat Pohon Karet Mengeluarkan Getah Banyak

Please log in or register to like posts.
News

Karet atau yang memiliki nama latin Hevea brasiliensis ialah tanaman penghasil getah lateks secara alami. Tanaman karet termasuk anggota dari famili Euphorbiaceae di genus Hevea. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 15-25 meter dan berbatang cukup besar. Pohonnya tumbuh lurus serta mempunyai percabangan yang tinggi di atas.

Daun karet terdiri atas tangkai daun utama dan tangkai anak daun. Ukuran panjang tangkai daun utamanya sekitar 3-20 cm dengan tangkai anak daun sekitar 3-10 cm. Bentuk dari anak daun karet tersebut ialah eliptis, panjang dengan ujung yang meruncing, serta tepinya rata dan gundul. Sedangkan biji karet memiliki ukuran besar, kulit yang keras, dan berwarna cokelat kehitaman. Pohon karet mempunyai sistem perakaran yang berjenis tunggang.

Tingkat produktivitas pohon karet dipengaruhi oleh jarak tanaman, kerapatan tanaman, dan faktor-faktor lainnya. Pohon karet memiliki tingkat kerapatan/kepadatan yang ideal berpusar antara 400-500 pohon/hektar.  Akibat yang ditimbulkan jika jarak dan kerapatan tanaman tidak sesuai antara lain kerusakan mahkota tajuk oleh angin, lebih mudah terkena penyakit, pertumbuhan tanaman lebih lambat, batang tanaman berukuran kerdil, dan hasil getahnya kurang maksimal.

Penyadapan/penggoresan getah merupakan langkah yang terpenting dalam budidaya tanaman karet. Karna proses ini dilakukan dengan membuka pembuluh getah pada kulit pohon sehingga getahnya cepat mengalir keluar. Kecepatan aliran getah dipengaruhi oleh kandungan cairan getah yang tersimpan di dalam kulit. Pohon karet dapat disadap untuk kali pertama ketika tingginya sudah mencapai 260 cm.

Baca Juga : 
[Wajib Coba] Inilah Cara Efektif Mengatasi Hama Wereng Padi 
Langkah Jitu Budidaya Ikan Kakap Merah & Putih 
Cara Menanam Dan Budidaya Lengkuas Menggunakan Polybag
Daftar Varietas Padi Paling Unggul 
Cara Menanam Lidah Buaya Di Dalam Polybag 

  • Pemupukan yang Sesuai

Proses pemupukan lahan harus dilakukan sesuai dengan anjuran dari dinas perkebunan setempat. Kenapa? Karena masing-masing daerah mempunyai kondisi alam yang berbeda-beda. Ada daerah yang kekurangan kandungan natrium, tetapi ada pula daerah yang kekurangan unsur phosphor. Pelaksanaan pemupukan sangat penting sehingga pohon karet dapat tumbuh subur dan mempunyai batang yang kuat. Hal ini juga berpengaruh besar terhadap jumlah getah yang mampu dihasilkannya.

  • Pemakaian Perangsang Getah

Kami merekomendasikan penggunaan perangsang alami daripada perangsang kimia, khususnya bagi Anda yang masih pemula dalam membudidayakan pohon karet. Sah-sah saja bila Anda berminat mencoba pemakaian obat perangsang getah karet buatan yang bagus. Bawang merah merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk merangsang peningkatan jumlah getah yang dihasilkan oleh tanaman karet. Bawang merah dapat digunakan sebagai stimulator untuk meningkatkan produktivitas getah karet. Caranya adalah gunakan ekstrak bawang merah yang telah diolah sedemikian rupa untuk melumuri batang karet yang akan disadap. Kami akan membahas proses pembuatan ekstrak bawang merah ini pada artikel selanjutnya.

  • Penyadapan yang Tepat

Teknik yang dilakukan untuk menyadap/menggores getah dari pohon karet mempengaruhi secara langsung kondisi pembuluh getah pada tanaman tersebut. Bahkan kesalahan dalam menyadap/menggores dapat mengakibatkan pohon berhenti memproduksi getah. Untuk itu disarankan saat melakukan proses penyadapan/penggoresan dilakukan pada waktu sekitar pukul 4-9 pagi. Semakin pagi proses penyadapan/penggoresan dilakukan maka akan menghasilkan getah yang semakin banyak, hal ini terjadi karna tekanan turgor di dalam pohon karet di kala pagi hari masih tinggi. Tekanan turgor yang tinggi ini akan memicu keluarnya getah pohon karet dalam jumlah yang melimpah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *