Langkah Jitu Budidaya Tanaman Buah Delima Agar Berbuah Lebat

Please log in or register to like posts.
News

Pohon delima memiliki nama latin yaitu Punica granatum L. merupakan tanaman hias yang banyak tumbuh dan dipelihara di halaman rumah penduduk di Indonesia dengan panjang tanaman ini sekita 5 – 8 meter. Selain tanaman buah delima dijadikan tanaman hias, pohon delima juga memiliki buah yang enak saat dikonsumsi, kulit buah delima dapat digunakan sebagai obat menghentikan diare atau obstipansia, sedangkan akarnya dapat digunakan sebagai obat tradisonal untuk mengobati penyakit cacingan terutama pada anak-anak. Tidak hanya itu saja, buah delima juga masih memiliki manfaat lainnya, seperti : untu mencegah dan mengobati kanker, menurunkan kolestrol buk, melindungi ota bayi, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit Alzheimer, kaya antioksida, dan lainya. Untuk anda yang ingin merasakan manfaat buah delima, anda bisa menanamnya sendiri di halaman rumah, tidak ulit untuk membudidayakan tanaman ini hanya saja iuti lagkah yag tepat dalam budidaya. seperti dibawah ini :

• Syarat Tumbuh
Delima merupakan tanaman jenis subtropik yang dapat bertahan hidup pada suhu di musim dingin sekitar -10° C. Buah berkualitas paling baik dihasilkan dari daerah yang beriklim dingin yang sejuk dan, musim panas yang panas dan kering; )enis ini tidak akan berbuah dengan baik di daerahdaerah yang beriklim sangat lembap. Dalam keadaan lingkungan yang kering diperlukan pengairan pada tanaman buah delima, ini bertujua untuk mempertahankan tingkatan hasil yang tinggi. Pohon delima toleran terhadap tanah yang bagi kebanyakan tanaman buah-buahan lain tidak dapat tumbuh subur, termasuk tanah berkapur dan tanah basa. Pohon delima dapat tumbuh dengan optimal sampai dengan ketinggian 1600 m dpl, di Asi Tenggara. pada berbagai tipe tanah dengan kisaran yang luas; di wilayah yang lebih basah pohon delima akan selalu hijau, pembungaan dan pembuahan menjadi berkepanjangan, dan kualitas buah menjadi lebih rendah.

• Pedoman Budidaya
Pohon delima dapat tumbuhkan dari benih yang bervariasi, perbanyakan tanama buah delima dapat dilaukan dengan cara setek batang berkayu keras atau pencangkokan. Cangkokan dapat dipisahkan setelah 3-4 bulan, jika sudah berakar cukup baik; tanaman cangkokan dapat berbuah Iebih cepat; cangkokan itu seringkali dijual ketika sedang berbunga. Dalam berkebun delima di India, jarak tanam yang dianjurkan ialah 5 m x 2 m sampai 5 m x 5 m. Pucuk-pucuk samping yang lebih bawah dipotong pada saat penanaman dan cabang-cabang lateral lainnya dipangkas untuk membentuk batang tunggal, dan untuk membangkitkan vigor terminal yang cukup anda perlu menekan tumbuhnya anakan. Anakan tersebut akan terlalu muda untuk berbunga dan tumbuh dalam waktu yang panjang, sehingga akan merusak postur pohon. Pada iklim muson saat tanaman delima berbunga tidak usah memberikan pengairan selama sekitar 2 bulan, dan pembungaan akan terjadi satu. bulan setelah pengairan diadakan lagi. Pembajakan atau pemangkasan akar ketika keadaan kering dimulai akan memperkuat efek pembungaan.

• Pemeliharaan
A. Penyiraman
Penyiraman dapat dilakuan 1-2 kali dalam sehari pada waktu pagi dan sore hari, terutama saat tanaman masih muda. Namun tergantung dengan kelembaban tanahnya, apabila ada rumput-rumput yang tumbuh disekitar tanaman buah delima segera dibersihkan degan cara mencabut rumput tersebut karna rumput tersebut dapat menggangu proes pertumbuhan tanaman buah delima.

B. Pemupukan
Tanaman delima dapat diberi pupuk NPK apabila tanaman sudah berumur tiga bulan, tablet pupuk sebanyak 3 butir per pot. Pemberian pupuk tersebut diulangi setiap tiga bulan. Apabila, tanaman sudah berumur lebih dari setahun, berilah 5 butir per pot pupuk NPK tablet. Selain pupuk NPK, tambahkan juga pupuk daun, misalnya POB 2000, Complesal, atau Kemira WS. Pemupukan daun dapat dilakukan setiap 10—15 hari sekali.

C. Mengatasi Hama dan Penyakit Delima Hitam
Hama dan penyakit yang kerap mengganggu tanaman delima adalah Virachola isocrates yaitu ulat penggerek buah yang merupakan ancaman sesugguhnya bagi tanaman delima, dan kupu-kupu. Untuk penyakit busuk buah delima disebabkan oleh adanya jamur Phomopsis yang menjalar ketika iklim basah. Untuk mengatasi hama ini anda dapat menggunakan insektisida hayati ANTILAT 5 hari sekali, dosis 4 tutup btl per 17 ltr air dengan cara disemprotkan. Dan untuk mengatasi penyakit ini segera aplikasikan fungisida hayati NOPATEK dengan menggunakan 5 hari sekali, dengan cara mencampurkan 4 tutup btl dan 17 ltr air lalu semprotkan pada tanaman yag terserang penyakit.

• Pemanenan
Ketika melakukan pemanenan buah delima yang sudah masak maka anda akan menemukan bentuk buah delima yang sudah pecah, karna memang buah delima aan pecah pada saat buah sudah masak, Namun apabila memanen buah yang belum matang akan memiliki kualitas yang rendah. Pemanenan buah delima sebaiknya dilakukan apabila di ujung pangkal buah delima sudah berwarna kuning. Dan pada saat melakukan pemanenan buah delima harus dipotong dengan gunting pangkas karna akan sulit apabila dipetik dengan tangan kosong.

Demikian artikel tentang  “ Langkah Jitu Budidaya Tanaman Buah Delima Agar Berbuah Lebat ” semoga bisa menambah wawasan anda dan selamat mencoba  :)…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *