Cara Tepat Budidaya Tanaman Buah Belimbing Manis didalam Pot (Tabulampot)

Please log in or register to like posts.
News

Belimbing manis merupakan salah satu jenis tanaman buah hortikultura yang menghasilkan buah berbentuk menyerupai bintang. buah yang lebih dikenal dengan sebutan strat fruits di luar negeri sana memang terkenal karena memiliki rasa yang manis dengan kandungan air yang banyak. sangat nikmat sekali jika dikonsumsi dalam bentuk segar. Buah Belimbing manis Mempunyai bentuk yang sangatlah unik yaitu buahnya yang menyerupai bintang, bentuknya lonjong dengan dengan panjang 15 – 20 cm dengan diameter sekitar 10 cm. Buah belimbing manis jika sudah matang akan berwarna kuning agak kemerahan dengan bagian pinggir tetap berwarna hijau.

Tanaman Buah Belimbing manis termasuk salah satu tanaman buah khas tropis. Daunnya beraneka ragam dan mempunyai panjang sekitar 50 cm, bunga pada tumbuhan belimbing memiliki warna merah muda. Buah pada tumbuhan belimbing mengandung banyak air, memiliki warna kehijauan dan ada yang kuning, apabila buah di potong maka akan terlihat penampang melintangnya seperti bentuk bintang. Rasa buahnya yang manis dengan sedikit memiliki asam, biji pada buah berwarna hitam atau coklat. Keunggulan dari tanaman belimbing manis ini adalah pertumbuhan relatif cepat, mudah untuk dipelihara, dan tidak mengenal musim untuk berbuah. Bunganya mulai keluar selepas bibit yang berawal dari perbanyakan vegetatif berusia 3-5 bulan. Biasanya, buah belimbing dapat dipanen 115 hari setelah bunga keluar, atau 75 hari setelah bunga mekar. Pembentukan buah membutuhkan waktu sekita 30-40 hari.

Belimbing Madu Tabulampot
Dilihat dari segi perawatannya pun cukup mudah. Tanaman buah belimbing manis dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah dengan ketinggian maksimal 500 m diatas permukaan air laut. Belimbing manis menggemari tempat terbuka dan memperoleh asupan sinar matahari yang memadai, tetapi masih toleran terhadap naungan dengan intensitas penyinaran 45 – 50 %. Untuk pertumbuhan optimal dibutuhkan keadaan angin yang tidak terlalu kencang karena dapat menyebabakan gugurnya bunga dan bunga. Pada saat keadaan normal pohon belimbing bisa menjangkau ketinggian sampai 5 meter dan dapat diperpendek dengan melakukan pemangkasan. Pembudidayaan tanaman buah belimbing di lahan atau pekarangan dapat mulai produkstif pada umur 2-5 tahunan, sedangkan pada pembudidayaan di dalam pot, tanaman ini dapat mulai berbunga dan berbuah pada umur 6-8 bulan. Tidak heran jika belimbing manis cocok di tanaman di lahan pekarangan atau tabulampot.

Melihat buah belimbing dalam jumlah banyak yang bergelantungan di pekarangan rumah anda, sungguh menjadi daya tarik tersendiri. Bagi anda yang ingin mengoleksi tanaman buah tetapi tidak memiliki lahan tanam, jangan khawatir, Tabulampot belimbing manis dapat enjadi solusinya. Menanam tabulampot belimbing manis ternyata tidak sulit. Tabulampot belimbing manis bahkan mampu berbuah lebat terus-menerus sepanjang tahun.

Berikut ini 3 Tips Sukses Budidaya Tanaman Buah Budidaya Belimbing Tabulampot Agar Cepat Berbuah nan lebat Sepanjang Tahun

Baca Juga :
Beginilah Cara Budidaya Tanaman Buah Naga
5 Tahapan Penting Dalam Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal
Cara Menanam Bunga Melati Dalam Pot
Manfaat Plastik UV Untuk Pengeringan Hasil Pertanian dan Industri UKM

Pemilihan Bibit
Dalam membudidayakan belimbing manis di dalam pot sebaiknya memilih bibit belimbing manis yang unggul dan berkualitas agar buah yang dihasilkan berkualitas pula. Pilihlah bibit belimbing yang berasal dasri hasil cangkok atau okulasi yang telah berumur sekitar 1 tahun dengan kondisi bibit baik yaitu daunnya segar dan tidak layu serta terbebas dari hama dan penyakit. Baca juga : Bibit Buah Belimbing Madu Unggul

Pemilihan Media Tanam
Media tanam yang dipakai dalam belimbing tabulampot sebaiknya ringan, dapat menyimpan air, Porous, gembur, dan bebas dari bibit hama penyakit. Adapun komposisi media tanam yang biasa dipakai pada tanaman buah belimbing antara lain : antara lain : Tanah : Pupuk Kandang : sekam = 2 :1:1

Tahap Pemeliharaan
Kunci kesuksesan Membuahkan belimbing terletak pada cara perawatannya. Jika tidak dirawat dengan benar, tanaman ini akan meran dan kerdil. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pemeliharaan taaman buah mbelimbing adalah penyiraman, pemupukan, pemangkasan, dan pembungkusan buah.

Penyiraman
Melakukan penanaman bibit belimbing dengan memperhatikan pasokan air sehingga penyiraman mutlak dilakukan. Namun tanaman belimbing tidak menyukai air tergenang. Penyiranamn sebaiknya dilakukan kontinu setiap hari sekali atau tergantung keadaan cuaca. Penyiraman dikurangi ketika sebagian besar buah hampir matang.

Pemupukan
Pada Umur Satu bulan setelah tanam : Berikan pupuk NPK mutiara dengan komposisi 25:7:7 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Ada juga cara pemakaiannya dengan meyiramkan pupuk yang telah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.

Pada Umur 3 Bulan : Berikan pupuk mutiara dengan komposisi 16:16:16 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Ada juga cara pemakaiannya dengan cara meyiramkan pupuk yang telah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.

Adapun Pemberian Pupuk kandang dapat dilakukan setiap enamn bulan sekali. Penggunaannya untuk penanaman pada pot sebanyak lima kilogram per pot, sedangkan penanaman di lahan sebanyak 15 kg per pohon.

Pemangkasan
Pempangkasan dilakukan untuk membentuk tajuk tanaman agar tidak saling beradu dengan tajuk tanaman lain. Hal ini juga mendorong produksi buah dan memudahkan pemanenan dari tanaman yang tidak terlalu tinggi.

Penjarangan Buah
Penjarangan Buah dilakukan untuk memberikan kesempatan buah yang terpilih tumbuh dengan maksimal karena persaingan nutrisi dan unsur haranya berkurang. Sebaiknya dalam satu pohon dipilih 500 buah saja. Penjarangan dilakukan bersamaan dengan pembungkusan buah.

Supaya dapat berbuah secara bersamaan. Keringkan terlebih dahulu media tanam selam 5 – 7 hari, setelah itu siram. Setelah dipanen pangkas pucuk ranting yang patah dan mati. Batang pohon disemprot denga perangsang buah. Batang pohon dibersihkan dari ranting yang tidak produktif. Buah yang menempel dibatang akan terhalang oleh ranting tersebut dari penyinaran matahari. Padahal, buah membutuhkan minimal 7 jam terkena sinar matahari agar tumbuh maksimal.

Demikianlah informasi tentang  Panduan Sukses Budidaya Tanaman Buah Belimbing di dalam Tabulampot Agar Cepat Berbuah Sepanjang Tahun. Semoga informasi tersebut mampu menjadi landasan anda yang hendak budidaya tanaman belimbing tabulampot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *