Peluang Usaha Menjanjikan Dengan Budidaya Ikan Arwana

Please log in or register to like posts.
News

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips usaha yang sekiranya perlu Anda coba. Mengapa demikian? Karena saya rasa peluang usaha ikan arwana ini memiliki prospek yang sangat bagus. Hal ini terjadi karena ikan Arwana ini memiliki peminat yang mayoritas adalah orang-orang yang ekonominya tercukupi (atau bisa disebut orang-orang kaya).

Ikan arwana ini, tergolong ikan hias yang termasuk dalam kategori binatang peliharaan yang mewah dan mayoritas hanya orang-orang kaya saja yang menjadi peminat dari ikan yang identik dengan tubuh yang panjang ini. Hal ini terbukti dengan harga mulai ratusan ribu hingga puluhan juta, ikan ini tergolong ikan yang mampu memikat peminatnya meskipun harga yang menurut saya termasuk harga yang fantastis, namun untuk para pecintanya yang mayoritas orang-orang kaya, itu bukanlah sebuah masalah untuk bisa mendapatkannya sebagai hiasan di rumah.

Jadi, Anda bisa mengambil kesempatan tersebut untuk membudidayakan ikan arwana sebagai usaha sampingan di rumah (atau bahkan menjadi mata pencaharian utama Anda). Selain waktu yang dibutuhkan tidak terlalu banyak untuk mengelola bisnis ini, tempatnya juga tidak harus luas, karena budidaya ikan arwana bisa juga dijalankan dengan media aquarium.

Bagaimana, apakah Anda berminat untuk menjalankan usaha ini? jika iya, langsung saja simak Cara Budidaya Ikan Arwana berikut ini :

Menyiapkan Media Budidaya Arwana
Dalam pemilihan media budidaya, ada dua macam media yang bisa Anda pilih, yaitu dalam Aquarium atau Kolam (bisa dari terpal, semen, atau menggunakan waring ikan). Saya sarankan Anda untuk mencoba media dalam aquarium saja, karena selain tempat yang tidak terlalu luas, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membuat kolam.

Namun jika Anda memiliki tanah yang luas dan ingin menjadikan usaha budidaya arwana ini sebagai mata pencaharian utama Anda, maka saya sarankan untuk memakai media kolam saja. Ikan arwana menyukai air yang jernih, jadi usahakan agar air dalam aquarium atau kolam selalu mengalir. Jika Anda menggunakan media aquarium, Anda bisa memasang aerator supaya air selalu mengalir sekaligus menyedot kotoran ikan dan sisa-sisa makanan ikan.

Selain itu, kadar PH air juga harus diperhatikan. Kadar PH air yang baik yaitu berkisar antara 6-7, sedangkan untuk suhu air 25-30 derajat celcius. Berikan juga batu-batuan dalam media budidaya arwana, agar media terlihat alami sehingga membuat ikan merasa nyaman dan tidak gampang stress.

Baca Juga :
Terkuak! Berikut 5 Cara Tersembunyi Budidaya Ikan Mas Koki, Yang Harus Anda Ketahui
Cara Budidaya Jambu Biji Tabulampot Agar Cepat Berbuah Lebat
Pisang Cavendish Lengkap Dengan Budidaya Dan Cara Panennya

Budidaya Ikan Nila Menggunakan Waring Ikan!!

Sediakan Indukan Arwana Yang Unggul
Ikan arwana bisa dikembangbiakkan pada usia sekitar 4 tahun. Pilih indukan yang benar-benar berkualitas supaya nantinya bisa menghasilkan anakan yang berkualitas pula. Selain itu, Anda juga harus paham cara membedakan antara ikan arwana pejantan dan betinanya (jika sesama pejantan atau sama-sama betina, kan jadinya repot, hehe).

Sedikit saran, silahkan Anda pilih arwana yang memiliki postur bagus dan tidak cacat. Dilihat dari sungut yang sama panjang dan lengkap, kemudian pilih ikan yang memiliki badan lurus, tidak bengkok (karena ikan arwana yang bengkok itu konon tidak bisa bertelur). Pilih arwana yang memiliki mata normal, tidak menonjol, serta mulut arwana lebar (atau bisa disebut dower).

Proses Pengembangbiakkan Ikan Arwana
Ikan arwana cukup mudah untuk berkembang biak. Jika Anda memasukkan ikan arwana lawan jenis (jangan sampai sesama jenis) dalam satu media, maka dengan cepat ikan itu akan jodoh dengan sendirinya.

Ikan arwana bisa dikatakan jodoh apabila kedua ikan selalu berenang berdampingan, selain itu, ikan arwana juga akan berenang memutar dengan kepala dan ekor saling menempel satu sama lain. Jika hal itu terjadi, ikan betina akan mengeluarkan telur yang kemudian dibuahi oleh pejantannya dengan cara memasukkannya kedalam mulut sang pejantan sampai telur menetas menjadi larva ikan.

Perawatan Anakan Ikan Arwana
Apabila anakan ikan sudah menetas, Anda bisa memberikan makanan berupa cacing sutera, hal ini karena anakan ikan yang masih kecil tersebut membutuhkan sumber protein yang tinggi, dan itu bisa diperoleh dari cacing sutera ini, sehingga anakan ikan akan tumbuh secara maksimal.

Jangan lupa untuk memindahkan indukan arwana, agar anakan ikan tidak menjadi santapan induknya sendiri. Anda juga bisa memberikan vitamin atau obat untuk pertumbuhan ikan arwana yang bisa Anda dapatkan di toko pakan ikan hias sekitar kota Anda.

Selalu jaga kebersihan kolam atau aquarium, supaya ikan tumbuh dengan sehat dan optimal. Sesekali, jemurlah ikan pada pagi hari, agar ikan semakin lincah dan agresif. Karena ikan arwana yang agresif bisa menentukan harga jualnya.

Panen
Ikan arwana bisa dipanen saat ikan berukuran sekitar 25-40 cm. Karena pada ukuran tersebut, peminatnya sangat banyak dan paling laris dipasaran. Proses pemanenan sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati agar ikan tidak terluka, sehingga menimbulkan cacat pada tubuhnya. Karena jika ikan arwana cacat, maka harga jualnya pun akan turun serta mengurangi minat pembeli.

Itulah beberapa tips bagaimana Cara Budidaya Ikan Arwana sebagai peluang usaha menjanjikan yang bisa menghasilkan dan patut Anda coba. Cukup sekian dulu, terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *