Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan di Drum Plastik

Please log in or register to like posts.
News

Dalam pengertiannya di bidang pertanian, budididaya termasuk kegiatan untuk pemeliharaan pada sumber daya yang dikerjakan di suatu area lahan guna diperoleh manfaat dan hasil panennya. Kegiatan ini bisa diartikan sebagai titik utama dari usaha pertanian. Kalau pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti budidaya sendiri ialah “usaha yang bermanfaat serta memberikan suatu hasil”.

1. Langkah pertama sebelum memasukkan benih ikan, lebih baik isikan drum memakai tanah yang sudah dicampuri pupuk kandang sekitar 0.5-1 kg serta air lalu dibiarkan sekitar 2 minggu maka akan muncul jentik-jentik. Hal ini berguna supaya zat kimia yang terdapat pada dalam drum dapat larut.

2. Sesudah menunggu sekitar 2 minggu, kemudian barulah dimasukkan air sumur maupun air hujan ataupun air sungai kalau dekat sungai. Selanjutnya masukkan dan letakkan bibit ikan. Drum-drum tersebut bisa dimasukkan benih antara 200-250 ekor. Yang harus dicatat ialah guna awal perluhlah banyak bibit yang bakalan mati, sebab mungkin sedang menyesuaikan keadaan serta kalau Anda peroleh bibit yang mati segera buang serta tetap kontrol keadaan ikan-ikan Anda.

BACA JUGA

3. Pakan diberikan dengan teratur, sebab hal ini wajib diketahui para petani ikan supaya tata cara supaya ikan jadi lengkap serta tepat guna.

Pemberian pakan ikan dibagi jadi 2 cara, yakni :
Pemberian pakan yang dibentuk jadi pelet apung. Pemberian pakannya perlu dikerjakan secara tersebar luas sebab pelet akan ditebar menjadi 3 bagian, guna gampangnya Anda umpamakan 3 bagian kolam itu ialah meliputi ujung kanan, tengah serta bagian ujung kiri.

  • Pemberian pakan pelet tenggelam memiliki cara yang berbeda, pelet tersebut tak disebarka, namun cuma disebarkan di satu titik saja, selaras dengan namanya pelet ini bakal tenggelam ketika ditebar, maka sebarkanlah sedikit-dikit saja, jikalau ikan Anda termasuk ikan yang gemar mengejar pakan bergerak, maka yang dikhawatirkan pelet sudah terlanjur tenggelam tak bakalan dimakan, kalau diperhatikan pemberian pakan tenggelam memiliki respon ikan tampak menurun, baiknya pemberian pakan segera Anda hentikan, ulangi serta kerjakan lagi prosesnya ketika pemberian pakan tenggelam.
  • Pemberian pakan pelet tenggelam memiliki cara yang berbeda, pelet tersebut tak disebarka, namun cuma disebarkan di satu titik saja, selaras dengan namanya pelet ini bakal tenggelam ketika ditebar, maka sebarkanlah sedikit-dikit saja, jikalau ikan Anda termasuk ikan yang gemar mengejar pakan bergerak, maka yang dikhawatirkan pelet sudah terlanjur tenggelam tak bakalan dimakan, kalau di titik pemberian pakan tenggelam memiliki respon ikan tampak menurun, baiknya pemberian pakan segera Anda hentikan, ulangi serta kerjakan lagi prosesnya ketika pemberian pakan tenggelam.

4. Sesudah memasuki usia 2 bulan maka Anda bisa memisahkan ikan yang berukuran besar serta yang kecil, umumnya terdapat ikan yang berkembang lebih pesat serta terdapat juga mayan lama, oleh sebab itu supaya lebih gampang guna Anda memanennya dengan cara memisahkan masing-masing ikan sesuai dengan ukurannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *