Memulai Usaha Dengan Cara Budidaya Ikan Gabus!!

Please log in or register to like posts.
News

Ikan gabus adalah jenis ikan air tawar, ikan ini memiliki sifat karakteristik sebagai ikan predator dengan memakan ikan yang lebih kecil, sebangsa serangga dan kodok yang menjadi incaran makanannya. Ikan gabus lebih aktif pada malam hari. Habitat asli ikan gabus berada di sungai, danau, dan rawa-rawa, Kelebihan spesial jenis ikan ini yaitu mampu bertahan didarat selama beberapa menit bahkan berjam-jam.

Sesuai dengan judul di atas, pada artikel kali ini kita akan bahas tentang cara budidaya ikan gabus atau lebih tepatnya Usaha Budidaya Ikan Gabus. Mengapa ikan gabus? ya.. karena belakangan ini harga ikan gabus semakin meningkat, hal itu bisa menjadi peluang yang bagus untuk memulai usaha. Bagi Anda yang ingin memulai usaha, jangan pernah ragu. Karena keraguan bisa mempengaruhi gagalnya usaha yang Anda jalani. Maka dari itu ingatlah kata-kata berikut “Jangan pernah malu dalam membangun sebuah usaha dari bawah, Berikanlah yang terbaik untuk para konsumen Anda, Keuntungan akan datang dengan sendirinya(quotes hari ini). Pesan saya dalam menjalani sebuah usaha adalah “Jalani setiap harimu dengan semangat!!” apapun yang terjadi tetaplah bersyukur kepada Allah swt. Untuk cara budidaya Ikan gabus, Anda bisa simak langkah-langkah sebagai berikut :

Persiapan
Pertama-tama siapkan tempat untuk budidaya ikan gabus, boleh kolam dari terpal atau kolam tanah atau bisa juga kolam yang alasnya diplester. Kemudian siapkan induk ikan gabus jantan dan betina, pilih induk yang sehat, tidak jamuran dan bebas dari penyakit. Setelah telur dibuahi oleh sang induk jantan, langkah selanjutnya yaitu penetasan telur yang sudah dibuahi tersebut, ambil telur dengan sekup net secara perlahan lalu taruh di aquarium. Selanjutnya tunggu telur sampai menetas dalam bentuk larva.

Perawatan Larva Ikan Gabus
Setelah telur ikan gabus menetas, jangan terburu-buru memberi makan, biarkan larva tersebut selama 2 hari. Setelah 2 hari, silahkan Anda beri makan dengan Nauplii Artemia 3 kali sehari, saat larva berusia 5 hari, larva ikan gabus diberi makanan tambahan seperti daphnia 3 kali sehari.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan kolam untuk memindahkan larva yang sudah siap disebar ke kolam. Sebelum bibit ikan gabus disebar, kolam dikeringkan dulu selama 1 minggu dan setelah itu kolam diisi air. Selanjutnya bibit ikan yang sudah berusia 2 minggu dimasukkan ke dalam kolam tersebut. Bibit jangan langsung diberi makan, biarkan dulu selama 2 hari, setelah 2 hari barulah diberi makan 2 kg tepung pellet.

Eitss… Jangan lupa Baca Juga :

Pemberian Pakan
Dalam pemberian pakan harus selalu diperhatikan, sebaiknya makanan bibit ikan gabus ini mengandung lemak 15%, protein 15% dan karbohidrat 10%. Untuk pemberian pakan juga bisa ditambahkan anakan rayap, ikan teri dan sisa daging ampas dapur.

Sortir ikan ukuran bibit ikan gabus sangat mempengaruhi tumbuh kembang bibit ikan gabus lainnya. Jangan sampai telat memberi makan ikan gabus, karena ikan gabus memiliki sifat sebagai predator dan memakan ikan yang lebih kecil (tidak menutup kemungkinan, ikan gabus bisa memakan saudaranya sendiri/kanibal).

Panen
Proses pemanenan ikan gabus bisa dilakukan secara bertahap ataupun langsung semuanya (Itu terserah Anda). Apabila Anda budidaya ikan gabus dalam jangka waktu yang pendek, Anda bisa langsung memanen semuanya. Namun jika Anda menjadikan budidaya ikan gabus ini sebagai mata pencaharian utama, Anda bisa memanennya secara bertahap (untuk memperbanyak anakan). Sekali lagi, itu terserah Anda.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, jangan lupa comment & share!! Terima kasih telah berkunjung & semoga bermanfaat….
Info update Pertanian dan Perkebunan DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *