5 Macam Hama Tanaman Kakao dan Cara Mengatasinya

Please log in or register to like posts.
News

Kakao ialah suatu pohon budidaya di perkebunan/lahan luas dan berasal dari wilayah Amerika Selatan, tetapi kini ditanam pada berbagai penjuru kawasan tropika. Pada bagian biji kakao ini bisa dihasilkan kualitas produk olahan yang sering disebut dengan nama cokelat.

1. Ulat Kilan
Hama ulat ini tergolong ke dalam keluarga Geometridae, ulat klan sering menyerang ketika umur 2-4 bulan. Gejala serangan yang berat menyebabkan daun muda hanya tersisa ulat daunnya saja.

Penanganan : Segera kerjakan pembasmian dengan penyemprotan cairan insektisida.

2. Ulat Kuda
Hama ini tergolong ke dalam ke dalam Limanthriidae. Ciri khasnya yakni mempunyai bulu yang gatal di bagian dorsalnya menyamai seperti bentuk bulu di leher kuda, ada juga pada marke 4 serta 5 warnanya putih maupun hitam, jikalau ulatnya berwarna coklat ataupun coklat kehitaman.

Penanganan : Bisa dengan melepas musuh alami seperti Apanteles mendosa serta Carcelia spp, ataupun dengan cairan insektisida kimia.

BACA JUGA

3. Ulat Matahari
Ulat ini sering dikenal pula dengan nama ulat srengege yang kadang menyerang kakao ialah Parasa lepida serta Ploneta diducta. Cara serangan dikerjakan silih berganti sebab kedua hama ini cukup berbeda masa hidup ataupun cara menaruh kokonnya, maka masa bertumbuhannya bakal saling bergiliran. Serangan paling tinggi di bagian daun muda, dan kuncup yang termasuk pusat kehidupan serta bunga yang muda. Masa hidup Ploneta diducta diperkirakan sekitar 1 bulan, Parasa lepida akan lebih panjang ketimbang Ploneta diducta.

4. Kutu-Kutuan
Kutu yang warnanya putih bersimbiosis erat dengan hewan semut hitam. Untuk serangan Infeksi pada bagian pangkal buah pada tempat yang sedang terlindung, lalu perusakan menjalar ke buah yang berukuran kecil, pertumbuhan buah akan berubah lambat lalu akan mengering dan mati.

Penanganan : Pangkas batang yang terkena lalu dibakar, atau keluarkan musuh alami, ataupun juga bisa dengan menggunakan bahan kimia

5. Ngengat Buah
Hama kakao yang terakir ini sering dikenal pula dengan sebutan Kakao Mot yang tergolong ke dalam anggota dari keluarga Lithocolletidae. Dampak serangan yang paling parah terjadi di bagian buah kakao muda, sampai bisa menyebabkan kulit buah berubah warna jadi kuning pucat, biji di dalam buah tak bisa mengembang lagi serta lengket.

Penanganan : Sistim sanitasi lingkungan, menutupi buah coklat memakai kantong plastik yang bawahnya dibiarkan terbuka, lepaskan musuh alami yakni semut hitam serta jamur antagonis Beauveria bassiana menggunakan cara disemprotkan dengan merata ke hama.

Demikian pembahasan kita tentang 5 Macam Hama Tanaman Kakao dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan polybag untuk pembibitan kakao silahkan hubungi kami di nomor 0852 3392 5564081 2325 84950 (SMS/Call/WA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *