Inilah Beberapa Manfaat Bunga Ekor Kucing Untuk Pengobatan

Please log in or register to like posts.
News

Tanaman bunga ekor kucing mungkin masih asing di telinga Anda. Tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias karena kecantikannya. Namun tanaman bunga ekor kucing ini tidak hanya memiliki nilai estetika saja. Bunga ekor kucing memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Antara lain yaitu :

1. Mengobati muntah darah
Manfaat bunga ekor kucing sebagai tanaman obat bunga ekor kucing dapat digunakan untuk menghentikan muntah dara. Caranya, ambil bunga ekor kucing secukupnya. Cuci hingga bersih lalu campu dengan pinang putih, sedikit jahe, kencur dan daun pulai muda. Kunyah mentah dan telan. Lakukan pengobatan setiap hari hingga muntah darah mereda. Apbila anda tidak betah dengan rasanya, lumatkan semua bahan di atas dengan sedikit gula merah, lalu makan.

2. Membantu menyembuhkan vitiligo
Vitiligo adalah suatu keadaan di mana kulit Anda kehilangan pigmentasi dan muncul bercak-bercak putih yang tidak merata. Penyakit ini memang tidak berbahaya dan tidak mematikan, namun sangat mengganggu penampilan. Bunga ekor kucing dapat meningkatkan pigmentasi yang terdapat pada kulit dan meratakan warna kulit Anda.

Caranya mudah. Cukup ambil segenggam daun bunga ekor kucing, haluskan bersama kencur yang telah dicuci bersih sebesar 1/2 ruas ibu jari. Bubuhkan pada bagian kulit yang bebercak putih, lalu balut dengan perban. Lakukan pengobatan setiap hari hingga vitiligo sembuh.

3. Menghentikan aliran darah pada luka yang terbuka
Jika Anda terluka hingga mengeluarkan banyak darah, segera ambil daun bunga ekor kucing untuk menutup dan menghentikan darah yang mengalir. Ambil daun bunga ekor kucing secukupnya lalu cuci hingga bersih. Tumbuk daun itu hingga lembut. Kemudian tempelkan tumbukan daun bunga ekor kucing tadi pada luka, segera bebat erat dengan perban yang bersih.

Baca Juga :

Ini Dia… Cara Mudah Tepat Praktis Budidaya Tanaman Obat Keluarga
Beginilah Tips Penanaman Dan Budidaya Cengkeh
Resep Pembuatan Pupuk NPK Sendiri
Inilah Ukuran Polybag Yang Cocok Untuk Dijadikan Media penanaman

4. Mengobati diare parah (Disentri)
diare parah atau biasa disebut disentri ialah infeksi yang menyerang saluran usus hingga menyebabkan diare parah yang disertai darah dan lendir. Pada saat terkena disentri, Maka anda akan sering buang air besar tetapi feses Anda cair menyerupai air. Gejala disentri di antaranya adalah mual, muntah, kram pada perut, dan demam. Untuk mengobat disentri, ambil kurang lebih 20 gram bunga ekor kucing. Cuci bersih kemudian rebus dengan satu gelas air hingga mendidih. Biarkan agak dingin lalau saring air rebusannya. Minum ramuan ini hingga gejala disentri mereda.

5. Mengobati radang usus
Manfaat bunga ekor kucing bisa menyembuhkan radang usus biasanya menimpa seseorang yang memiliki maag parah. Penyakit radang usus ditandai dengan mual, muntah, kram pada perut, dan diare yang tidak kunjung sembuh. Tumbuhan bunga ekor kucing dapat juga membantu mengobati penyakit radang usus. Dengan cara, siapkan 20 gram tanaman bunga ekor kucing lalu cuci hingga bersih. Rebus dengan satu gelas air hingga mendidih. Biarkan dingin, lalu saring air rebuasannya dan minum secara rutin hingga sakit mereda.

6. Membantu mengobati cacingan
Penyakit cacingan biasanya menyerang anak-anak. Ditandai dengan badan anak yang semakin kurus meski banyak makan. Cacing-cacing ini biasanya tumbuh di dalam sistem pencernaan anak dan menyerap semua nutrisi dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh. Penyakit cacingan tidak sekedar menyerang anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Untuk mengobati cacingan dengan tanaman bunga ekor kucing, siapkan 15 gram bunga ekor kucing. Cuci hingga bersih dan rebus dengan segelas air. Saring air rebusannya dan minum setiap pagi secara rutin.

7. Membantu menyembuhkan penyakit kusta
Kusta atau lepra adalah penyakit yang menyerang kulit, mata, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, dan sistem saraf perifer. Sistem saraf yang diserang oleh penyakit ini akan menjadi mati rasa. Tanaman bunga ekor kucing bisa membantu mengobati penyakit kusta. Ambilah daun bunga ekor kucing sesuai kebutuhan, dan juga satu siung kecil kencur. Kemudian cuci hingga bersih dari kedua bahan tersebut, kemudian tumbuk hingga lembut menyerupai pasta. Oleskan pada bagian yang terkena penyakit kusta. Lakukan perawatan secara rutin 2 kali sehari.

Sekian untuk artikel kali ini yang bertemakan tentang Manfaat Bunga Ekor Kucing Untuk Pengobatan, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin melakukan budidaya atau pun hanya untuk menambah ilmu, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *