Ini Dia Cara Ampuh Mencegah Hama Pada Tanaman Cabai, Dijamin Ciamik!!

Please log in or register to like posts.
News

Jumpa lagi sobat Pertanian99, pada artikel kali ini kita akan berdiskusi tentang hama pada tanaman cabai. Sudah lama kita ketahui bahwa hama merupakan musuh utama bagi para petani, berbagai cara sudah dilakukan namun hama terkadang masih membandel dan justru makin bertambah bayak. Petani sekarang lebih menyukai cara instan untuk membasmi hama yaitu dengan menggunakan insektisida kimia yang sekarang mudah sekali untuk di dapatkan. Untuk jangka pendek memang hal tersebut sangat efektif untuk membunuh hama yang mengganggu tanaman kita, hama akan langsung mati tanpa sisa.

Namun petani tidak menyadari bahwa penanggulangan hama tanaman dengan cara membunuh langsung dengan bahan kimia untuk jangka panjang justru tidak baik untuk lingkungan sekitar juga untuk konsumen. Hama yang di lakukan penyemprotan lama-kelamaan akan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan di sekitar, yang menjadi kekebalan tubuh akan lingkungan hama tersebut justru akan meningkat dan itu tentu berdampak pada tidak mempannya penggunaan bahan insektisida kimia tersebut untuk membunuh hama, karena hama sudah beradaptasi (berevolusi).

Maka dari itu, jangan heran bila ada seorang petani menyemprot hama justru hama tidak ada yang mati. Hal itu terjadi karena adanya kekebalan tubuh yang semakin meningkat pada hama tersebut, lalu bagaimana agar hama mati? tentunya dosis yang di pakai untuk penanggulangan hama tersebut harus di tingkatkan lagi, bila hal itu terjadi berulang-ulang dan dalam waktu yang lama mungkin 20 atau 30 tahun lagi hama tersebut lambat-laun tidak akan bisa di bunuh dengan insektisida apapun karena tingkat kekebalan tubuhnya sudah maksimal (jadi tambah kebal, hehee).

Penggunaan insektisida yang berlebihan sangat tidak baik untuk lingkungan, petani dan juga bagi yang mengonsumsinya. Karena itu merupakan larutan kimia yang sangat tidak baik untuk tubuh manusia, apalagi jika bahan kimianya dengan dosis yang berlebihan, hama tidak akan mati yang ada yang mengonsumsinya yang keracunan (heheheee). Lalu bagaimana cara mencegah hama pada tanaman?

Ada pepatah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati“, maka dari itu, daripada menunggu tanaman terserang hama, lebih baik mencegahnya bukan?(quotes hari ini). Oke, langsung saja simak baik-baik cara pencegahan hama tanaman di bawah ini.

Baca Juga :

Ini Dia… Cara Mudah Tepat Praktis Budidaya Tanaman Obat Keluarga
Beginilah Tips Penanaman Dan Budidaya Cengkeh
Resep Pembuatan Pupuk NPK Sendiri
Mencegah Hama Dengan Menggunakan Insect Net!!

Pencegahan hama pada tanaman yang baik adalah dengan cara pencegahan supaya jangan sampai hama tersebut menyerang ke tanaman kita, yah tentu kita berusaha sebisa mungkin agar tanaman kita tidak di dekati oleh hama tanaman yang akan merusak tanaman cabai kita. Lalu dengan cara apa kita bisa melakukannya? Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mencegah hama tanaman cabai yaitu dengan menyamarkan aroma tanaman agar hama tidak mendekat lagi ke tanaman tersebut.

Mengapa saya menggunakan cara tersebut? karena hama sangat menyukai jenis aroma yang sama, misalnya kita menanam cabai, hama sangat suka dengan aroma tanaman cabai maka dia akan menyerang tanaman tersebut karena aroma yang dia suka. Nah, agar hama tidak lagi menyukai aromanya, kita bisa membuat aroma tanaman cabe berbeda dengan yang biasanya dengan bahan-bahan tertentu yang bisa kita buat sendiri.

Repelen merupakan jenis ramuan insektisida yang bisa digunakan dengan menggunakan minyak sereh sebagai bahan dasar untuk menyamarkan aroma tanaman cabai tersebut, karena nantinya minyak serai akan dicampur dengan air sedangkan minyak serai tidak bisa menyatu dengan air. Maka di perlukanlah bahan-bahan lain agar minyak serai bisa diaplikasikan dengan baik untuk digunakan sebagai penyamar aroma tanaman cabai tersebut.

Lalu Bagaimana Cara Memformulasi Miyak Serai Tersebut?
Di bawah ini adalah bahan-bahan yang digunakan untuk mengaplikasikan minyak serai dengan bahan lain agar minyak serai bisa digunakan dengan maksimal.

Bahan-Bahan
Bahan-bahan yang digunakan ini, nanti akan menghasilkan ramuan minyak serai sebanyak 1 liter minyak serai yang sudah menjadi ramuan tersebut.

– Minyak sereh 400 ml
– Np10 250 ml
– aseton / tiner c ( nama lain aseton) 50 cc
– xylene 350 cc

Cara pembuatan
– Langkah pertama yaitu mencampurkan larutan minyak sereh sebanyak 400 mili tersebut dengan campuran Np10 sampai tercampur sepenuhnya dan benar-benar merata.

– Setelah 2 bahan tersebut tercampur hingga rata, kemudian masukkan campuran yang berikutnya yaitu dengan mencampurkan bahan aseton dan aduk hingga benar-benar rata.

– Langkah terakhir yaitu dengan mencampurkan bahan yang sudah rata tadi dicampur lagi dengan larutan yang terakhir yaitu dengan Xylene atau tinner dan aduk hingga benar-benar rata dan aduk sampai berwarna kuning jerami.

Apabila semua sudah selesai, larutan ini sudah bisa digunakan untuk mencegah hama tanaman cabai agar tidak menyerang tanaman cabai kita.

Cara penggunaan
Lalu bagaimana cara penggunaan agar larutan ini bisa bekerja dengan maksimal dan agar hama tanaman tidak datang ke tanaman cabai kita?. Caranya yaitu dengan mencampurkannya dengan air 1-2 cc per liter air dan semprotkan pada tanaman, gunakan bahan-bahan ini dengan melakukan penyemprotan selama 7 hari sekali.

Insektisida ini dapat mencegah segala jenis hama seperti hama trip, kutu daun, tungau dan berbagai jenis hama tanaman yang sering mengganggu lainnya. Sebenarnya aplikasi insektisida buatan ini bisa digunakan untuk segala jenis tanaman untuk hama tanaman yang sering mengganggu bukan hanya untuk tanaman cabai saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *