Cara Unik dan Mudah Menanam Apel Merah Dengan Biji

Please log in or register to like posts.
News

Cara Unik dan Mudah Menanam Apel Merah Dengan Biji – Buah apel merah memang amat sering untuk dikonsumsi serta pula memiliki rasa yang amat manis dan begitu segar. Apel ini banyak juga mengandung banyak nutrusi serta pula vitamin yang amat penting untuk tingkat kesehatan tubuh. Apel merah pun juga sering dimakan untuk dijadikan hidangan penutup atau pencuci mulut yang rasanya nikmat.

Tetapi, sebaiknya buah apel merah tersebut dikonsumsi ketika sebelum makan ataupun sekitar 1 jam sebelum waktu makan tiba, dan juga konsumsilah buah apel merah ini ketika pagi hari sesudah meminum segelas air putih yag cukup. Hal tersebut terbukti bisa membuat keadaan tubuh selalu terjaga serta pula terus prima atau vit dengan asupan beberapa vitamin yang cukup setiap hari.

Apel merah ini sama halnya dengan buah apel hijau, tetapi perbedaannya hanya dari warna kulitnya serta daging pada buah apel hijau hijau, lebih padat ketimbang dengan apel merah ini. Namun, dalam segi khasiatnya, buah apel merah ini tak kalah jitunya dalam mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Nah, jadi untuk Anda yang berminat atau tertarik untuk membudidayakan apel merah ini, bisa dengan mudah mengikuti langkah-langkah dibawah. Berikut cara menanam apel dari biji yang bisa dikerjakan dengan beberapa tahapan seperti berikut:

1. Mempersiapkan Bibit
Pertama, guna memperoleh bibit pohon apel merah yang berkualitas bagus, pastinya perlu dikerjakan penyortiran biji yang tepat. Pilih biji untuk bibit apel dari apel yang mempunyai kualitas dan mutu baik, ini dapat Anda dapatkan dari petani buah apel yang terdapat disekeliling tempat tinggal Anda. Tetapi kalau hal tersebut tak memungkinkah, Anda bisa membeli dari toko-toko yang menjual biji tanaman. Tak jarang kini bibit tumbuhan buah telah dijual pada toko online, maka Anda tak harus susah – susah guna memperolehnya. Anda dapat pula mengambil biji dari apel yang sudah Anda beli di pasaran, tetapi umumnya daya pertumbuhannya agak kecil.

Sesudah Anda memperoleh bibit buah apel yang sudah terbukti mutu dan kualitasnya. Tahap berikutnya ialah mengerjakan penyemaian. Buatlah media semai dengan memakai nampan semai ataupun polybag. Isilah wadah atau tempat semaian dengan isi campuran tanah, pupuk kandang serta pasir dengan perbandingan sekitar 1:1:1.

Semisal halnya menanam tanaman atau pohon gaharu, rendamlah biji apel ke air hangat lebih dulu, selanjutnya tiriskan serta sesudah tak ada air yang menetes lagi, kemudian tabur biji apel ke dalam media semai, selanjutnya tutup kembali memakai tanah dengan rata serta tipis. Kerjakan penyiraman sesudah rampung, penyiraman lebih baik dengan spray supaya tak begitu basah.

Sesudah semua biji-biji apel tumbuh serta berkembang hingga mencapai ketinggian sekitar 10-15 cm, kerjakan pemindahan bibit tersebut ke dalam polybag yang lebih besar ukurannya, supaya bibit tersebut mempunyai banyak ruang untuk tumbuh.

BACA JUGA

2. Membuat Lahan Tanam
Buatlah lobang-lobang tanam yang berukuran sekitar 40x40cm serta kedalaman sekitar 40cm. Buat lobang dengan ukuran dan kedalaman yang selaras pada jarak kira-kira 3 meter antara tiap lubang. Lalu, isikan seluruh tiap-tiap lubang tanam memakai isi dari campuran tanah serta pupuk kandang hingga 2/3 bagian semua terisi. Selanjutnya diamkan saja lubang sekitar 2-3 minggu sebelum akan ditanami.

3. Penanaman Bibit
Sesudah bibit apel merah mencapai angka ketinggian kira-kira 25 sampai 30 cm, bibit apel merah bisa ditanam langsung ke area lahan tanam permanen. Anda bisa langsung merobek polybag semaian, dengan perlahan pastinya serta masukkan bibit apel merah ke dalam lobang tanam, yang sebelumnya sudah dikerjakan penggalian dengan memakai cangkul. Sesudah itu, tutup kembali lobang dengan sisa-sisa galian tanah serta dipadatkan.

4. Merawat & Memelihara Pohon
Tahapan perawatan yang dikerjakan ialah dengan mengerjakan penyulaman bibit apel merah yang layu atau mati, kerjakan segera sesudah nampak terdapat pohon apel merah yang mati. Kerjakan pemupukan dengan secara berkala tiap 4 bulan sekali dengan memakai pupuk kandang.

Kalau pohon apel merah terkena serangan jamur batang serta hama lain, kerjakan penyemprotan dengan cairan insektisida serta cairan pestisida. Tak hanya itu, langkah pemangkasan batang apel merah pula dibutuhkan seperti misalnya menanam srikaya supaya tak begitu banyak cabang serta akan mempercepat proses pada tahapan pembuahan.

Jadi, itulah beberapa tahapan cara budidaya apel dari biji dengan mudah yang harus Anda ketahui. Buah apel merah memang sangat banyak memiliki kandungan manfaat untuk kesehatan, antara lain : mencegah serta juga mengobati kanker, menjaga kesehatan di usus besar, menurunkan atau mengurangi kolesterol serta mencegah penyakit jantung, bagus untuk pencernaan, serta masih banyak yang lainnya. Apel merah tak hanya bisa langsung dimakan ketika masih segar, pula banyak juga dimanfaatkan untuk juga bahan bagi minuman sari buah serta saus. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *