Cara Memilih Polybag Untuk Pembibitan & Budidaya Tanaman

Please log in or register to like posts.
News

Polybag (plastik polybag) memang dibuat & diperuntukan untuk tanaman. Hampir semua jenis tanaman bisa menggunakan polybag sebagai wadah media tanamnya. Terutama bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas, polybag sangat cocok untuk mengatasai masalah tersebut. Penggunaan polybag dapat menghemat kebutuhan lahan. Anda tidak perlu lahan terbuka yang luas untuk menanam, pekarangan rumah, teras rumah, atap, pagar, rak-rak, bahkan pinggiran kolam pun dapat kita tanami. Ini karena media tanaman berupa tanah ditempatkan di dalam wadah polybag jadi mudah dipindah tempatkan & diletakan di manapun tempat yang kita inginkan.

Manfaat Plastik Polybag
Lamanya pemakaian polybag biasanya berkisar antara 6 hinga 24 bulan pemakaian, tergantung kwalitas polybag tersebut. Kwalitas polybag KW biasa dapat bertahan selama 6 bulan pemakaian bahkan bisa lebih lama. Kwalitas polybag KW super dapat bertahan selama 12 bulan pemakaian bahkan bisa lebih lama. Dan kwalitas Original yang bisa bertahan hingga 24 bulan pemakaian. Berdasarkan umur pakai tersebut, polybag sangatlah cocok digunakan untuk menanam tanaman yang berumur tanam pendek.

Hampir semua jenis tanaman hortikultura berumur pendek dapat ditanam dengan menggunakan plastik polybag. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah & mengurangi biaya perawatan. Karena dengan menggunakan polybag, gulma akan lebih terkontrol & juga bisa dipindahkan dengan cara yang sangat mudah. Dengan polybag, pemupukan akan lebih terkonsentrasi ke tanaman karena biasanya dalam satu polybag ditanami satu tanaman.

Plastik Polybag juga sangat membantu dari drainase. Saat penyiraman atau hujan, air tidak akan tergenang dipermukaan tanah melainkan langsung terserap tanah & air berlebih langsung keluar lewat lubang-lubang kecil di bawah plastik polybag. Aerasi juga baik, sebagaimana kita ketahui akar tanaman pun membutuhkan oksigen untuk bernafas begitu juga dengan organisme tanah, lubang aerasi mampu mensirkulasikan udara bebas dari lingkungan ke sistem perakaran & tanah sehingga tanah menjadi subur & akar mendapat cukup oksigen. Anti erosi karena tanah ditampung di dalam wadah, kesuburan & struktur tanah tetap terjaga, berbeda dengan di lahan terbuka yang kemungkinan erosinya tinggi.

Cara Memilih Kualitas Polybag
Disamping untuk tanaman hortikultura, polybag juga cocok digunakan untuk pembibitan tanaman kebun atau tanaman kayu seperti tanaman sawit, jati, mahoni, karet, dan sebagainya sebelum tanaman ditanam di lahan sebenarnya. Namun tentu saja, ukuran & kwalitas plastik polybag yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Tanaman dengan sistem perakaran yang luas seperti tanaman kayu sebaiknya menggunakan polybag dengan ukuran lebar besar sekitar 30 cm ke atas. Sedangkan tanaman hortikultura seperti sayuran, bisa menggunakan plastik polybag dengan ukuran di bawah lebar 30 cm. Ruang perakaran yang sesuai akan mendukung perkembangan akar & tanaman dengan baik.

Pemilihan kwalitas plastik polybag juga harus disesuaikan dengan masa penanaman. Seperti tanaman sayuran biasanya menggunakan plastik polybag kwalitas KW biasa karena masa tanam sayuran yang pendek berkisar 40 hari. Pembibitan tanaman keras/tanaman kebun tahap awal juga dapat menggunakan plastik polybag KW biasa, dan pembibitan tanaman keras tahap lanjutan dapat menggunakan plastik polybag KW super atau polybag Original.

Untuk proses pembibitan awal misalnya pada tanaman sawit (kelapa sawit) biasanya membutuhkan polybag ukuran kecil (baby bag) dengan lebar sekitar 10cm – 14cm. Jangka pemakaian saat pembibitan awal biasanya sekitar 6 bulan. Sementara untuk pembibitan tahap kedua (lanjutan) membutuhkan polybag dengan ukuran agak besar, dan jangka pemakaian sekitar 12 bulan. Untuk pembibitan awal karena hanya berlangsung singkat biasanya cukup menggunakan polybag KW Biasa, sedangkan untuk pembibitan tahap kedua (lanjut) sebaiknya menggunakan polybag KW Super, sebab lama pemakaian sekitar 12 bulan, biar kuat & tidak rusak/robek saat pemakaian.

Untuk keperluan budidaya tanaman hias, plastik polybag juga sangat cocok. Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran & kwalitas plastik polybag dengan tanaman hias yang ingin Anda tanam. Tanaman hias dengan perakaran yang luas & batang yang besar & tinggi, sebaiknya menggunakan plastik polybag dengan lebar di atas 30 cm dengan kwalitas KW super atau Original begitu juga sebaliknya. Halaman rumah anda tentu akan lebih indah jika ditanami berbagai tanaman hias.

Anda tak perlu ragu memakai plastik polybag sebagai wadah media tanaman Anda karena dijamin berbagai kelebihan & keuntungan memakai plastik polybag akan Anda peroleh. Mulai sekarang lahan sempit, tidak lagi masalah bukan? Segera beralih ke plastik polybag & pesan sekarang juga.

Demikian ulasan kami tentang plastik polybag Tanaman, jika Anda membutuhkan polybag (plastik polybag) untuk pembibitan & budidaya tanaman silahkan hubungi kami di nomor 0852.3392.5564 / 081.2325.84950 (WA, Tlp, SMS). Untuk mengetahui update harga polybag silahkan klik Harga Plastik Polybag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *