Cara Budidaya Anggur di Pot Agar Berbuah Lebat

Please log in or register to like posts.
News

Anggur atau buah yang mempunyai rasa khas nan istimewa ini, tentunya digemari oleh seluruh kalangan. Cuma saja, harga buahnya yang cukup mahal, menjadikan tak seluruh orang bisa merasakan kenikmatan buah ini. Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih memilih menanamnya sendiri pada media pot serta diletakkan di halaman atau pekarangan rumah supaya saat berbuah, bisa langsung mencicipi kelezatan rasa buah anggur ini.

Tanaman anggur umumnya cuma dapat tumbuh pada wilayah dataran rendah, serta berintensitas cahaya matahari langsung yang cukup tinggi. Guna media tanamnya, pohon anggur amat serasi guna ditanam di tanah langsung dengan pH kira-kira 7 serta usahakan guna tanah yang dipakai, bukanlah tanah berpasir ataupun tanah lempung. Kalau Anda tergolong penikmat dan penyuka buah anggur, tentunya Anda bisa membudidayakan tanaman anggur tersebut di dalam pot atau polybag.

Oleh karena itu, cara budidaya yang benar serta agar menjadi sukses, pastinya harus dibarengi oleh tips dan perawatan pohon yang tepat dan praktis tentunya. Jadi, berikut beberapa tahapan yang harus Anda kerjakan, antara lain :

1. Memilih Jenis Varietas
Pada tahapan awal, Anda harus mencari tahu tentang informasi jenis anggur apa yang akan di tanam serta keadaan lingkungan Anda, hal tersebut menjadi awal mula yang amat penting. Sesudah tahu dan memilih, lalu carilah bibit bijinya di tempat atau pusat perdagangan tanaman, serta periksa dan pastikan bahwa bibit tersebut sehat serta berkualitas unggulan.

2. Menentukan Kualitas Biji
Saat biji telah terdapat ditangan Anda, waktunya guna melangkah ke tahap penyemaian. Caranya, lakukan perendaman biji-biji tersebut ke wadah yang sudah diisi air. Kalau terdapat biji mengapung, jadi buanglah. Hal itu berarti bijinya tak sehat serta tak layak tanam. Sedangkan untuk biji-biji yang tenggelam ke dasar, lanjutkan ke proses perendaman sekitar 1 hari atau semalaman.

3. Persiapan & Cara Penanaman
Kesatu : Siapkanlah pot atau plastik polybag dahulu yang pada dasarnya sudah diberi alas pecahan batu bata ataupun genteng, lalu isilah media tanam. Buatlah sebuah lobang tanam pada bagian tengah-tengah media pada pot tadi, kemudian letakkan bibit dekat lobang tanam serta lepaskan dari media polybagnya. Untuk perbandingan dari komposisi media tanamnya, yakni sebagai berikut : pasir 1, tanah 1, serta pupuk kandang 2, yang maksudnya setengah dari banyaknya media tanam adalah berupa pupuk kandang.

Kedua : Masuk dan letakkan bibit buah anggur di lobang tanam serta aturlah supaya terlihat tegak, kemudian tutup menggunakan media tanam pada sekelilingnya.

Ketiga : Sirami menggunakan air, kemudian letakkan di area tempat yang memperoleh cahaya matahari cukup secara langsung.

Setelah tahapan diatas selesai, ada beberapa hal penting yang harus Anda terapkan saat budidaya anggur di pot, antara lain yakni :

Penyiraman
Tiap sore, biji bibit anggur yang sudah ditanam pada pot perlu disirami menggunakan air, tarkecuali pada musim hujan, Anda tak usah menyiramnya.

Pemberian Ajir
Supaya pohon anggur tumbuh tegak lurus, benih harus dipasangi ajir yang dapat berupa kayu ataupun bambu dengan tebal sekitar 1,5cm yang panjangnya kira-kira 1 m.

Pemasangan Penopang
Untuk panjatan anggur yang ditanam di pot atau polybag, dapat Anda berikan seperti bilah bambu yang tebalnya sekitar 2 cm serta panjang 1,5 m dan juga kawat yang dililit. Pada satu pot berikan 3 atau 4 bilah, yang ditancapkan pada tepi pot. Lalu hubungkah bambu-bambu tersebut memakai kawat lilitan tadi.

Pemupukan
Kerjakan pemupukan menggunakan urea sekitar 10g per pohon tiap 10 hari sekali, hingga umurnya 3 bulan. Berikutnya, ketika anggur berusia 3-6 bulan beri 15g per pohon tiap 15 hari sekali. Jikalau anggur telah berusia 6-12 bulan maka berilah pupuk urea sekitar 50g/pohon tiap 30 hari sekali. Tetapi, sesudah pohon anggur berusia 4 tahun, pemupukan dilakukan setahun sekali ketika menjelang proses pemangkasan dan pembuahan.

Pemangkasan
Hal yang pula patut Anda perhatikan saat budidaya anggur adalah periode berbuah. Saat bulan maret – april, umumnya buah akan sedikit, sebab sedang tak musim bunga, tetapi pada bulan juli – agustus umumnya buah akan banyak. Guna pemangkasan pada tanaman anggur, batang yang tersier tinggalkan sekitar 4-10 mata tunas, kalau cabang yang dipotong, maka perlulah meneteskan air, kalau ternyata malah tak meneteskan air, tundalah dulu langkah pemangkasan

Serta kalau buah anggur telah sebesar kira-kira biji asem, lebih baik dikerjakan penjarangan sekitar 40-50 persen. Supaya anggur tak terserang serangga atau hama, lebih baik buah anggur diberi bungkusan menggunakan kertas maupun kantong plastik yang transparan. Anggur sendiri kalau untuk siap panen, kira-kira pada 105-110 hari sesudah masa bunga mekar.

Demikian artikel tentang Cara Budidaya Tanaman Anggur Dalam Pot atau Polybag. Jika Anda membutuhkan plastik polybag untuk budidaya tanaman silahkan hubungi kami di 0852-3392-5564 / 08123-258-4950.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *