Astaga, Ternyata 4 Cara Sederhana Ini Bisa Membantu Anda Sukses Budidaya Gurame

Please log in or register to like posts.
News

Empat Cara Sederhana Ini Bisa Membantu Anda Sukses Saat Budidaya Gurame- Ikan gurame ialah ikan air tawar yang sudah terkenal serta digemari untuk dijadikan ikan konsumsi pada wilayah Asia Tenggara serta Asia Selatan. Selain itu, di beberapa wilayah negara lainnya ikan gurami pula kadang dibudidayakan di dalam akuarium.

1) Lokasi Kolam
Untuk kolam bagi ikan gurame yang bagus dan benar ialah yang mempunyai cahaya matahari yang cukup. Gurame juga mempunyai habitat aslinya yakni pada tempat seperti dataran rendah serta mempunyai suhu guna mengoptimalkan perkembangan sekitar 25-28 derajat celsius. Ini juga merupakan sebab, kenapa budidaya gurame bakal lebih pas kalau dikerjakan pada dataran rendah serta kurang pas jika pada dataran tinggi. Gurame juga cuma sanggup berkembang dengan baik pada ketinggian sekitar 800 mdpl.

2) Pemilihan Bibit
Untuk bibit yang bagus guna membudidayakan ikan ini ialah bibit yang sehat serta bobotnya berkisar 100 gram ataupun berusia sekitar lebih dari 1 tahun. Jadi, Anda juga bakal bisa memanen ikan gurame lebih cepat yang dasarnya bakal siap jual dengan kisaran bobot yakni 500 gram. Kualitas bibit ikan gurame bakal semakin bagus kalau diperoleh dari tempat pembudidaya ikan gurame lainnya yang tak begitu jauh, maka gurame pun tak harus lebih keras ketika sedang beradaptasi.

3) Pemberian Pakan
Pakan bagi ikan gurame ialah harus pakan yang mengandung beberapa unsur baik itu protein hewani maupun protein nabati. Maka, disarankan kalau pemberian pakan gurame Anda, cukup dengan campuran dari 2 bahan tersebut. Protein hewani termasuk faktor yang bisa pemercepat perkembangan ikan gurame yang cocok dengan langkah budidaya gurame supaya cepat besar. Makanan pakan hewani harusnya dikasihkan kira-kira 25% atau lebih. Dan kalau untuk kandungan protein nabati, bisa Anda beri pakan seperti misal daun talas, daun singkong, daun kangkung, serta selada air. Agar lebih pesat lagi, berilah pula enzim komplek sebanyak 2%.

4) Pengeringan Kolam
Agar ikan gurame Anda dapat terjaga dan terlindung dari berbagai penyakit seperti jamur serta lainnya, lebih baik kerjakan dulu langkah pengeringan sebelum mengawali proses penebaran benih. Kerjakan langkah pengeringan sekitar 10-14 hari serta berikan kapur pertanian sekitar 100-200 gram tiap meter perseginya. Peralatan budidaya gurame pun lebih baik direndam dulu dalam larutan kaporit kemudian dikeringkan. Jika Anda menjumpai gurame yang terkena jamur, cepat pisahkan serta rendam ke dalam larutan garam kira-kira 20 mg per liter sekitar 1 jam lebih.

Demikian pembahasan kita tentang 4 Cara Sederhana Ini Bisa Membantu Anda Sukses Budidaya Gurame, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *