Ketahui 8 Jenis Hama Tanaman Hias Berikut, Cegah Sebelum Terlambat!

Please log in or register to like posts.
News

Tanaman hias meliputi seluruh tanaman, baik yang berbentuk terna, semak, merambat, perdu, maupun pohon, yang memang sengaja ditanam guna sebagai penghias ruangan, taman, upacara, kebun rumah, atau juga komponen taman.

1. Kutu Putih
Hama kutu ini banyak menjangkit aglaonema pada daratan rendah ketimbang dengan dataran tinggi. Guna cara penanganannya dapat Anda kerjakan tahap menyemprotkan larutan detergen cair yang disertai dosis sekitar 1 sendok makan yang sudah dicampurkan dengan 1 liter air pula.

2. Ulat Hama
Hama yang satu ini sering menyerang daun, yakni ulat Spodoptera sp, ditandai dengan adannya daun muda ataupun setengah tua yang sudah rombeng di pinggir. Untuk yang sering menyerang batang yakni Noctuidae. Penanganannya bisa dikerjakan dengan menyingkirkan ulat secara mekanis. Tetapi, kalau jumlahnya terlalu banyak, ulat bisa dimusnahkan memakai semprotan insektisida sekitar 2 minggu sekali.

3. Belalang Gejala
Cara menyerang hama ini serupa dengan ulat, yakni daun berubah jadi rombeng. Hama ini bisa ditangani dengan cara penangkapan langsung secara manual. Mudah saja, tangkaplah belalang yang belum punya sayap ataupun ketika masih pagi serta berembun, umumnya belalang tak bisa terbang dengan kondisi sayap yang basah.

4. Kutu Perisai
Kutu yang sering menyerang daun ini umumnya terdiri dari kelompok dengan membentuk sebuah barisan pada tulang daun. Kutu perisai mempunyai bentuk fisik sama dengan perisai pada bagian punggungnya. Kutu perisai bisa ditangani dengan cara insektisida sistemik serta bahan aktif acephate.

5. Kutu Sisik
Kutu sisik kadang menyerang di bagian daun, pelepah, batang, serta juga bunga. Bentuk fisiknya serupa dengan lintah yang berukuran jauh lebih kecil. Hama ini bisa mengakibatkan daun mengerut, layu, kuning, lalu mati.

6. Keong Tanpa Cangkang
Hama keong ini berbentuk sama dengan siput yang ukurannya kecil serta tak memiliki cangkang. Gejalanya hampir serupa dengan serangan pada ulat ataupun belalang, namun dalam jangkauan yang lebih kecil sebab pergerakan pada keong yang lamban. Hama ini aktif pada malam hari, sebab itu juga penanganan mekanis dapat dikerjakan pada malam hari.

7. Aphid
Aphid ialah serangga yang kecil dan berbentuk serupa dengan buah pear yang berwarna hijau ataupun coklat. Aphid bisa mengisap cairan pada tanaman, maka mengakibatkan daun berubah keriting, pohon bakal terhambat perkembangannya serta jadi kerdil. Aphid pula bisa mengeluarkan cairan serupa dengan madu yang bakal berubah jadi jelaga hitam.

8. Kutu Daun
Hama kutu ini juga sering dinamai kutu hijau sebab ketika masih muda warnanya hijau. Tetapi, ketika tua bakal berubah cokelat tua hingga hitam. Penanganannya bisa dengan insektisida semisal Bayrusil, Mlathion, Orthane, serta Diazinon, yang berdosis 0,1-0,2% ataupun sesuai dengan yang anjuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *