Cara Budidaya Tanaman Anggrek

Please log in or register to like posts.
News

Pada saat pembudidayaan anggrek kamu harus mengetahui media yang tepat untuk menanam bunga anggrek yang baik sesuai dengan jenis tanaman anggrek yang akan kamu tanam. Budidaya tanaman anggrek sebenarnya tidaklah rumit, tanaman anggrek bisa hidup menempel pada tanaman lain. Agar pertumbuhan lebih maksimal pada saat mengembangbiakkan tanaman anggrek, kamu perlu menyiapkan media tanam yang baik dan perlakuan khusus untuk perawatannya.

Persiapan Awal Sebelum Penanaman
Persiapan awal yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan tempat / lingkungan untuk membudidayakan anggrek, mempersiapkan media tanam untuk tanaman anggrek, dan penyiapan bibit tanaman anggrek.

Lingkungan Budidaya Anggrek
Tempat penanaman anggrek yang cocok untuk pengembangbiakan tanaman anggrek ialah lokasi yang mempunyai intensitas sinar matahari yang cukup baik, kualitas pertumbuhan tanaman anggrek sangat terpengaruh dengan intensitas sinar matahari yang didapat.

BACA JUGA
Cara Budidaya Tanaman Hias
Menjaga Kualitas Hasil Panen Dengan Karung Waring
Budidaya Tanaman Tomat
Inilah Cara Yang Benar Budidaya Tanaman Kelengkeng Dalam Pot Agar Rajin Berbuah

Menyiapakan Media Tanam yang Baik
Untuk melakukan penanaman tanaman anggrek ada 2 cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menaman anggrek pada media pot atau ditempelkan pada pohon, kedua opsi ini bisa kamu jadikan pilihan untuk membudidayakannya. Ada baiknya media penanaman yang anda pilih menyesuaikan jenis dari tipe anggrek itu sendiri.

Menyiap Bibit Tanaman Anggrek
Pembibitan tanaman anggrek bisa menggunakan 2 cara, yaitu dengan cara konvensional dan dengan cara kultur jaringan (kultur in vitro).

Perawatan Tanaman Anggrek
Sebelum melakukan pemindahan tanaman anggrek, kamu harus menyiapkan media tanam terlebih dahulu. Pembudidayaan tanaman anggrek kebanyakan memakai media tanam dengan pot dari tanah liat. Pot media tanam ditaruh diatas rak-rak lokasi budidaya. Tidak hanya itu apabila anda ingin menghias tempat budidaya kamu, penenpatan pot bisa kamu gantung dengan media kawat yang dibuat seperti tempat jemuran.

Untuk pot tanaman anggrek ada baiknya diletakkan ditaruh dirak atau menggantung, karena jika pot menempel langsung pada permukaan tanah tanamaman anggrek lebih mudah diganggu hama seperti bekicot dan keong, selain itu drainase aerosi ketika dilakukan penyiraman juga tidak berfungsi maksimal. Keuntungan lain dari menempatkan tanaman dirak atau digantung yaitu sinar matahari bisa menembus sela-sela tanaman, sirkulasi udara bisa berjalan lancar. Tidak hanya itu pertumbuhan lumut pada badan pot bisa dihambat.

Perawatan tanaman anggrek memang banyak memperhatikan kualitas media tanam yang digunakan, kamu perlu runting mengganti media tanam maupun pot jika memang sudah tidak layak. Apabila media penanaman misalnya menggunakan kayu pakis banyak ditumbuhi lumut, kamu perlu mengganti kayu pakis yang baru. Tujuannya agar akar anggrek tetap sehat. Jika pertumbuhan akar anggrek juga sudah lebat, kamu perlu memindahkan tanaman anggrek ke pot yang baru (repotting) dan ditambah dengan media tanam yang lebih banyak. Hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan tanaman anggrek tidak terhambat dan bisa berbunga lebat.

Pemupukan Masa Tanam
Pemupukan yang baik dilakukan dengan penyemprotan, pemupukan sebaiknya juga dilakukan pada daun tanaman anggrek. Karena pembuluh daun pada tanaman anggrek bisa menerima 90% asupan nutrisi sedangkan akar hanyak menerima 10%.

Penyiraman
Melakukan penyiraman pada tanaman anggrek pun dapat memakai teknik menyemprot (spraying), sebenarnya tanaman anggrek tidak suka dengan asupan air yang berlebihan karena akan menjadikan media tanam menjadi becek rentan merusak pertumbuhan akar.

Peluang Bisnis
Hal istimewa yang dimiliki tanaman anggrek terletak pada penampilannya, kamu perlu menjaga kualitas dan keindahan tanaman anggrek agar mempunyai nilai jual yang tinggi. Namun ada sejumlah hal yang perlu diketahiu untuk menjaga kualitas penampilan yaitu waktu pasca panen dan pasca produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *